Implementasi Pembelajaran Kurikulum 2013 Dengan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Akidah Akhlak di Tingkat Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Sarika Herfi Wardani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Abdul Rahman Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • M. Zukri Rizal Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Arlina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana efektivitas dalam implementasi pembelajaran Kurikulum 2013 (K-13) dengan pendekatan saintifik yang diterapkan dalam pembelajaran Akidah Akhlak. Metode yang dilakukakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang merupakan pendekatan yang mengizinkan peneliti untuk mengamati pengalaman secara mendetail, dengan menggunakan metode spesifik seperti wawancara mendalam, observasi (pengamatan). Pengumpulan data dilakukan di MIS Ash-Shofa yang dimana peneliti mengimplementasikan pembelajaran Kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik pada mata pelajaran Akidah Akhlak yang meliputi mengamati, menanya, menalar, dan mengkomunikasikan. Penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik memberikan dampak positif yang signifikan terhadap proses pembelajaran. Melalui pendekatan yang berpusat pada siswa pembelajaran menjadi lebih aktif dan menyenangkan. Selain itu, hasil analisis juga menunjukkan bahwa siswa merasa lebih memahami materi.

References

Abdul, D., & Arif, M. (2020). PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN PAI MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK. al-Bahtsu, 5(2).

Agustin, I., Amin, A., & Arini, W. (2019). PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR FISIKA SISWAKELAS X SMA NEGERI 3 LUBUKLINGGAU TAHUN PELAJARAN 2018/2019. SILAMPARI JURNAL PENDIDIKAN ILMU FISIKA, 1(2), 121–129. https://doi.org/10.31540/sjpif.v1i2.793

Ayatullah, & Laili, H. (2021). IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DI MTs NW SENYIUR. AS_SABIQUN: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1).

Fadlillah, M. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTS, & SMA/MA. AR_RUZZ MEDIA.

Haryono, C. G. (2020). Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi. CV Jejak.

Lestari, E. T. (2020). Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Penerbit Deepublish.

Liana, D. (2020). Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Saintifik. MITRA PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(1), 15–27. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.92

Mesiono & Wahyudinnur. (2014). Epistimologi Islam dan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran. Citapustaka Media.

Pahrudin, A., & Pratiwi, D. D. (2019). PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DAN DAMPAKNYA TERHADAP KUALITAS PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN. Pustaka Ali Imron.

Rahmawati, A. N. (2018). Identifikasi Masalah yang Dihadapi Guru dalam Penerapan Kurikulum 2013 Revisi di SD. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 114. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.14227

Sari, G. S., Sahabuddin, E. S., & Makkasau, A. (n.d.). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Inpres Jenetallasa Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. PINSI JOURNAL OF SCIENCE AND TECHNOLOGY.

Sundari, U. Y., Panudju, A. A. T., Nugraha, A. W., Purba, F., & Erlina, Y. (2024). Metodologi Penelitian. CV. Gita Lentera.

Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20 (2003).

Yusuf, W. F. (2018). IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 (K-13) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR (SD). 3.

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Sarika Herfi Wardani, Abdul Rahman, M. Zukri Rizal Lubis, & Arlina. (2024). Implementasi Pembelajaran Kurikulum 2013 Dengan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Akidah Akhlak di Tingkat Madrasah Ibtidaiyah. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 1(2), 263–270. Retrieved from https://ejournal.hsnpublisher.id/index.php/quoba/article/view/169

Issue

Section

Articles