Analisis Hasil Survei Refleksi Group Discussion Dalam Pengembangan Pembelajaran Kolaboratif

Authors

  • Raja Gusti Mandari Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Meyniar Albina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstract

Pembelajaran kolaboratif menjadi pendekatan penting untuk meningkatkan keterampilan siswa, namun sering kali refleksi dalam diskusi kelompok kurang dimanfaatkan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran refleksi dalam diskusi kelompok untuk mengembangkan pembelajaran kolaboratif yang lebih efektif. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan (literature review) dan model analisis deskriptif untuk menginterpretasikan temuan dari berbagai sumber ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa refleksi memberikan dampak positif terhadap hasil belajar, keterampilan kolaborasi, dan pemahaman siswa. Siswa yang menerapkan refleksi secara terstruktur menunjukkan peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 15% dan kemampuan kerja sama meningkat sebesar 22%. Kendala seperti kurangnya waktu dan keterampilan reflektif siswa dapat diatasi dengan panduan refleksi sistematis dan pelatihan reflektif. Selain itu, refleksi berfungsi sebagai medium evaluasi proses diskusi kelompok sekaligus pengembangan strategi pembelajaran di masa depan. Oleh karena itu, refleksi harus diintegrasikan sebagai bagian strategis dalam pembelajaran kolaboratif untuk mendukung penguatan kompetensi abad ke-21.

References

Bawani, M. A. F., Ashari, M. Y., & Wardani, I. K. (2024). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Kurikulum Merdeka di SMPN 1 Peterongan Jombang. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 1–11.

Daeng, N. S. (2024). Strategi Santri Pondok Pesantren Bustanul Mansuriyah Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 23–29.

Fitria, N. A., Julyanur, M. Y., & Widyanti, E. (2024). Analisis Langkah-Langkah Evaluasi Dalam Proses Belajar Mengajar. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 37–46.

Jannah, S. N. (2024). Pengelolaan Biaya Pendidikan Dalam Perspektif Pendidikan Islam. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 30–36.

Uzma, Z., & Masyithoh, S. (2024). Tantangan Dan Peluang Implementasi Nilai-Nilai Akhlak Dalam Kehidupan Masyarakat. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 12–22.

J, D. (1933). How We Think: A Restatement of the Relation of Reflective Thinking to the Educative Process. D.C. Heath and Company.

L. S, V. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge. Harvard University Press.

Mahsus, M., & Latipah, E. (2021). Metodologi Eduinnova: Pembelajaran Kolaboratif yang Diintegrasikan dengan Teknologi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.38706.

N, N., Sri Wulan Romdaniyah, & Sudarmanto. (2022). Pembinaan Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran STEM dengan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Keterampilan Kolaboratif. Jurnal Abdimas (Journal of Community Service). https://doi.org/ 10.36312/sasambo.v4i1.601.

Pasongli, H., Elise, A., Eva, M., & Ramdani, S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbasis LOC-R. Phinisi Integration Review. https://doi.org/10.26858/pir.v7i2.61943.

Saripudin. (2023). Enggunaan Metode Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi. https://doi.org/ 10.25134/equi.v20i02.8046

Yarmawati. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Kolaborasi Peserta Didik melalui Platform Google Classroom dalam Pembelajaran Daring Matematika. Jurnal Math-UMB.EDU. https://doi.org/ 10.36085/mathumbedu.v9i3.3414.

Downloads

Published

2024-12-10

How to Cite

Raja Gusti Mandari Siregar, & Meyniar Albina. (2024). Analisis Hasil Survei Refleksi Group Discussion Dalam Pengembangan Pembelajaran Kolaboratif . QOUBA : Jurnal Pendidikan, 1(2), 98–103. Retrieved from https://ejournal.hsnpublisher.id/index.php/quoba/article/view/117

Issue

Section

Articles