Pengembangan Dan Perekrutan Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam

Authors

  • Mohamad Jafar Instutut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Mamlu’atul Laili Istiqfari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

Abstract

Penelitian ini mengkaji strategi pengembangan dan perekrutan sumber daya manusia (SDM) di SMAN 3 Kota Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses perekrutan, faktor-faktor yang mempengaruhi, serta tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan SDM, khususnya tenaga pendidik dan kependidikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data dengan wawancara dan observasi, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa proses perekrutan dilakukan melalui dua jalur: internal dan eksternal. Pengembangan SDM mencakup berbagai program pelatihan dan evaluasi kinerja berkelanjutan untuk meningkatkan kompetensi dan efektivitas tenaga pendidik. Selain itu, penelitian ini mengungkap sejumlah faktor yang mempengaruhi keberhasilan perekrutan dan pengembangan, termasuk kebijakan sekolah, sumber daya yang tersedia, dan dukungan manajemen. Tantangan utama yang diidentifikasi meliputi keterbatasan anggaran, resistensi terhadap perubahan, dan kebutuhan akan peningkatan kualifikasi. Artikel ini memberikan wawasan mendalam tentang praktik manajemen SDM di lembaga pendidikan dan menyarankan strategi untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan.

References

Ardiansyah, Maisah, dan Hakim Lukman. 2023. “Analisis SWOT dan Pemetaan Strategi Lembaga Pendidikan Islam (Studi di SMAN 1 Bungo Provinsi Jambi).” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):39–58.

Andi Warisno, (2019) “Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Mutu Lulusan Pada Lembaga Pendidikan Islam Di Kabupaten,” Ri’ayah: Jurnal Sosial dan Keagamaan 3, no. 02.

Dian, Kurniati, Maisah, dan Hakim Lukman. 2023. “Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Standar Operasional Pendidikan (Studi di MTsN 3 Tulungagung, Jambi).” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(1):83–98.

Getar, Rahmi Pertiwi, Su’aidi, dan El Widdah Minnah. 2023. “Meramalkan Kebijakan Pendidikan Islam Dalam Menguatkan Penanaman Nilai-Nilai Islam Pada Lembaga Pendidikan Islam.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):59–70.

Hasan, Syahrizal, Iskandar, dan Yamin Martinis. 2023. “Perspektif Psikologi Pendidikan Dalam Manajemen Pendidikan Islam.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):1–9.

Haryanto Al-Fandi, (2021), Desain Pembelajaran yang Demokratis dan Humanis, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media)

Indra, Wahyuni Firli Fangestu, dan Hasan Syahrizal. 2023. “Digitalisasi Lembaga Pendidikan dalam Menghadapi Perkembangan dan Kemajuan Teknologi Informasi Dunia Pendidikan.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):26–38.

Maimunah, Permata Hati Hasibuan, El Widdah Minnah, dan Su’aidi. 2023. “Proses Membuat Kebijakan-Kebijakan Pendidikan Islam.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(1):99–108.

Nidia, Suriani, dan Iskandar. 2023. “Kontribusi Psikologi Dalam Manajemen Pengelolaan Kelas.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):18–25.

Saidin, Maisah, dan Hakim Lukman. 2023. “Urgensi Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):10–17.

Sugiyono, (2019), Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), (Bandung: Alfabeta,

Usman, Fahmy, Gustila Anggi Putri Dwi, M.Fadhil, dan M.Yudha. 2023. “Strategi Guru Al-Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTS Qiro’atul Qur’an Sungai Binjai.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(1):9–23.

Downloads

Published

2024-10-20

How to Cite

Mohamad Jafar, & Mamlu’atul Laili Istiqfari. (2024). Pengembangan Dan Perekrutan Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 1(1), 16–21. Retrieved from https://ejournal.hsnpublisher.id/index.php/quoba/article/view/10

Issue

Section

Articles