Optimalisasi Keterampilan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengelola kelas Yang Kondusif
Abstract
Kemampuan mengelola kelas yang kondusif menjadi salah satu kompetensi penting bagi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mendukung keberhasilan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keterampilan yang diperlukan guru PAI untuk menciptakan suasana kelas yang produktif dan efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan, dimana seluruh data diambil melalui buku, jurnal dan dokumen yang berkaitan dengan tema penelitian, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengelolaan kelas yang kondusif merupakan fondasi penting dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Guru PAI harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik, menguasai manajemen kelas, dan mampu menerapkan nilai-nilai Islami secara konsisten. Ketiga keterampilan ini saling melengkapi dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang produktif dan harmonis. Untuk meningkatkan kompetensi ini, diperlukan pelatihan yang berkelanjutan serta dukungan dari berbagai pihak, termasuk sekolah dan pemerintah.
References
Abdurrahman, A., et al. (2020). Conflict Resolution in Islamic-Based Education Systems. International Journal of Islamic Studies, 12(4), 219–235.
Adamy, K. K. (2018). Pengelolaan Kelas dalam Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa di Mts Pesantren Modern Al-Manar Aceh Besar. Universitas Islam Negeri Ar Raniry Darussalam Banda Aceh.
Davies, I. K. (1991). Pengelolaan Belajar. CV Rajawali.
Djamarah, S. B. dan A. Z. (2013). Strategi Belajar Mengajar. PT Rineka Cipta.
Hariyanto, S. dan. (2021). Belajar Dan Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Iskandar, S., Rosmana, Primanita Solihah, Lisa Nabilah, Oktaviani, Y., & Tambunan, A. M. (2024). Penataan Ruang Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 1–9.
Kurniasih, Neneng, Ajeng Mulisari, Filda Halimatuzzahroh, Anggun Nurlaila, Siti Haeriyah, Ratu Natasya, A. S. (2024). Analisis Penataan Ruang Kelas Dalam Melihat Respon Siswa. Serumpun Mendidik: Jurnal Pendidikan Dan Penelitian, 01, 81–87.
Kurniasih, S., & Hasanah, R. (2019). Integrating Islamic Values into Classroom Instruction: A Study on Best Practices in Islamic Schools. Journal of Educational Innovation, 8(3), 88–102.
Manara, Erni R, A. H. (2015). Pengaruh Tata Ruang Kelas dan Media Visual terhadap Minat Belajar Fisika Peserta Didik Kelas VIII MTs Madani Alauddin Paopao. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 124–129.
Maskur, S. (2024). Praktis Belajar Metodologi Penelitian Bidang Psikologi Pendidikan Dan Ilmu Pendidikan (Buku Ajar Mata Kuliah). PT. Indragiri. https://books.google.com/Books?Hl=Id&Lr=&Id=Bvmjeqaaqbaj&Oi=Fnd&Pg=Pa51&Dq=Belajar+Metodologi+Penelitian+Bidang+Psikologi
Nurhayati, E., & Maulida, N. (2021). Religious Atmosphere and Student Character Development in Islamic Education. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 5(1), 45–60.
Rahmadon. (2021). Pengelolaan Kelas oleh Guru. Tarbiyatul Aulad: Serambi Mekkah Journal.
Rahman, S., & Farooq, M. (2018). Islamic Pedagogy and Teacher Communication: A Holistic Approach to Classroom Management. Journal of Islamic: Education Research.
Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai Fasilitator dan Efektivitas Belajar. Jurnal Sinektik: EJurnal Unisri.
Rosenshine, B. (2010). Principles of instruction: Research-based strategies that all teachers should know. , 21, 1-30. Educational Practice Series, 21.
Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Press.
Subarman. (2006). Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya.
Umar, A., Ismail, S. N., & Nor, M. M. (2021). The impact of teaching variations on student engagement in secondary schools. International Journal of Instruction, 14(3).
Usman, M. U. (2010). Menjadi Guru yang Baik. Remaja Rosdakarya.
Wiyani, N. A. (2013). Manajemen Kelas Teori dan Aplikasi Untuk Menciptakan Kelas Yang Kondusif. Ar-Ruzz Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Barry Mahmudi, Juliana Batubara, Nurfarida Deliani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.