Pengaruh Pembelajaran Berbasis Akhlak Terhadap Karakter Siswa SDN 012 Kepenuhan

Authors

  • Melitania Melitania Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Syam Zaimar Institut Sains Al-Qur’an Syeikh Ibrahim Pasir Pangaraian

DOI:

https://doi.org/10.61104/qb.v1i2.344

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Akhlak, Karakter Siswa, Pendidikan Dasar

Abstract

Pendidikan akhlak memegang peran penting dalam membentuk kepribadian siswa yang tidak hanya unggul secara akademik tetapi juga memiliki integritas moral yang tinggi. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pembelajaran berbasis akhlak terhadap pembentukan karakter siswa di SDN 012 Kepenuhan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif melalui studi pustaka, wawancara terstruktur, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis akhlak secara konsisten, baik pada kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler, berdampak positif pada peningkatan kedisiplinan, kejujuran, tanggung jawab, kesantunan, empati, dan prestasi akademik siswa. Temuan ini mengimplikasikan bahwa pembelajaran berbasis akhlak merupakan strategi efektif untuk membentuk generasi berkarakter kuat, berintegritas, dan selaras dengan nilai-nilai Islam dan moral universal

References

Abdul Majid. (2012). Belajar dan pembelajaran pendidikan agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Althof, W., & Berkowitz, M. W. (2006). Moral education and character education: Their relationship and roles in citizenship education. Journal of Moral Education, 35(4), 495–518. https://doi.org/10.1080/03057240601012204

Battistich, V., Schaps, E., & Wilson, N. (1997). Caring school communities. Educational Psychologist, 32(3), 137–151. https://doi.org/10.1207/s15326985ep3203_1

Benninga, J. S., Berkowitz, M. W., Kuehn, P., & Smith, K. (2006). Character and academics: What good schools do. Phi Delta Kappan, 87(6), 448–452. https://doi.org/10.1177/003172170608700610

Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2005). What works in character education: A research-driven guide for educators. Washington, DC: Character Education Partnership.

Khalimi, M. (2009). Pendidikan moral dalam perspektif Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lapsley, D. K., & Narvaez, D. (2006). Character education. In W. Damon & R. M. Lerner (Eds.), Handbook of child psychology (6th ed., Vol. 4, pp. 248–296). Hoboken, NJ: John Wiley & Sons.

Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. New York, NY: Bantam Books.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.

Nucci, L., Narvaez, D., & Krettenauer, T. (2014). Handbook of moral and character education (2nd ed.). New York, NY: Routledge.

Nucci, L., & Narvaez, D. (2008). Handbook of moral and character education. New York, NY: Routledge.

Pusat Kurikulum, Balitbang. (2010). Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa: Pedoman sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Suyanto, S. (2010). Urgensi pendidikan karakter. Jakarta: Balitbang Kemendiknas.

Zuhairi, et al. (1997). Pendidikan agama Islam. Surabaya: Usaha Nasional.

Downloads

Published

2025-03-01

How to Cite

Melitania, M., & Zaimar, S. (2025). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Akhlak Terhadap Karakter Siswa SDN 012 Kepenuhan. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 1(2), 119–126. https://doi.org/10.61104/qb.v1i2.344

Issue

Section

Articles