Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Shalat Wajib Dan Membaca Al-Qur’an di TPQ Mushalla Teladan

Authors

  • Afifah ‘Ulya Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Zulhiza Romi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Nurfarida Deliani Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Juliana Batubara Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Abstract

Pada saat ini Pendidikan karakter merupakan salah satu upaya dalam pembentukan karakter religius santri menjadi lebih baik. Permasalahan terkait karakter religius santri TPQ saat ini cukup mengkhawatirkan lantaran pada saat ini santri lebih banyak bermain handphone sehingga mereka banyak yang lalai dalam shalat dan membaca al-qur,an bahkan ada yang tidak shalat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi pembiasaan shalat wajib dan membaca al-qur’an. Dan untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan karakter religius melalui pembiasaan shalat wajib dan membaca al-qur’an santri.  Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Sedangkan metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, yang Pertama dalam implementasi shalat wajib dan membaca al-quran santri sudah baik namun terdapat hambatan yang berasal dari keluarga serta berasal dari kesadaran peserta didik. Yang Kedua strategi yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan karakter religius santri melalui pembiasaan yaitu memberika motivasi dan menggunakan buku agenda shalat terkait pelaksanaan shalat wajib maupun membaca al-qur’an.

References

Amanullah, W. A. A., Wantini, W., & Diponegoro, A. M. (2023). Analisis Role-Model Guru PAI Dalam Peningkatan Pembelajaran Agama Islam Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan Islam: Studi di SDN Bhayangkara Yogyakarta. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 12(1), 128–145.

ARISKA, G. (2022). Kerja Sama Guru dan Orang Tua dalam Membimbing Hafalan Al Quran Santri di Rumah Tahfizh Nurul Qalbi Nagari Balimbing.

Bawani, M. A. F., Ashari, M. Y., & Wardani, I. K. (2024). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Kurikulum Merdeka di SMPN 1 Peterongan Jombang. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 1–11.

Daeng, N. S. (2024). Strategi Santri Pondok Pesantren Bustanul Mansuriyah Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 23–29.

Fitria, N. A., Julyanur, M. Y., & Widyanti, E. (2024). Analisis Langkah-Langkah Evaluasi Dalam Proses Belajar Mengajar. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 37–46.

Gunawan, I. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan praktik. Bumi Aksara.

Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21–46.

Jannah, S. N. (2024). Pengelolaan Biaya Pendidikan Dalam Perspektif Pendidikan Islam. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 30–36.

Kusuma, D. (2018). Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Shalat Berjamaah. Jurnal Kewarganegaraan, 2(2), 34–40.

Lubis, I. L., & Manshuruddin, M. (2023). Implementasi Nilai Karakter Melalui Pendidikan Agama dan Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 62 Tanjung Gusta Deli Serdang. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2413–2424.

Munawwaroh, A. (2019). Keteladanan sebagai metode pendidikan karakter. Jurnal penelitian pendidikan islam, 7(2), 141.

Nurdiani, N. (2014). Teknik sampling snowball dalam penelitian lapangan. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(2), 1110–1118.

Nurkholifah, S. (2022). Problematika Pembentukan Karakter Religius Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tarokan Kabupaten Kediri [PhD Thesis, IAIN Kediri].

Raco, J. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis. Karakteristik dan Keunggulannya, Jakarta: Grasindo.

Saputri, A. M., Subhi, M. R., & Yaqin, P. A. (2024). Penerapan Pendidikan Karakter Religious dan Mandiri pada Santri Baru di Lingkungan Pondok Pesanten Al-Fusha Pekalongan. Al-Qadim-Jurnal Tafsir dan Ilmu Tafsir,

Sari, W. T. (2021). Hubungan Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Dengan Karakter Religius Kelas V Di MIN 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021 [PhD Thesis, IAIN Ponorogo].

Uzma, Z., & Masyithoh, S. (2024). Tantangan Dan Peluang Implementasi Nilai-Nilai Akhlak Dalam Kehidupan Masyarakat. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 12–22.

YANTI, I. (2021). Pengaruh Kegiatan Khotmil Qur’an Terhadap Pembentukan Karakter Religius Pelajar Di Desa Mediyunan Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro [PhD Thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro].

Yuliah, E. (2020). Implementasi kebijakan pendidikan. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum Dan Pendidikan, 30(2), 129–153.

Zain, F. S. (2021). Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha Dan Membaca Juz Amma Pada Kelas XI SMAN 1 Sambit [PhD Thesis, IAIN Ponorogo].

Downloads

Published

2024-12-10

How to Cite

Afifah ‘Ulya, Zulhiza Romi, Nurfarida Deliani, & Juliana Batubara. (2024). Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Shalat Wajib Dan Membaca Al-Qur’an di TPQ Mushalla Teladan. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 1(2), 45–52. Retrieved from https://ejournal.hsnpublisher.id/index.php/quoba/article/view/94

Issue

Section

Articles