Implementasi Strategi Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Fiqih di Pesantren Usman Syarif
DOI:
https://doi.org/10.61104/qouba.v1i1.180Abstract
Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah rendahnya partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran Fiqih dengan metode konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi Problem Based Learning (PBL) dalam mata pelajaran Fiqih di Pesantren Usman Syarif dan dampaknya terhadap pemahaman serta keterlibatan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL mampu meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif, mengembangkan keterampilan berpikir kritis, analitis, dan kolaboratif. Siswa lebih tertarik dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran karena mereka dihadapkan pada masalah nyata yang relevan dengan materi Fiqih. Dengan demikian, PBL terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Fiqih di Pesantren Usman Syarif dan dapat diterapkan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang lebih interaktif dan aplikatif.
References
Ardiansyah. (2022). Strategi pembelajaran berbasis masalah: Tantangan dan solusi praktis. Jakarta: Pustaka Ilmu.
Arends, R. (2016). Learning to Teach. New York: McGraw-Hill Education.
Creswell, J. W. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Fatimah. (2017). Pembelajaran fiqih berbasis masalah: Pendekatan kontekstual dalam pendidikan Islam. Yogyakarta: Lembaga Pendidikan Islam.
Fatmawati, N. (2019). Pengaruh problem based learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Malang: Pustaka Mandiri.
Huda, M., Suhaimi, M., Maseleno, A., & Hehsan, A. (2018). “Empowering Learning Culture as Student Identity Construction in Higher Education.” Student Culture & Higher Education Journal, 3(2), 145-156.
Kurniawan, A. (2023). Inovasi pembelajaran abad 21: Implementasi dan tantangan di sekolah. Bandung: Edupress.
Lestari, I., & Fitriani, D. (2021). “Metacognitive Skills in Problem-Based Learning to Support 21st Century Education.” Indonesian Journal of Educational Research, 4(1), 21-34.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Mudrika, F. (2017). Problem based learning sebagai pendekatan dalam pembelajaran inovatif. Surabaya: Inspirasi Media.
Rahmawati, I. (2021). Pemanfaatan sumber digital dalam pembelajaran berbasis masalah. Jakarta: Media Nusantara.
Sari, D., et al. (2018). Efektivitas problem based learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan, 7(3), 45-56.
Schmidt, H. G., Rotgans, J. I., & Yew, E. H. J. (2020). “The Process of Problem-Based Learning: What Works and Why.” Medical Education, 54(9), 811-819.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriyadi. (2018). Pendidikan agama Islam: Pendekatan integratif dalam pembelajaran fiqih. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Susanti, R. (2020). Kolaborasi dalam pembelajaran problem based learning. Jurnal Pendidikan Inovatif, 10(1), 85-95.
Tilaar, H. A. R. (2019). Kontekstualisasi pendidikan Islam dalam era global. Jakarta: Gramedia.
Trianto. (2017). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wulandari, R. (2024). Penerapan problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 123-134.
Zubaidah, S., Fuad, N. M., Mahanal, S., & Suarsini, E. (2017). “Improving Creative Thinking Skills of Students through Differentiated Science Inquiry Integrated with Mind Map.” Journal of Turkish Science Education, 14(4), 77-91
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Arlina, Febriyanti Br. Pasaribu, Sakinah, Adrian Nur Farhan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.