Peran Guru PAI Sebagai Motivator Dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Pada Sekolah Tingkat Menengah Atas

Authors

  • Zulhiza Romi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Afifah ‘Ulya Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Nurfarida Deliani Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Juliana Batubara Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Abstract

Pada zaman sekarang ini pendidikan karakter religius di Indonesia sangat mengkhawatirkan karena banyak terjadinya kenakalan remaja dan kurangnya nilai-nilai keagamaan pada diri peserta didik, karena itu dalam pengembangan karakter tersebut sangat diperlukan sekali peran guru PAI. Tujuan dalam penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui karakter religius peserta didik di SMAN 2 Kota Solok dan Untuk mengetahui bentuk motivasi guru Pendidikan Agama Islam dalam membangun karakter religius pada peserta didik serta factor yang mempengaruhinya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Sedangkan metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, Pertama karakter religius peserta didik SMAN 2 Kota Solok sebagian besar memiliki kesadaran aktif dalam melakukan ibadah serta memiliki kedisiplinan yang tinggi. Kedua bentuk motivasi guru Pendidikan Agama Islam dalam membina karakter religius peserta didik melalui beberapa metode yaitu Metode Keteladanan, Metode Pembiasaan, Punishment Dan Reward. Adapun factor yang mempengaruhi keberhasilan guru sebagai motivaor dalam membentuk karakter religius yaitu fasilitas sekolah, kesadaran diri peserta didik dan dukungan dari orang tua.

References

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk karakter religius peserta didik melalui metode pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1).

Aini, Q. (2015). Penerapan reward and punishment sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama Islam pada siswa di SDN Pataonan 3 Socah Bangkalan [PhD Thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya].

Al Fiyah, L. (2019). Peran guru pai dalam pembinaan karakter religius smk berbasis pondok pesantren (studi kasus peserta didik kelas x di smk pgri 2 ponorogo) [PhD Thesis, IAIN Ponorogo].

Amanullah, W. A. A., Wantini, W., & Diponegoro, A. M. (2023). Analisis Role-Model Guru PAI Dalam Peningkatan Pembelajaran Agama Islam Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan Islam: Studi di SDN Bhayangkara Yogyakarta. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 12(1), 128–145.

Arrohman, M. W. (2022). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Karakter Religius Siswa Di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Plosoklaten Kediri [PhD Thesis, IAIN Kediri]. https://etheses.iainkediri.ac.id/5950/

Barutu, S. L. S., Simbolon, P. D., Simarmata, E. H., & Nababan, D. (2024). Menelusuri Jejak Damai: Kontribusi Tokoh Agama Dalam Mewujudkan Kehidupan Beragama Yang Harmonis. Al-Furqan: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 3(2), 664–684.

Bayu, P. W. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Peningkatan Pendidikan Karakter Di Smp Negeri 2 Rebang Tangkas Way Kanan [PhD Thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG].

Bawani, M. A. F., Ashari, M. Y., & Wardani, I. K. (2024). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Kurikulum Merdeka di SMPN 1 Peterongan Jombang. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 1–11.

Daeng, N. S. (2024). Strategi Santri Pondok Pesantren Bustanul Mansuriyah Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 23–29.

Fitria, N. A., Julyanur, M. Y., & Widyanti, E. (2024). Analisis Langkah-Langkah Evaluasi Dalam Proses Belajar Mengajar. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 37–46.

Jannah, S. N. (2024). Pengelolaan Biaya Pendidikan Dalam Perspektif Pendidikan Islam. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 30–36.

Uzma, Z., & Masyithoh, S. (2024). Tantangan Dan Peluang Implementasi Nilai-Nilai Akhlak Dalam Kehidupan Masyarakat. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 12–22.

Fitriyah, F. (2022). Literasi Karakter Religius Pada Pelajaran Matematka (Studi Kasus Di Mi Darussalam Deru Sumberrejo Bojonegoro) [PhD Thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri].

Gunawan, I. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan praktik. Bumi Aksara.

Hamid, R. (2006). Reward dan punishment dalam perspektif pendidikan islam. Ittihad Jurnal Kopertis Wilayah XI Kalimantan, 4(5), 65–76.

Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek profil pelajar pancasila sebagai penguatan pendidikan karakter pada peserta didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553–559.

Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21–46.

Hidayat, A. G., & Haryati, T. (2020). Implementasi Pembinaan Karakter Religius Berbasis Kearifan Local Maja Labo Dahu Pada Peserta Didik Sekolah Dasar di Kabupaten Bima. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(3).

Ibrahim, K. (2022). Analisis Pengaktifan Enam Sistem Otak Pada Pembelajaran Pai Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Kelas Viii Smp Negeri I Balen [PhD Thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri].

Indonesia, D. A. R. (2005). Al-Quran dan terjemahannya. J-ART, Bandung.

Khakim, A., & Munir, M. (2018). Islamic parenting: Aktualisasi pendidikan islam dalam tafsir QS Luqman Ayat 12-19. JIE (Journal of Islamic Education), 3(2), 203–220.

Nasional, K. P. (2010). Desain induk pendidikan karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Nugroho, K. P. (2017). Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha Slb N Purbalingga Tahun Pelajaran 2016/2017 [PhD Thesis, IAIN Purwokerto].

Nurdiani, N. (2014). Teknik sampling snowball dalam penelitian lapangan. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(2), 1110–1118.

Pagustin, A. (2023). Peran Ke℡Adanan Wali Kelas Dalam Pembentukan Karakter Kedisiplinan Siswa Di Kelas Iv Sd Negeri 37 Seluma [Phd Thesis, Uin Fatmawati Sukarno Bengkulu].

Raco, J. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis. Karakteristik dan Keunggulannya, Jakarta: Grasindo.

Ridho, M. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Panai Hilir Kabupaten Labuhan Batu [PhD Thesis, Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara].

Rizkasari, E. (2023). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya menyiapkan generasi emas Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 50–60.

Rusman, D., & Pd, M. (2012). Model-model pembelajaran. Raja Grafindo, Jakarta.

Samani, D. M. (2019). Konsep dan model pendidikan karakter.

Sambang, S., Prasetiya, B., & Hidayah, U. (2022). Peran Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Sikap Keagamaan Peserta Didik Di SMP Islam Terpadu Permata Kota Probolinggo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2), 135–147.

Sani, R. A., & Kadri, M. (2016). Pendidikan Karakter: Mengembangkan Karakter Anak yang Islami. Bumi Aksara.

Soleha, A., & Mubaraq, M. Z. (2024). Internalisasi Perilaku Religius Tradisi Madihin Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Banjarmasin. Islamologi: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 1(2), 13–27.

Downloads

Published

2024-12-10

How to Cite

Zulhiza Romi, Afifah ‘Ulya, Nurfarida Deliani, & Juliana Batubara. (2024). Peran Guru PAI Sebagai Motivator Dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Pada Sekolah Tingkat Menengah Atas. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 1(2), 88–97. Retrieved from https://ejournal.hsnpublisher.id/index.php/quoba/article/view/82

Issue

Section

Articles