Analisis Kebutuhan Pembelajaran Beridiferensiasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Krisna Bayu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Meyniar Albina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstract

Penerapan pembelajaran berdiferensiasi menggerakan sekolah dengan pembelajaran yang berpihak pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pembelajaran berdiferensiasi mata pelajaran pendidikan agama islam di SDIT Aulia Kids School. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian meliputi guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan peserta didik di SDIT Aulia Kids School. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumen. Uji validitas data kualitatif dilakukan triangulasi. Teknik analisis data kualitatif dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan analisis gaya belajar, menggunakan data gaya belajar yang didapat dari sekolah yang merupakan hasil pengukuran pihak penelti yang bekerjasama dengan wali kelas. Analisis kebutuhan pengembangan pembelajaran berdiferensiasi, guru telah menganalisis kebutuhan dan memastikan kesiapan peserta didik. Sedangkan peserta didik masih mendapat kesulitan apabila tidak dijelaskan materi pembelajaran secara detail. Analisis kebutuhan pengembangan modul ajar, guru menyusun modul ajar sesuai dengan prosedur dan komponen modul ajar Hasil studi dokumen menunjukkan bahwa terdapat komponen isi yang kurang

References

Aisyafah, A. (2019). Menimbang model Pembelajaran (kKajian Teoritis Kritis atas Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam). Indonesia Jurnal Of Islamic Education 6 (1, 19-32.

Annisa, H. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Pendidikan Universitas Garut vol.8 No. 1.

Bayumi., C. (2021). Penerapan Model Pembelajran Berdiferensiasi. Sleman: Deepublish.

Faiz, A. P. (2021). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam dalam program guru penggerak . Dalam Jurnal BASICEDU. Vol. 06.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Siswa dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Universitas Negeri Jakarta, 35(2).

Mahfudz. (2023). Pembeljaran Berdifernsiasi dan Penerapannya. Jurnal Riset Ilmiah Vol.02 No.2.

Meria, U. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Kurikulum Merdeka . Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika dan Statistik V0. 3 N0.3.

Purba, M. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensi ( Differentiated Instruction).

Rasyid, M. A. (2016). Studi Relevansi Model Pembelajaran Yang Digunakan. PAI Profesi, (1) 75-80.

Rifa'i, A. B. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. Yogjakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Sidiq, M. C. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Dibidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.

Downloads

Published

2024-12-17

How to Cite

Krisna Bayu, & Meyniar Albina. (2024). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Beridiferensiasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 1(2), 163–168. Retrieved from https://ejournal.hsnpublisher.id/index.php/quoba/article/view/140

Issue

Section

Articles