Dampak Pembelajaran Daring terhadap Anak Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19 di daerah Rokan Hulu
DOI:
https://doi.org/10.61104/qb.v1i2.340Keywords:
Pembelajaran Daring, Sekolah Dasar, Covid-19, Rokan HuluAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan secara mendalam dampak pembelajaran daring terhadap siswa sekolah dasar di Kabupaten Rokan Hulu selama masa pandemi Covid-19, mencakup aspek akademik, sosial, dan psikologis. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi yang melibatkan siswa, orang tua, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun pembelajaran daring memberikan fleksibilitas dan mendorong pemanfaatan teknologi, keterbatasan perangkat, akses internet, dan literasi digital menjadi hambatan signifikan. Dampak negatif terlihat pada penurunan motivasi belajar, terbatasnya interaksi sosial, serta tekanan psikologis pada siswa dan orang tua. Strategi adaptasi yang dilakukan meliputi penggunaan media visual, pembelajaran sinkron dan asinkron, penyediaan materi cetak, dan penguatan peran orang tua. Temuan ini menegaskan perlunya penguatan infrastruktur, peningkatan kompetensi digital guru, dan kebijakan pendidikan yang inklusif untuk membangun model pembelajaran tangguh yang responsif terhadap situasi darurat di masa depan
References
Ashari, K. (2020). Kamus hubungan internasional dan diplomasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Bozkurt, A., & Sharma, R. C. (2020). Emergency remote teaching in a time of global crisis due to CoronaVirus pandemic. Asian Journal of Distance Education, 15(1), 1–6. https://doi.org/10.5281/zenodo.3778083
Dhawan, S. (2020). Online learning: A panacea in the time of COVID-19 crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5–22. https://doi.org/10.1177/0047239520934018
Erni Nurjanah, Mohamad Raka Reynaldi, Siti Apsoh, & Seni Patimah. (2021). Penerapan pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19 di sekolah dasar. Jurnal Didactical Mathematics, 3, 53–55.
Itsna Syaikhah Hanun, Ade Irma Shakila, Okta Pramudita, & Lulus Wiji Lestari. (2022). Pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar anak di sekolah dasar pada masa pandemi COVID-19 menggunakan e-learning. Jurnal Majemuk, 1.
Liu, H., Wang, Y., & Koehler, M. J. (2021). Exploring the role of teacher professional development in technology integration: A meta-analysis. Educational Research Review, 33, 100387. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2021.100387
Marwanto, A. (2021). Pembelajaran pada anak sekolah dasar di masa pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Dasar, 5.
Minsih, Jatin Sri Nandang, & Wahyu Kurniawan. (2021). Problematika pembelajaran online bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar masa pandemi COVID-19. Jurnal Basicedu, 5, 1252–1258.
Nuswowati, M., & Aini, H. N. (2020). Keterampilan mengajar. Scopindo Media Pustaka.
Reimers, F., & Schleicher, A. (2020). A framework to guide an education response to the COVID-19 pandemic of 2020. OECD. https://doi.org/10.1787/6ae21003-en
Ria Puspita Sari, Nabila Bunnanditya Tusyantari, & Meidawati Suswandari. (2021). Dampak pembelajaran daring bagi siswa sekolah dasar selama COVID-19. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2, 13–14.
Saputri, M. E. E. (2023). Penguatan peran ibu rumah tangga dalam pendidikan anak di masa new normal. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1.
Wayan Juliawan, P. W. B., & Dimas Qondias. (2021). Dampak COVID-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8.
Zhao, Y., Lei, J., Yan, B., Lai, C., & Tan, H. S. (2020). What makes the difference? A practical analysis of research on the effectiveness of distance education. Teachers College Record, 122(3), 1–38.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sayyidah Hanifah, Syam Zaimar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







This work is licensed under a