Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Meningkatkan Minat Baca Pada Siswa SD IT Lentera
DOI:
https://doi.org/10.61104/qb.v1i2.342Keywords:
multimedia interaktif, minat baca, literasi digital, pembelajaran berbasis nilaiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi penggunaan multimedia interaktif dalam meningkatkan minat baca siswa di SD IT Lentera. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap siswa kelas IV dan guru Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan multimedia interaktif, seperti video animasi, cerita bergambar digital, dan aplikasi membaca daring, mampu meningkatkan keterlibatan siswa baik secara kognitif maupun afektif, memperkuat motivasi intrinsik, dan menumbuhkan kebiasaan membaca mandiri. Faktor pendukung keberhasilan mencakup kompetensi guru, ketersediaan fasilitas, dan dukungan orang tua, sementara kendala seperti keterbatasan perangkat dan koneksi internet dapat diatasi dengan strategi adaptif. Temuan ini merekomendasikan multimedia interaktif sebagai model pembelajaran literasi yang efektif, berkelanjutan, dan relevan dengan tuntutan pendidikan modern berbasis nilai.
References
Al-Azawei, A., Parslow, P., & Lundqvist, K. (2019). Barriers and opportunities of e-learning implementation in Iraq: A case of public universities. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 20(4), 1–23. https://doi.org/10.19173/irrodl.v20i4.4089
Areepattamannil, S., Cairns, D., & Dickson, M. (2016). Teacher support and student engagement in reading: Evidence from 61 countries. Educational Psychology, 36(8), 1379–1394. https://doi.org/10.1080/01443410.2015.1035891
Chen, L., & Savage, R. S. (2022). The impact of digital reading environments on young children's reading comprehension: A meta-analysis. Review of Educational Research, 92(2), 179–210. https://doi.org/10.3102/00346543211058227
Hung, C. M., Hwang, G. J., & Huang, I. (2023). A project-based digital storytelling approach to improving students’ learning motivation, problem-solving competence and learning achievement. Educational Technology & Society, 26(1), 1–14.
Mayer, R. E. (2021). Multimedia learning (3rd ed.). Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/9781108894333
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis (2nd ed.). SAGE Publications.
Munir. (2012). Pembelajaran digital. Bandung: Alfabeta.
Mulyasa, E. (2017). Strategi pembelajaran yang efektif dan bermakna. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Organisation for Economic Co-operation and Development. (2019). PISA 2018 results (Volume I): What students know and can do. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
Rahmawati, D., & Nugroho, A. (2021). Penerapan media digital interaktif untuk meningkatkan literasi membaca di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 87–94. https://doi.org/10.21009/jpd
Sulistyo-Basuki. (2007). Manajemen perpustakaan dan informasi. Jakarta: Prenada Media.
Sung, Y. T., Chang, K. E., & Liu, T. C. (2017). The effects of integrating mobile devices with teaching and learning on students’ learning performance: A meta-analysis and research synthesis. Computers & Education, 94, 252–275. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.11.008
Susanti, R. (2020). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 45–52. https://doi.org/10.21009/jtp
Tsai, C. W., Shen, P. D., & Chiang, Y. C. (2020). Research trends in problem-based learning from 2000 to 2019: A text mining and co-citation analysis. Interactive Learning Environments, 28(8), 1024–1041. https://doi.org/10.1080/10494820.2018.1553183
United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization. (2022). Global education monitoring report 2022: Technology in education. UNESCO Publishing.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rifa Nabi lah Ariqah, Syam Zaimar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.