Pembangunan Kurikulum Berbasis Teori Pendidikan

Authors

  • Rabahul Sri Nate Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Kepulauan Riau
  • M Al Fajril Munir Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Kepulauan Riau
  • M Galuh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Kepulauan Riau
  • Deassy Arestya Saksitha Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Kepulauan Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/qb.v1i2.8

Abstract

Pendidikan merupakan elemen fundamental dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas, yang mampu menghadapi tantangan global dan berkontribusi pada kemajuan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pembangunan kurikulum dapat dipandu oleh teori-teori pendidikan, seperti konstruktivisme, behaviorisme, dan humanisme, untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Pembangunan kurikulum berbasis teori pendidikan merupakan langkah penting dalam menciptakan sistem pendidikan yang lebih efektif dan relevan dengan perkembangan zaman. Kurikulum yang dirancang dengan mengacu pada teori-teori pendidikan yang kuat, seperti konstruktivisme, behaviorisme, dan humanisme, mampu memberikan kerangka yang jelas dalam merancang proses pembelajaran yang tidak hanya fokus pada transfer pengetahuan, tetapi juga pada pengembangan keterampilan, sikap, dan nilai-nilai peserta didik

References

Arends, R. I. (2012). Teaching for Student Learning: Becoming an Accomplished Teacher. McGraw-Hill Education.

Tyler, R. W. (1949). Basic Principles of Curriculum and Instruction. University of Chicago Press.

Dewey, J. (1938). Experience and Education. Kappa Delta Pi.

Posner, G. J. (2004). An Introduction to the Foundations of Education. Pearson Education

Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2017). Curriculum: Foundations, Principles, and Issues. Pearson Education.

Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2017). Curriculum: Foundations, Principles, and Issues. Pearson Education.

Harris, M. (2016). Theories of Learning and Curriculum. Routledge

Downloads

Published

2025-03-01

How to Cite

Rabahul Sri Nate, M Al Fajril Munir, M Galuh, & Deassy Arestya Saksitha. (2025). Pembangunan Kurikulum Berbasis Teori Pendidikan. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 1(2), 78–85. https://doi.org/10.61104/qb.v1i2.8

Issue

Section

Articles