Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Meningkatkan Minat Baca Pada Siswa SD IT Lentera

Authors

  • Rifa Nabi lah Ariqah Institut Sains Al-Quran Syekh Ibrahim
  • Syam Zaimar Institut Sains Al-Quran Syekh Ibrahim

DOI:

https://doi.org/10.61104/qb.v1i2.342

Keywords:

multimedia interaktif, minat baca, literasi digital, pembelajaran berbasis nilai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi penggunaan multimedia interaktif dalam meningkatkan minat baca siswa di SD IT Lentera. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap siswa kelas IV dan guru Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan multimedia interaktif, seperti video animasi, cerita bergambar digital, dan aplikasi membaca daring, mampu meningkatkan keterlibatan siswa baik secara kognitif maupun afektif, memperkuat motivasi intrinsik, dan menumbuhkan kebiasaan membaca mandiri. Faktor pendukung keberhasilan mencakup kompetensi guru, ketersediaan fasilitas, dan dukungan orang tua, sementara kendala seperti keterbatasan perangkat dan koneksi internet dapat diatasi dengan strategi adaptif. Temuan ini merekomendasikan multimedia interaktif sebagai model pembelajaran literasi yang efektif, berkelanjutan, dan relevan dengan tuntutan pendidikan modern berbasis nilai.

References

Al-Azawei, A., Parslow, P., & Lundqvist, K. (2019). Barriers and opportunities of e-learning implementation in Iraq: A case of public universities. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 20(4), 1–23. https://doi.org/10.19173/irrodl.v20i4.4089

Areepattamannil, S., Cairns, D., & Dickson, M. (2016). Teacher support and student engagement in reading: Evidence from 61 countries. Educational Psychology, 36(8), 1379–1394. https://doi.org/10.1080/01443410.2015.1035891

Chen, L., & Savage, R. S. (2022). The impact of digital reading environments on young children's reading comprehension: A meta-analysis. Review of Educational Research, 92(2), 179–210. https://doi.org/10.3102/00346543211058227

Hung, C. M., Hwang, G. J., & Huang, I. (2023). A project-based digital storytelling approach to improving students’ learning motivation, problem-solving competence and learning achievement. Educational Technology & Society, 26(1), 1–14.

Mayer, R. E. (2021). Multimedia learning (3rd ed.). Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/9781108894333

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis (2nd ed.). SAGE Publications.

Munir. (2012). Pembelajaran digital. Bandung: Alfabeta.

Mulyasa, E. (2017). Strategi pembelajaran yang efektif dan bermakna. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Organisation for Economic Co-operation and Development. (2019). PISA 2018 results (Volume I): What students know and can do. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en

Rahmawati, D., & Nugroho, A. (2021). Penerapan media digital interaktif untuk meningkatkan literasi membaca di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 87–94. https://doi.org/10.21009/jpd

Sulistyo-Basuki. (2007). Manajemen perpustakaan dan informasi. Jakarta: Prenada Media.

Sung, Y. T., Chang, K. E., & Liu, T. C. (2017). The effects of integrating mobile devices with teaching and learning on students’ learning performance: A meta-analysis and research synthesis. Computers & Education, 94, 252–275. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.11.008

Susanti, R. (2020). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 45–52. https://doi.org/10.21009/jtp

Tsai, C. W., Shen, P. D., & Chiang, Y. C. (2020). Research trends in problem-based learning from 2000 to 2019: A text mining and co-citation analysis. Interactive Learning Environments, 28(8), 1024–1041. https://doi.org/10.1080/10494820.2018.1553183

United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization. (2022). Global education monitoring report 2022: Technology in education. UNESCO Publishing.

Downloads

Published

2025-03-01

How to Cite

Nabi lah Ariqah, R., & Zaimar, S. (2025). Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Meningkatkan Minat Baca Pada Siswa SD IT Lentera. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 1(2), 136–144. https://doi.org/10.61104/qb.v1i2.342

Issue

Section

Articles