Pentingnya Perencanaan Strategi Pembelajaran Untuk Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas
Abstract
Perencanaan strategi pembelajaran termasuk satu langkah penting sebelum melakukan proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji pentingnya merencanakan strategi pembelajaran sebagai dasar dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, partisipatif dan berorientasi pada pencapaian kompetensi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain tinjauan pustaka. Peneliti menganalisis data atau sumber yang relevan dengan suatu topik penelitian dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, laporan penelitian, serta sumber pustaka lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya penggunaan strategi pembelajaran yang tepat sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Selain itu, dengan adanya strategi pembelajaran, siswa lebih mudah memahami materi yang diajarkan guru dan tujuan pembelajaran yang diinginkan tercapai dengan baik. Kesimpulannya, untuk mencapai pembelajaran yang efektif dan berkualitas tergantung pada kecakapan dan kreativitas pendidik saat memilih dan menerapkan strategi pembelajaran di dalam kelas
References
Adelia Putri, Fatimah Zahara, & Gusmaneli Gusmaneli. (2024). Hakikat Pendidik dalam Strategi Pembelajaran. Al-Tarbiyah : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(3), 98–108. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i3.1173
Ainu Ningrum, N. (2022). Strategi Pembelajaran pada Anak Berkebutuhan Khusus dalam Pendidikan Inklusi. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 3(2), 181–196. https://doi.org/10.33367/ijhass.v3i2.3099
Arlina, A., Hasibuan, R. M., Mulyani, N., Lesmana, B., & Harahap, R. N. (2023). Strategi Pembelajaran Discovery Learning pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. At-Tadris: Journal of Islamic Education, 2(2), 226–239. https://doi.org/10.56672/attadris.v2i2.88
Asrori, M. (2016). Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. MADRASAH, 6(2), 26. https://doi.org/10.18860/jt.v6i2.3301
Bahri, S. (2021). PENINGKATAN KAPASITAS GURU DI ERA DIGITAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF VARIATIF. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan dan Penelitian, 2(4), 93–102. https://doi.org/10.56806/jh.v2i4.58
Dhamayanti, P. V. (2022). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK.
Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349–1355. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924
Hasibuan, D. (2022). PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN. HIBRUL ULAMA, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.47662/hibrululama.v4i1.166
Hayaturraiyan, H., & Harahap, A. (2022). STRATEGI PEMBELAJARAN DI PENDIDIKAN DASAR KEWARGANAGARAAN MELALUI METODE ACTIVE LEARNING TIPE QUIZ TEAM. DIRASATUL IBTIDAIYAH, 2(1), 108–122. https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v2i1.5637
Irawati, F., Natasyah, D., NurLaili, I., & Sugiarto, I. (n.d.). MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK.
Kartika, I., Mayasari, A., & Arifudin, O. (n.d.). UPAYA MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MODEL BERBASIS AKTIVITAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA.
Lamatenggo, N. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN.
Maisarah, I. (n.d.). Pemilihan Strategi Pembelajaran Bahasa yang Efektif dan Tepat pada Pendidikan Dasar sebagai Wujud Implementasi Kurikulum 2013.
Melingkupinya, Y. (2024a). Esensi Pendidikan Inspiratif. 6(2).
Melingkupinya, Y. (2024b). Esensi Pendidikan Inspiratif. 6(2).
Munawarah, S. (2021). Strategi Discovery Learning dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Kaisa: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 106–116. https://doi.org/10.56633/kaisa.v1i2.268
Nababan, D., & Sihombing, G. (2023). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY DAPAT MENJADIKAN SISWA AKTIF DALAM PEMBELAJARAN. 2.
Nababan, D., & Sipayung, C. A. (2023). PEMAHAMAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MODEL PEMBELAJARAN (CTL). 2.
Nasution, I. (2021). ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN MENURUT ABUDDIN NATA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.
Rahmadona, N. S. & Nana. (2021). Analisis Model Pembelajaran Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Kelas. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/6whcs
Ramdani, E. (2018). Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. JUPIIS: JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL, 10(1), 1. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8264
Reksiana, R. (2018). DISKURSUS TERMINOLOGI MODEL, PENDEKATAN, STRATEGI, DAN METODE PEMBELAJARAN PAI. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 15(2), 123–149. https://doi.org/10.14421/jpai.2018.152-08
RimahDani, D. E., Shaleh, S., & Nurlaeli Nurlaeli. (2023). Variasi Metode Dan Media Pembelajaran Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 372. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1829
Rosmayati, S., & Maulana, A. (2021). DAMPAK PEMBELAJARAN DI ERA NEW NORMAL DI MASA PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE 2019 (COVID-19). Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, dan Inovasi, 1(2). https://doi.org/10.59818/jpi.v1i2.30
Rusandi & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Sanjani, M. A. (2019). PELAKSANAAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.37755/jsap.v8i2.199
Siregar, Y. (2015). Kompetensi Guru dalam Bidang Strategi Perencanaan dan Pembelajaran Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v3i1.114
Wati, I. (2019). PENTINGNYA GURU PROFESSIONAL DALAM MENDIDIK SISWA MILENIAL UNTUK MENGHADAPI REVOLUSI 4.0.
Zubaidah, S. (n.d.). Memberdayakan Keterampilan Abad Ke-21 melalui Pembelajaran Berbasis Proyek.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nadia Adiningrat, Meyniar Albina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.