Konsep Dasar Penilaian dan Evaluasi Dalam Pembelajaran

Authors

  • Rinda Sari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Meyniar Albina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.61104/qouba.v1i1.188

Abstract

Penilaian dan evaluasi merupakan elemen penting dalam proses pembelajaran, memberikan informasi berharga baik bagi guru maupun siswa. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan konsep dasar, tujuan, fungsi, prinsip, teknik penilaian, dan langkah-langkah evaluasi dalam pembelajaran. Penelitian menggunakan pendekatan library research dengan analisis deskriptif erhadap literatur yang relevan. Hasil penelitian ini bahwa penilaian dan evaluasi adalah elemen esensial dalam proses pembelajaran yang bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi, memberikan umpan balik, dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Teknik penilaian yang beragam, mulai dari tes tertulis hingga penilaian proyek, mendukung evaluasi yang komprehensif terhadap aspek kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik. Prinsip-prinsip seperti validitas, keberlanjutan, keadilan, dan objektivitas harus dijadikan pedoman untuk menghasilkan evaluasi yang akurat dan bermakna. Selain itu, langkah-langkah evaluasi yang sistematis, mulai dari perencanaan hingga penafsiran data, membantu pendidik dalam menyusun kebijakan pembelajaran yang lebih efektif. Penelitian ini menegaskan pentingnya pemahaman mendalam terhadap konsep dasar penilaian dan evaluasi untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan secara optimal.

References

Afriyanti, F. (2024). Pengantar Pendidikan. CV. Duta Sains Indonesia.

Am, Z. (2018). TEKNIK PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN. Rausyan Fikr :

Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 14(02).

https://doi.org/10.31000/rf.v14i02.901

Andini, S. R., Putri, V. M., & Fitria, Y. (2021). Prinsip – Prinsip Dasar dalam

Penilaian yang Terdapat di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 298–

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1932

Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip Tekhnik Prosedur. Remaja

Rosadakarya.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Faiz, A., Putra, N. P., & Nugraha, F. (2022). Memahami MaknaTes,

Pengukuran (Measurement), Penilaian (Assessment), Dn Evaluasi

(Evaluation) Dalam Pendidikan. Education and Development, 10(3),

–495.

Hidayat, T., & Asyafah, A. (2019). KONSEP DASAR EVALUASI DAN

IMPLIKASINYA DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN

AGAMA ISLAM DI SEKOLAH. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam,

(1), 159–181. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3729

Kemendiknas. (2010). Renstra Depdiknas 2010-2011. Pusat Kurikulum,

Balitbang.

Magdalena, I., Hidayati, N., Dewi, R. H., Septiara, S. W., & Maulida, Z.

(2023). Pentingnya Evaluasi dalam Proses Pembelajaran dan Akibat

Memanipulasinya. MASALIQ, 3(5), 810–823.

https://doi.org/10.58578/masaliq.v3i5.1379

Munip, A. (2017). Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab. Fakultas Ilmu

Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.

Nur Aidila Fitria, Muhammad Yoga Julyanur, & Eka Widyanti. (2024).

Langkah-langkah Evaluasi Pembelajaran. PUSTAKA: Jurnal Bahasa

dan Pendidikan, 4(3), 285–294.

https://doi.org/10.56910/pustaka.v4i3.1572

Raharjo, R. P., Hardianto, E., & Fadhilasari, I. (2022). Evaluasi Pembelajaran.

Rumah Cermalang Indonesia ANGGOTA IKAPI.

Rahman, A. A., & Nasyrah, C. E. (2019). Evaluasi Belajar. Uwais Insppirasi

Indonesia.

Rokhyani, I. I. & Aman. (2017). Penerapan Tekhnik-Tekhnik Penilaian

Pembelajaran Searah Di MAN 1 Yogyakarta.

Sawaluddin, S., & Muhammad, S. (2020). Langkah-Langkah dan Teknik

Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal PTK dan

Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.18592/ptk.v6i1.3793

Sudijono, A. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Rajagrafindo Persada.

Suharsimi Arikunto. (2002). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Uno, H. B., & Koni, S. (2012). Assessment Pembelajaran. Bumi Aksara.

Uswatun, K. yusro, Inayati, H. U., Waiulung, A. O., & Ilias, M. (2024). Konsep

Dasar Penilaian Dan Evaluasi Hasil Belajar Pendidikam Agama Islam.

Jurnal Ekonimi, Sosial & Humainiora, 06(02).

Yektiana, N., & Nursikin, M. (2023). Konsep Dasar Pengukuran, Penilaian,

Dan Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Cendekia

Ilmiah, 2(2).

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Rinda Sari, & Meyniar Albina. (2024). Konsep Dasar Penilaian dan Evaluasi Dalam Pembelajaran . QOUBA : Jurnal Pendidikan, 1(1), 270–283. https://doi.org/10.61104/qouba.v1i1.188

Issue

Section

Articles