Efektivitas Lagu Islami dalam Meningkatkan Hafalan Do’a Harian Siswa di SD IT Ar-Raudhah

Authors

  • Nur Fatimah Institut Sains Al-Qur’an Syekh Ibrahim
  • Syamzaimar Institut Sains Al-Qur’an Syekh Ibrahim

DOI:

https://doi.org/10.61104/qb.v1i2.347

Keywords:

Lagu Islami, Hafalan Doa, Pendidikan Agama Islam, Siswa SD

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah dasar menghadapi tantangan dalam mengajarkan hafalan doa harian karena metode yang digunakan cenderung monoton dan kurang menarik bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas lagu Islami dalam meningkatkan hafalan doa harian siswa SD IT Ar-Raudhah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta menganalisis data melalui model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan lagu Islami mampu meningkatkan antusiasme dan kemampuan hafalan siswa, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, serta memperkuat pemahaman makna doa. Peran aktif guru dalam memilih lagu dan mengaitkannya dengan nilai-nilai spiritual turut mendukung keberhasilan strategi ini. Temuan ini menunjukkan bahwa lagu Islami efektif digunakan sebagai metode pembelajaran PAI yang kreatif dan kontekstual di tingkat sekolah dasar.

References

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Bruner, J. (1966). Toward a Theory of Instruction. Cambridge: Harvard University Press.

Campbell, D. (2001). The Mozart Effect for Children. New York: HarperCollins.

Djamarah, S.B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fauzi, A. (2017). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.

Harun, C. (2020). Pengaruh Lagu Religi Terhadap Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter. vol. 7. no. 1. hlm. 27–35.

Kartini, H. (2021). Integrasi Lagu Islami dalam Pembelajaran PAI di SD. Jurnal Ilmiah Guru. vol. 6. no. 2. hlm. 55–61.

Mahfud, C. (2018). Pendidikan Islam Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyasa, E. (2014). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Putri, A.D. (2020). Implementasi Lagu Islami dalam Pembelajaran Doa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. vol. 3. no. 1. hlm. 93–99.

Rahmawati, L. (2021). Media Lagu dalam Pembelajaran Doa Harian Siswa SD. Edukasi: Jurnal Ilmu Pendidikan. vol. 13. no. 2. hlm. 88–94.

Rahman, F. (2019). Musik sebagai Media Pembelajaran Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. vol. 5. no. 2. hlm. 76–82.

Sari, N. (2020). Pengaruh Lagu Religi terhadap Hafalan Surat Pendek Siswa SD. Jurnal Pendidikan Islam. vol. 8. no. 1.hlm. 45–52.

Susanto, A. (2015). Pengembangan Pembelajaran PAUD. Jakarta: Kencana.

Vygotsky, L.S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge: Harvard University Press.

Wahyuni, D. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Lagu Islami. Jurnal Pendidikan Dasar. vol. 9. no. 2.

Downloads

Published

2025-03-01

How to Cite

Nur Fatimah, & Syamzaimar. (2025). Efektivitas Lagu Islami dalam Meningkatkan Hafalan Do’a Harian Siswa di SD IT Ar-Raudhah. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 1(2), 94–99. https://doi.org/10.61104/qb.v1i2.347

Issue

Section

Articles