Peran Guru dalam Mencegah Tindakan Bullying pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Nabilatun Nada Institut Sains Al-Quran Syekh Ibrahim Pasir Pengaraian
  • Syam Zaimar Institut Sains Al-Quran Syekh Ibrahim Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.61104/qb.v1i2.341

Keywords:

Peran Guru, Bullying, Sekolah Dasar, Pencegahan

Abstract

Bullying di sekolah dasar merupakan permasalahan serius yang berdampak negatif terhadap perkembangan akademik, sosial, dan emosional siswa. Penelitian ini bertujuan mengkaji peran guru dalam mencegah dan menangani bullying melalui pendekatan deskriptif kualitatif dengan studi pustaka pada sumber nasional dan internasional terakreditasi. Hasil kajian menunjukkan bahwa guru memiliki peran strategis sebagai pendidik dan teladan moral, konselor dan mediator sosial, serta penggerak strategi kolaboratif yang memperkuat kebijakan anti-bullying di sekolah. Implementasi peran tersebut dilakukan melalui penanaman nilai karakter, pengelolaan kelas yang kondusif, dukungan emosional, mediasi konflik, keterlibatan orang tua, serta kolaborasi dengan pihak eksternal. Kesimpulannya, keterlibatan aktif dan konsisten guru menjadi faktor kunci dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan bebas dari perundungan, sekaligus mendukung perkembangan optimal peserta didik

References

Adiyono, Irvan, & Rusanti. (2022). Peran Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 649–658. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1050

Andryawan, Laurencia, C., & Putri, M. P. T. (2023). Peran Guru dalam Mencegah dan Mengatasi Terjadinya Perundungan (Bullying) di Lingkungan Sekolah. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6), 2837–2850.

Choiriyah, S., Masruroh, S., Imamah, N., Laili, A., & Kunaifi, H. (2024). Peran Guru dalam Pencegahan Bullying di Sekolah. Journal Educatione: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 112–126.

Espelage, D. L., & Holt, M. K. (2013). Bullying and victimization during early adolescence: Peer influences and psychosocial correlates. Journal of Emotional and Behavioral Disorders, 11(1), 15–22. https://doi.org/10.1177/106342660301100103

Firmansyah, F. A. (2021). Peran Guru dalam Penanganan dan Pencegahan Bullying di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Al-Husna, 2(3), 205–216. https://doi.org/10.18592/jah.v2i3.5590

Habibuddin, Alwi, M., Sururuddin, M., Fadilah, D., & Apriana, D. (2024). Partisipasi Guru dalam Pencegahan Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Abdi Populika, 5(1), 55–68.

Hadiansyah, Y., & Fadila, N. (2024). Peran Guru Kelas dalam Mencegah Terjadinya Bullying. Al-huda Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 1(2). https://ejournal.stai-mifda.ac.id/index.php/alhuda/article/view/706

Harefa, T. M., Manik, J. P., Yahaubun, C. H., Gomies, D., Antoni, A., Kesamay, S., Serlaut, Y., & Ritiauw, S. P. (2023). Sosialisasi Pencegahan Bullying Dikalangan Siswa. Pattimura Mengabdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 33–37. https://doi.org/10.30598/pattimura-mengabdi.1.3.33-37

Hendriati, A. (2009). Psikologi Perkembangan (Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja). Reflika Aditama.

Hymel, S., & Swearer, S. M. (2015). Four decades of research on school bullying: An introduction. American Psychologist, 70(4), 293–299. https://doi.org/10.1037/a0038928

Lahandaya, D., Maksum, H., & Isa, M. (2025). Efektivitas Peran Guru dalam Pencegahan dan Penanganan Perundungan (Bullying) di SD Negeri 52 Banda Aceh. Jurnal Seramoe Education, 2(1), 73–82.

Media Center Riau. (2025, Mei). Diduga Korban Bullying, Siswa SD di Inhu Meninggal Dunia. https://mediacenter.riau.go.id/read/91630/diduga-korban-bullying-siswa-sd-di-inhu-menin.html

Modecki, K. L., Minchin, J., Harbaugh, A. G., Guerra, N. G., & Runions, K. C. (2014). Bullying prevalence across contexts: A meta-analysis measuring cyber and traditional bullying. Journal of Adolescent Health, 55(5), 602–611. https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2014.06.007

Nizmi, Y. E., Olivia, Y., Yulia, R., Takwa, T. K., Hidayati, U., Alby, S., & Purwasandi. (2024). The Role of Teachers in Preventing Bullying in Elementary Schools: Achieving Quality Education in Alignment with Sustainable Development Goal 4. Journal Equitable, 9(3), Article 3. https://doi.org/10.37859/jeq.v9i3.7844

Olweus, D., & Limber, S. P. (2010). Bullying in school: Evaluation and dissemination of the Olweus Bullying Prevention Program. American Journal of Orthopsychiatry, 80(1), 124–134. https://doi.org/10.1111/j.1939-0025.2010.01015.x

Sitorus, M. S., Zahara, M., Wandana, N., & Aisyah, S. (2024). Peran Guru dalam Pencegahan dan Penanganan Dampak Bullying terhadap Kesehatan Mental Siswa/i di UPT SD N 01 Desa Pematang Jering. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(6), 246–258. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i6.16211

Yandri, H. (2014). Peran Guru BK/Konselor dalam Pencegahan Tindakan Bullying di Sekolah. Jurnal Pelangi, 7(1), 97–107. https://doi.org/10.22202/jp.2014.v7i1.155

Downloads

Published

2025-03-01

How to Cite

Nada, N., & Zaimar, S. (2025). Peran Guru dalam Mencegah Tindakan Bullying pada Siswa Sekolah Dasar. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 1(2), 145–153. https://doi.org/10.61104/qb.v1i2.341

Issue

Section

Articles