Konsep Dasar Penilaian dan Evaluasi Dalam Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.61104/qouba.v1i1.188Abstract
Penilaian dan evaluasi merupakan elemen penting dalam proses pembelajaran, memberikan informasi berharga baik bagi guru maupun siswa. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan konsep dasar, tujuan, fungsi, prinsip, teknik penilaian, dan langkah-langkah evaluasi dalam pembelajaran. Penelitian menggunakan pendekatan library research dengan analisis deskriptif erhadap literatur yang relevan. Hasil penelitian ini bahwa penilaian dan evaluasi adalah elemen esensial dalam proses pembelajaran yang bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi, memberikan umpan balik, dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Teknik penilaian yang beragam, mulai dari tes tertulis hingga penilaian proyek, mendukung evaluasi yang komprehensif terhadap aspek kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik. Prinsip-prinsip seperti validitas, keberlanjutan, keadilan, dan objektivitas harus dijadikan pedoman untuk menghasilkan evaluasi yang akurat dan bermakna. Selain itu, langkah-langkah evaluasi yang sistematis, mulai dari perencanaan hingga penafsiran data, membantu pendidik dalam menyusun kebijakan pembelajaran yang lebih efektif. Penelitian ini menegaskan pentingnya pemahaman mendalam terhadap konsep dasar penilaian dan evaluasi untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan secara optimal.
References
Afriyanti, F. (2024). Pengantar Pendidikan. CV. Duta Sains Indonesia.
Am, Z. (2018). TEKNIK PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN. Rausyan Fikr :
Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 14(02).
https://doi.org/10.31000/rf.v14i02.901
Andini, S. R., Putri, V. M., & Fitria, Y. (2021). Prinsip – Prinsip Dasar dalam
Penilaian yang Terdapat di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 298–
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1932
Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip Tekhnik Prosedur. Remaja
Rosadakarya.
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Faiz, A., Putra, N. P., & Nugraha, F. (2022). Memahami MaknaTes,
Pengukuran (Measurement), Penilaian (Assessment), Dn Evaluasi
(Evaluation) Dalam Pendidikan. Education and Development, 10(3),
–495.
Hidayat, T., & Asyafah, A. (2019). KONSEP DASAR EVALUASI DAN
IMPLIKASINYA DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM DI SEKOLAH. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam,
(1), 159–181. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3729
Kemendiknas. (2010). Renstra Depdiknas 2010-2011. Pusat Kurikulum,
Balitbang.
Magdalena, I., Hidayati, N., Dewi, R. H., Septiara, S. W., & Maulida, Z.
(2023). Pentingnya Evaluasi dalam Proses Pembelajaran dan Akibat
Memanipulasinya. MASALIQ, 3(5), 810–823.
https://doi.org/10.58578/masaliq.v3i5.1379
Munip, A. (2017). Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab. Fakultas Ilmu
Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.
Nur Aidila Fitria, Muhammad Yoga Julyanur, & Eka Widyanti. (2024).
Langkah-langkah Evaluasi Pembelajaran. PUSTAKA: Jurnal Bahasa
dan Pendidikan, 4(3), 285–294.
https://doi.org/10.56910/pustaka.v4i3.1572
Raharjo, R. P., Hardianto, E., & Fadhilasari, I. (2022). Evaluasi Pembelajaran.
Rumah Cermalang Indonesia ANGGOTA IKAPI.
Rahman, A. A., & Nasyrah, C. E. (2019). Evaluasi Belajar. Uwais Insppirasi
Indonesia.
Rokhyani, I. I. & Aman. (2017). Penerapan Tekhnik-Tekhnik Penilaian
Pembelajaran Searah Di MAN 1 Yogyakarta.
Sawaluddin, S., & Muhammad, S. (2020). Langkah-Langkah dan Teknik
Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal PTK dan
Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.18592/ptk.v6i1.3793
Sudijono, A. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Rajagrafindo Persada.
Suharsimi Arikunto. (2002). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Uno, H. B., & Koni, S. (2012). Assessment Pembelajaran. Bumi Aksara.
Uswatun, K. yusro, Inayati, H. U., Waiulung, A. O., & Ilias, M. (2024). Konsep
Dasar Penilaian Dan Evaluasi Hasil Belajar Pendidikam Agama Islam.
Jurnal Ekonimi, Sosial & Humainiora, 06(02).
Yektiana, N., & Nursikin, M. (2023). Konsep Dasar Pengukuran, Penilaian,
Dan Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Cendekia
Ilmiah, 2(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rinda Sari, Meyniar Albina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.