Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Konversi dan Obversi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis

Authors

  • Ahmad Wildan Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Kepulauan Riau
  • Boby Irawan Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Kepulauan Riau
  • Muhammad Rizky Ihsan Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Kepulauan Riau
  • Syafriyanti Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Kepulauan Riau
  • Deassy Arestya Saksitha Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Kepulauan Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/qb.v1i2.10

Abstract

Kemampuan berpikir logis merupakan keterampilan penting dalam pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran berbasis konversi dan obversi dalam meningkatkan berpikir logis siswa. Menggunakan metode studi kepustakaan, penelitian ini menelaah berbagai literatur terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model ini secara signifikan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menyusun argumen, mengevaluasi informasi, serta mengembangkan keterampilan pemecahan masalah. Namun, tantangan seperti perlunya pelatihan guru dan penyesuaian kurikulum masih menjadi kendala. Dengan demikian, model pembelajaran berbasis konversi dan obversi dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan berpikir logis serta keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam dunia pendidikan

References

Asrawati, N., & Sulaiman, U. K. (2020). Perbandingan hasil belajar siswa melalui penerapan metode accelerated learning dengan metode konvensional dalam pembelajaran matematika. Alauddin Journal of Mathematics Education, 2(2), 183-191

D. A. Sari dan M. D. Wulandari, "Pengaruh Metode Jajar Samping (JAMPING) pada Satuan Konversi Matematika dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar," Jurnal Basicedu 6, no. 4 (2022): 6446–6452.

Fauzi, I. (2020). Pendidikan kritis dan strategi authentic learning: Studi konsep pendidikan KH Ahmad Dahlan dan Paulo Freire. Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 67-80.

Hidayati, N. (2021). Penerapan metode pembelajaran observasi lapangan pada mata kuliah studi arsip untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Asanka: Journal of Social Science and Education, 3(1), 45-55.

Khanifah, Nuriyatul, Izza Faridatul Kamilah, and Moh Faizin. "Teknik Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Logika Induktif Dan Deduktif Perspektif Aristoteles." Jurnal Genta Mulia 15.1 (2024): 131-145.

Khayati, N. (2020). Optimalisasi peningkatan perilaku dan hasil belajar materi rangkaian konversi DA/AD melalui strategi 'Baso Disko'. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 10(1), 1-10.

Kompas. (2023, 24 Mei). Pendidikan dan Pentingnya Berpikir Kritis. Diakses dari https://www.kompas.id/baca/opini/2023/05/24/pendidikan-dan-pentingnya-berpikir- kritis

Sari, D. P. (2019). Strategi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui learning community. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(2), 123-132.

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. (n.d.). Metode Pengajaran Konvensional Sebabkan Siswa Kurang Berpikir Kritis. Diakses dari https://www.umy.ac.id/metode-pengajaran-konvensional-sebabkan-siswa-kurang- berpikir-kritis

Wafiy, "Makalah Logika: Penyimpulan Langsung," Karya Tulis Makalah Wafiy, diakses pada 13 Maret 2025, https://karyatulismakalahwafiy.blogspot.com/2018/12/makalah-logika-penyimpulan- langsung.html

Downloads

Published

2025-03-01

How to Cite

Ahmad Wildan, Boby Irawan, Muhammad Rizky Ihsan, Syafriyanti, & Deassy Arestya Saksitha. (2025). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Konversi dan Obversi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 1(2), 61–71. https://doi.org/10.61104/qb.v1i2.10

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)