Pembangunan Kurikulum Berbasis Teori Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.61104/qb.v1i2.8Abstract
Pendidikan merupakan elemen fundamental dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas, yang mampu menghadapi tantangan global dan berkontribusi pada kemajuan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pembangunan kurikulum dapat dipandu oleh teori-teori pendidikan, seperti konstruktivisme, behaviorisme, dan humanisme, untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Pembangunan kurikulum berbasis teori pendidikan merupakan langkah penting dalam menciptakan sistem pendidikan yang lebih efektif dan relevan dengan perkembangan zaman. Kurikulum yang dirancang dengan mengacu pada teori-teori pendidikan yang kuat, seperti konstruktivisme, behaviorisme, dan humanisme, mampu memberikan kerangka yang jelas dalam merancang proses pembelajaran yang tidak hanya fokus pada transfer pengetahuan, tetapi juga pada pengembangan keterampilan, sikap, dan nilai-nilai peserta didik
References
Arends, R. I. (2012). Teaching for Student Learning: Becoming an Accomplished Teacher. McGraw-Hill Education.
Tyler, R. W. (1949). Basic Principles of Curriculum and Instruction. University of Chicago Press.
Dewey, J. (1938). Experience and Education. Kappa Delta Pi.
Posner, G. J. (2004). An Introduction to the Foundations of Education. Pearson Education
Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2017). Curriculum: Foundations, Principles, and Issues. Pearson Education.
Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2017). Curriculum: Foundations, Principles, and Issues. Pearson Education.
Harris, M. (2016). Theories of Learning and Curriculum. Routledge
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rabahul Sri Nate, M Al Fajril Munir, M Galuh, Deassy Arestya Saksitha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.