Implementasi Metode Demonstrasi Melalui Pengajaran Infaq Dan Berbagi di SD Muhammadiyah Tanjung Morawa
Abstract
Penerapan metode demonstrasi sebagai upaya strategis untuk membangun karakter siswa sejak dini, pendidikan dasar memiliki peran penting dalam pembentukan karakter dan perilaku peserta didik, terutama dalam hal meningkatkan kesadaran sosial seperti infaq dan berbagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas metode demonstrasi dalam pengajaran infaq dan berbagi di SD Muhammadiyah Tanjung Morawa. Dengan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep infaq dan berbagi, serta membentuk karakter sosial seperti empati dan kepedulian. Kegiatan seperti apersepsi, diskusi kelompok, pemutaran video, praktik berbagi, dan demonstrasi infaq berhasil melibatkan siswa secara aktif. Kelebihan metode ini adalah memberikan pengalaman langsung yang meningkatkan daya ingat dan keterlibatan siswa. Namun, tantangan seperti keterbatasan fasilitas dan waktu tetap harus diperhatikan. Penelitian ini menunjukkan bahwa metode demonstrasi efektif dalam menanamkan nilai-nilai sosial dan keagamaan pada siswa sekolah dasar.
References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Ahmad Tanzeh. (2011). Metedologi Penelitian Praktis. Bandung: Balai Pustaka.
Amaliya, Tresni. (2022). Pemberian Hadiah dan Urgensinya Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SD Negeri 097322 Silau Bayu. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(3). 90.
A. Putra, K. R. Dantes, & N. Pasek Nugraha. (2019). Pengaruh Implementasi Metode Pembelajaran Demonstrasi Berbasis Trainer Kelistrikan terhadap Hasil Belajar. Jakarta: Balai Pustaka
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Mahrus, M. (2020). Implementasi Metode Pembelajaran Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di PAUD Pondok Pesantren Al-Barokah Ajung Jember. ANNISA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini. https://doi.org/10.35719/ANNISA.V13I2.31
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Thousand Oaks: SAGE Publications.
Moleong, Lexy. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nurhaeni, S. (2021). Penerapan Kokurikuler Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Akhlak Islami. Rayah Al-Islami. https://doi.org/https:doi.org/10.37274/RAIS.V5I02.496
Pratiwi, S. Y., & Usriyah, L. (2020). Implementasi Pendidikan Profetik dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar Al-Baitul Amien Jemebr. AKSELARASI: Jurnal Pendidikan Guru MI. https://doi.org/10.35719/AKSELERASI.V1I2.55
Sagala, S. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Pernada Media Group
Sudjana, N. (2009). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta
Setiawan, I. & Martin. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Augmented Reality pada guru SDN 2 Pancor. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14909
Setiawan, N. (2024). Mengaplikasikan Metode Pembelajaran Demonstrasi Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar. Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 4(2), 315–327. https://doi.org/10.53515/tdjpai.v4i2.124
Suciatmoko, P. (2020). Penerapan Pembelajaran Guided Discovery dengan Metode Demonstrasi. Bandung: Balai Pustaka.
Suhadah, R., Dahlan, M., & Fahri, M. (2021). Implementasi Pembelajaran IPA dalam Membangun Karakter Religius dan Mandiri siswa Kelas V di SD/MI. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.31932/ve.v12i2.1128
Ziyadatul Afivah. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kedisiplinan bagi Peserta Didik di SMA Muhammadiyah. Jakarta: Balai Pustaka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Silva Amanda Putri, Arlina, Ahyun Widiya Ningsih, Khairul Umam Nasution
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.