Pemahaman Proposisi Dan Oposisi Sebagai Dasar Berpikir Kritis Bagi Mahasiswa Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Amalia Putri Azkia Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Kepulauan Riau
  • Hafizoh Halim Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Kepulauan Riau
  • Indah Citra Soleha Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Kepulauan Riau
  • Nurhafizah Arabella Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Kepulauan Riau
  • Deassy Arestya Saksitha Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Kepulauan Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/qb.v1i2.7

Abstract

Berpikir kritis merupakan kemampuan esensial yang harus dimiliki oleh mahasiswa, khususnya dalam konteks Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran proposisi dan oposisi dalam membangun kemampuan berpikir kritis mahasiswa Pendidikan Agama Islam, serta implikasinya dalam memahami teks-teks keagamaan dan menyelesaikan masalah kontemporer. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan, dimana seluruh data diambil melalui buku dan jurnal ilmiah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman proposisi dan oposisi merupakan landasan yang sangat penting dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis bagi mahasiswa Pendidikan Agama Islam. Dengan menguasai konsep-konsep ini, mahasiswa tidak hanya dilatih untuk menganalisis argumen dengan lebih mendalam dan menyusun pemikiran yang logis serta sistematis, tetapi juga untuk menyelesaikan berbagai permasalahan kontemporer dengan pendekatan yang terstruktur dan berbasis pada prinsip-prinsip logika yang jelas. Implikasi dari pemahaman ini sangat luas, di mana mahasiswa tidak hanya mampu memahami teks-teks keagamaan dengan cara yang lebih kritis dan objektif, tetapi juga dapat mengaplikasikan nilai-nilai Islam dalam konteks kehidupan modern yang penuh tantangan.

References

Ahmad, Marzuki. 2023. Konsep Logika. Solok Sumatera barat: PT Mafy Media Literasi Indonesia. Hamid, Hamdani. 2012. Pemikiran Modern Dalam Islam. Jakarta Pusat: Direktorat Jenderal

Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Hilmy, Masdar. 2012. “Nomenklatur Baru Pendidikan Islam di Era Industrialisasi”. Jurnal Tsaqafah 8 no.1: 2-26.

Listiana, Anisa. 2018. Logika. Kudus: Media Ilmu Press.

Rohmadi, Yusup. Ir,awati, Waryunah. 2020. Dasar Dasar Logika. Sukoharjo Jawa tengah: Efudepress.

Downloads

Published

2025-03-01

How to Cite

Amalia Putri Azkia, Hafizoh Halim, Indah Citra Soleha, Nurhafizah Arabella, & Deassy Arestya Saksitha. (2025). Pemahaman Proposisi Dan Oposisi Sebagai Dasar Berpikir Kritis Bagi Mahasiswa Pendidikan Agama Islam. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 1(2), 86–93. https://doi.org/10.61104/qb.v1i2.7

Issue

Section

Articles