Integrasi Teori Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Sarah Salsa Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Kepulauan Riau
  • Natasya Amelia Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Kepulauan Riau
  • Deassy Arestya Saksitha Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Kepulauan Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/qb.v1i2.9

Abstract

Teori konstruktivisme merupakan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada proses aktif peserta didik dalam membangun pengetahuan dan pemahamannya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan integrasi teori konstruktivisme dalam pembelajaran pendidikan agama islam. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan, diaman seluruh data diambil melalui buku dan jurnal ilmiah. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Integrasi teori konstruktivisme dalam pembelajaran PAI dapat meningkatkan pemahaman yang lebih mendalam dan aplikatif terhadap ajaran Islam. Dengan pendekatan yang menekankan pembelajaran aktif, peserta didik lebih terlibat dalam memahami konsep-konsep Islam secara kritis dan reflektif. Meskipun ada tantangan dalam implementasi, seperti kesiapan guru dan keterbatasan waktu, solusi yang tepat dapat membantu mengoptimalkan pendekatan ini. Dengan demikian, teori konstruktivisme menjadi salah satu metode yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI dan membentuk peserta didik yang memiliki pemahaman Islam yang kuat serta mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

References

Piaget, J. (1970). The Science of Education and the Psychology of the Child.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychologicl Processes.

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan Kurikulum dalam Pendidikan Islam.

Suparno, P. (1997). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan.

Sa’adah, F., & Azizah, D. D. (2021). Aplikasi Hakikat Teori Belajar Konstruktivisme dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. An-Nuha: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1-10.

Tiara, M., Nisa, K., Irama, D., Sutarto, & Rizal, S. (2023). Teori Konstruktivisme: Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Literasiologi, 12(4), 62-75.

Zain, S. (2024). Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme dalam Pembelajaran Agama Islam di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Tarbiyah, 8(2), 34-45.

Mulyadi, S. (2022). Teori Belajar Konstruktivistik dan Penerapannya dalam Pembelajaran PAI. Anthor: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 15-25.

Hidayat, A. (2021). Pendekatan Konstruktivistik dalam Pembelajaran Pendidikan AgamaIslam di SMP Zainul Hasan Genggong Tahun 2018. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 50-60

Downloads

Published

2025-03-01

How to Cite

Sarah Salsa, Natasya Amelia, & Deassy Arestya Saksitha. (2025). Integrasi Teori Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 1(2), 72–77. https://doi.org/10.61104/qb.v1i2.9

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)