Adab Dalam Belajar Dan Pembelajaran: Strategi Untuk Meningkatkan Kesadaran Dan Keterampilan Siswa

Authors

  • Rachma Afwani UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Siti Masyithoh UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia

Abstract

Guru berperan penting sebagai teladan dengan menunjukkan sikap dan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai etika. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi yang efektif untuk meningkatkan kesadaran sopan santun siswa. Metode utamanya adalah penelitian kepustakaan, yang melibatkan penelitian data sekunder dari sumber primer dan sekunder yang relevan.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru memainkan peran penting sebagai teladan dengan menunjukkan sikap dan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai etika. Pemberian reward dan penguatan positif juga terbukti efektif dalam memperkuat perilaku siswa yang baik. Memasukkan nilai-nilai etika ke dalam pembelajaran tidak hanya membangun karakter siswa tetapi juga meningkatkan prestasi akademiknya. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa penerapan strategi etis dalam proses belajar mengajar dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih bermanfaat dan produktif serta menghasilkan generasi muda yang berkarakter kuat dan beretika baik.

References

Ardiansyah, Maisah, dan Hakim Lukman. 2023. “Analisis SWOT dan Pemetaan Strategi Lembaga Pendidikan Islam (Studi di SMAN 1 Bungo Provinsi Jambi).” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):39–58.

Dian, Kurniati, Maisah, dan Hakim Lukman. 2023. “Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Standar Operasional Pendidikan (Studi di MTsN 3 Tulungagung, Jambi).” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(1):83–98.

Getar, Rahmi Pertiwi, Su’aidi, dan El Widdah Minnah. 2023. “Meramalkan Kebijakan Pendidikan Islam Dalam Menguatkan Penanaman Nilai-Nilai Islam Pada Lembaga Pendidikan Islam.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):59–70.

Rafliyanto, M., Yusuf, A. M., & Solihah, J. A. (2021). Peran Guru Dalam Pembentukan Adab Pada Peserta Didik Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Syntax Admiration, 2 , 4.

Ramadhoni, F. R. (2022). Implementasi Pendidikan Iman Melalui Kegiatan Morning Talk Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Sd Islam Tahfizh Cahaya Quran Depok.

Hidayat, A. (2022). Peran Guru Dalam Membentuk Adab Siswa Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Pendidikan Agama Islam, 1, 9.

Hasan, Syahrizal, Iskandar, dan Yamin Martinis. 2023. “Perspektif Psikologi Pendidikan Dalam Manajemen Pendidikan Islam.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):1–9.

Indra, Wahyuni Firli Fangestu, dan Hasan Syahrizal. 2023. “Digitalisasi Lembaga Pendidikan dalam Menghadapi Perkembangan dan Kemajuan Teknologi Informasi Dunia Pendidikan.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):26–38.

Maimunah, Permata Hati Hasibuan, El Widdah Minnah, dan Su’aidi. 2023. “Proses Membuat Kebijakan-Kebijakan Pendidikan Islam.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(1):99–108.

Nidia, Suriani, dan Iskandar. 2023. “Kontribusi Psikologi Dalam Manajemen Pengelolaan Kelas.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):18–25.

Noer, A., Tambak, S., & Sampuraet, A. (2017). Konsep Adab Peserta Didik dalam

Pembelajaran menurut Az-Zarnuji dan Implikasinya terhadap Pendidikan karakter di Indonesia . Pekanbaru.

Nugraha, D., & Hasanah, A. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai- Nilai Budaya Di Sekolah. 2.

Nur, K. U., Putri, M., Edyta, N., & Faradiba, A. T. (2018). Prestasi Akademik Ditinjau Dari Keterlibatan Remaja Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler. 2.

Saidin, Maisah, dan Hakim Lukman. 2023. “Urgensi Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(2):10–17.

Usman, Fahmy, Gustila Anggi Putri Dwi, M.Fadhil, dan M.Yudha. 2023. “Strategi Guru Al-Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTS Qiro’atul Qur’an Sungai Binjai.” Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum 1(1):9–23.

Downloads

Published

2024-10-20

How to Cite

Rachma Afwani, & Siti Masyithoh. (2024). Adab Dalam Belajar Dan Pembelajaran: Strategi Untuk Meningkatkan Kesadaran Dan Keterampilan Siswa. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 1(1), 8–15. Retrieved from https://ejournal.hsnpublisher.id/index.php/quoba/article/view/7

Issue

Section

Articles