Implementasi Pembelajaran Inquiry Pada Pembelajaran PAI di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah As-Shofa

Authors

  • Arlina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fikri Ramadhan Tambak Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rizkiyah Khairunnisa Gajah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ridani Arihta Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstract

Strategi pembelajaran berbasis inquiry merupakan metode yang mendorong siswa untuk berpikir kritis dan analitis dengan menemukan jawaban atas permasalahan secara mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan implementasi pembelajaran inquiry pada pembelajaran pendidikan agama islam. Penelitian ini menggunakan metode penulisan kualitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pembelajaran berbasis inquiry adalah metode yang memungkinkan siswa untuk aktif terlibat dalam proses belajar dengan cara mengajukan pertanyaan, melakukan penyelidikan, dan menemukan jawaban sendiri. Ini mendorong siswa untuk berpikir kritis dan analitis. Penerapan metode inquiry melibatkan beberapa langkah, termasuk orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan merumuskan kesimpulan. Setiap langkah dirancang untuk melibatkan siswa secara aktif dan mendorong mereka untuk berpikir secara ilmiah. Metode ini memiliki banyak kelebihan, seperti pengembangan kognitif, afektif, dan psikomotor yang seimbang, serta kemampuan untuk memenuhi berbagai gaya belajar siswa. Ini juga mendukung siswa dengan kemampuan belajar yang beragam. Namun, terdapat juga kekurangan, seperti kesulitan dalam mengontrol kegiatan belajar, tantangan dalam perencanaan pembelajaran, dan waktu yang dibutuhkan untuk implementasi yang dapat mempengaruhi efektivitasnya.

References

Alfansyur, A. (2020). Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik, Dan Waktu Pada Penelitian Pendidikan Sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2).

Gee, J. P. (2003). What video games have to teach us about learning and literacy. Computers in entertainment (CIE), 1(1).

Hairunnisa Agista, dkk. “Aplikasi Metode Inquiry; Kelebihan Dan Kelemahannya Dalam Pembelajaran Fiqih”. Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI). Vol.1 No.3, 2023.

Jannah, T. R., Dewi, R. S., & Lestari, R. Y. (2024). Penggunaan Metode Inquiry Based Learning Terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jurnal Genta Mulia, 15(2).

Mayer, Richard E. (2009). Multimedia learning prinsipi-prinsip dan aplikasi. (Terjemahan Teguh Wahyu Utomo), New York: Cambridge University Press.

Mukhtar, M. (2023). Pembelajaran Kooperatif Dan Kolaboratif Perspektif Pendidikan Islam. Ameena Journal, 1(2).

Ndruru, S., & Harefa, Y. (2023). Analisis Metode Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(4).

Nuryana, A., Hernawan, A., & Hambali, A. (2021). Perbedaan Pendekatan Kontekstual dengan Pendekatan Tradisional dan Penerapannya di Kelas (Analisis Pendekatan Pembelajaran PAI). Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1).

Pakudu, R. (2024). Development Of Interactive Learning Media Based On Quizizz Games. Journal of Education and Culture (JEaC), 4(1).

Prasetiyo, M. B., & Rosy, B. (2021). Model pembelajaran inkuiri sebagai strategi mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1).

Retnaningsih, A. P. (2024). Relevansi Konstruktivisme Sosial Lev Vygotsky terhadap Kurangnya Peran Orang Tua dalam Pendidikan Moral Anak di Indonesia. Sophia Dharma: Jurnal Filsafat, Agama Hindu, dan Masyarakat, 7(1).

Rohima, S., Astawa, I. M. S., Takasun, T., & Maharani, M. (2023). Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Kooperatif. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, 3(2).

Rosadi, A., Qomaruzzaman, B., & Zaqiah, Q. Y. (2023). Inovasi Pembelajaran Media Video Edukasi Sebagai Upaya Meningkatkan Efikasi Diri Pada Mata Pelajaran PAI. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4).

Setyaningtyas, E. W. (2019). Potensi metode 1: 4: P: C: R untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2).

Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan. Yogyakarta: UNY Press.

Yanuar, A., & Pius, I. (2023). Upaya meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas 4 sdk wignya mandala melalui pembelajaran kooperatif. Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 8(01).

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Arlina, Fikri Ramadhan Tambak, Rizkiyah Khairunnisa Gajah, & Ridani Arihta. (2024). Implementasi Pembelajaran Inquiry Pada Pembelajaran PAI di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah As-Shofa. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 1(2), 225–235. Retrieved from https://ejournal.hsnpublisher.id/index.php/quoba/article/view/163

Issue

Section

Articles