Telaah Kritis Metode-Metode Dalam Penelitian Ilmiah
Abstract
Metode dalam penelitian sangat penting untuk dipahami. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan metode-metode dalam penelitian ilmiah. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan, dengan teknik pengumpulan data dokumentasi pada buku dan jurnal ilmiah, teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan pentingnya penerapan metode yang tepat dalam penelitian untuk memastikan validitas, reliabilitas, dan generalisabilitas hasil. Peneliti menemukan bahwa pemilihan metode penelitian yang sesuai dengan tujuan penelitian merupakan langkah krusial dalam menyusun rancangan penelitian yang efektif. Dalam analisis data, metode yang tepat harus digunakan untuk memastikan hasil yang akurat dan terpercaya. Selain itu, penggunaan metode yang inovatif dan canggih juga dapat meningkatkan kualitas penelitian. Oleh karena itu, para peneliti diharapkan untuk mempertimbangkan dengan cermat pemilihan metode yang sesuai dengan konteks penelitian mereka guna memperoleh temuan yang bermakna dan relevan
References
Ardiansyah, Maisah, dan Hakim Lukman. 2023. “Analisis SWOT dan Pemetaan Strategi Lembaga Pendidikan Islam (Studi di SMAN 1 Bungo Provinsi Jambi).” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):39–58.
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.
Dian, Kurniati, Maisah, dan Hakim Lukman. 2023. “Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Standar Operasional Pendidikan (Studi di MTsN 3 Tulungagung, Jambi).” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(1):83–98.
Getar, Rahmi Pertiwi, Su’aidi, dan El Widdah Minnah. 2023. “Meramalkan Kebijakan Pendidikan Islam Dalam Menguatkan Penanaman Nilai-Nilai Islam Pada Lembaga Pendidikan Islam.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):59–70.
Hasan, Syahrizal, Iskandar, dan Yamin Martinis. 2023. “Perspektif Psikologi Pendidikan Dalam Manajemen Pendidikan Islam.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):1–9.
H. Muzayyin Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Buna Aksara, 1987, h. 97.
Indra, Wahyuni Firli Fangestu, dan Hasan Syahrizal. 2023. “Digitalisasi Lembaga Pendidikan dalam Menghadapi Perkembangan dan Kemajuan Teknologi Informasi Dunia Pendidikan.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):26–38.
Maimunah, Permata Hati Hasibuan, El Widdah Minnah, dan Su’aidi. 2023. “Proses Membuat Kebijakan-Kebijakan Pendidikan Islam.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(1):99–108.
Nidia, Suriani, dan Iskandar. 2023. “Kontribusi Psikologi Dalam Manajemen Pengelolaan Kelas.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):18–25.
Peter Salim, et-al, Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer, Jakarta: Modern English, 1991, h. 1126
Purwadarminta, dalam Buku Sudjana S, Metode dan Tehnik Pembelajaran Partisipatif, Bandung: Falah Prodution, 2010, h. 7.
Saidin, Maisah, dan Hakim Lukman. 2023. “Urgensi Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):10–17.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta
Usman, Fahmy, Gustila Anggi Putri Dwi, M.Fadhil, dan M.Yudha. 2023. “Strategi Guru Al-Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTS Qiro’atul Qur’an Sungai Binjai.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(1):9–23.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhasor, Ilzamudin, Deni Iriyadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.