Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Fakhry Muhammad Erde Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Meyniar Albina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstract

Pendidikan Agama Islam memiliki kedudukan yang sangat penting dalam membentuk akhlak dan karakter peserta didik dalam lingkungan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengembagan bahan ajar pendidikan agama islam berbasis kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (R&D). Hasil penelitian ini mengungkapkan tiga hal penting: (1) bagaimana orang hidup bersama, termasuk bahasa yang mereka gunakan, tempat tinggal mereka, dan impian mereka; (2) hal-hal yang telah diketahui dan dialami siswa; dan (3) bagaimana kelas menjadi versi kecil masyarakat tempat setiap orang berinteraksi. Kontekstualitas bukan sekadar konsep abstrak, ini adalah realitas yang hidup dan berkembang yang mencerminkan berbagai fenomena kehidupan sosial. Pendekatan ini selaras dengan esensi pendidikan agama islam, yang membahas masalah kehidupan nyata di seluruh dimensi sosial, ekonomi, politik, budaya, dan teknologi. Dengan merangkul metodologi kontekstual, kita dapat menumbuhkan pemahaman dan apresiasi yang lebih dalam terhadap materi, yang memungkinkan siswa untuk terlibat secara bermakna dengan pelajaran dan relevansinya dengan dunia di sekitar mereka.

References

Abdullah Abdurrahman Saleh. 1994 Teori-teori Pendidikan berdasarkan Al- Qur’an. (Terjemah, H. M Arifin dan Zainuddin), Jakarta: Rieneka Cipta.

Anwar Qomari. 2004. Reorientasi Pendidikan dan Profesi Keguruan, Jakarta: Uhamka Press.

Arief, Armai, 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.

Arifin. 1996. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Asmaran As. 200. Pengantar studi akhlak. Jakarta: Rajawali.

Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik. 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta: Bumi Aksara.

Hanafiah, Cucu Sahana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Made, Wena. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional, Cet I, Jakarta: Bumi Aksara,

Marimba. 1989. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Al-Ma’arif.

Muhaimin. 2009. Rekonstruksi Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ngainun Naim. 2011. Menjadi Guru Inspiratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Nizar, Samsul. 2000. Pengantar Dasar-dasar Pemikiran Pendidikan Islam, Jakarta: Gaya Media Pratama

Nizar, Samsul. 2002. Filsafat Pendidikan Islam, pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis, Jakarta: Ciputat Pers,

Nurhadi. dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBL.

Malang: UM Press.

Downloads

Published

2024-12-16

How to Cite

Fakhry Muhammad Erde, & Meyniar Albina. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 1(2), 154–162. Retrieved from https://ejournal.hsnpublisher.id/index.php/quoba/article/view/134

Issue

Section

Articles