Analisis Keteladanan Guru Terhadap Sikap Nasionalisme Siswa
DOI:
https://doi.org/10.61104/qb.v2i1.295Abstract
Penanaman nilai-nilai nasionalisme kepada peserta didik merupakan elemen penting dalam membentuk karakter bangsa yang kuat, khususnya di daerah multikultural seperti Kabupaten Rokan Hulu. Guru sebagai teladan memiliki peran strategis dalam membentuk sikap nasionalisme siswa melalui perilaku, ucapan, dan pendekatan pembelajaran yang mencerminkan semangat kebangsaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keteladanan guru terhadap sikap nasionalisme siswa di Rokan Hulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik analisis isi terhadap berbagai sumber literatur dan data kontekstual lokal. Hasil kajian menunjukkan bahwa guru yang menunjukkan kedisiplinan, inklusivitas, dan keterlibatan aktif dalam kegiatan sekolah berkontribusi signifikan dalam menanamkan rasa cinta tanah air dan penghargaan terhadap keberagaman budaya. Temuan ini diperkuat oleh teori pembelajaran sosial Bandura dan pendidikan karakter menurut Lickona. Simpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa penguatan keteladanan guru merupakan strategi efektif dan kontekstual dalam membangun identitas kebangsaan siswa, terutama di tengah tantangan globalisasi dan pluralisme sosial
References
Balangi, S. S., Mas, S. R., & Masaong, A. K. (2023). Program habituasi dalam penguatan karakter siswa di SMA Negeri 4 Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(1), 243–252. https://doi.org/10.37905/aksara.9.1.243-252.2023
Nur, M., Arsyad, A., & Alang, S. (2024). Implementasi nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik di SMA Negeri 3 Takalar. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 76–93. https://doi.org/10.24252/idaarah.v8i1.2024
Rahman, A., & Maulida, I. (2022). Keteladanan guru dalam membentuk karakter nasionalisme siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(3), 215–228. https://doi.org/10.21831/jpk.v12i3.2022
Risa, R. (2023). Penerapan sistem full day school dalam pengembangan pendidikan karakter religius peserta didik di SD Plus Ar Rahman Kediri [Tesis, IAIN Kediri]. Repositori IAIN Kediri. http://repository.iainkediri.ac.id/xxx
Sari, N. (2023). Pengaruh keteladanan guru terhadap sikap nasionalisme siswa di sekolah multikultural. Cakrawala Pendidikan, 42(2), 198–210. https://doi.org/10.21831/cp.v42i2.2023
Widodo, W. (2020). Model penilaian hasil belajar pendidikan agama Islam di MTs swasta Kabupaten Rokan Hulu. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 3(1), 46–58. https://doi.org/10.37676/tunjukajar.v3i1.2020
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Gita Aulia, Syamzaimar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.