Analisis Keteladanan Guru Terhadap Sikap Nasionalisme Siswa

Authors

  • Gita Aulia Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Sains Al Qur’an Syekh Ibrahim Pasir Pengaraian
  • Syamzaimar Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Sains Al Qur’an Syekh Ibrahim Pasir Pengaraian

DOI:

https://doi.org/10.61104/qb.v2i1.295

Abstract

Penanaman nilai-nilai nasionalisme kepada peserta didik merupakan elemen penting dalam membentuk karakter bangsa yang kuat, khususnya di daerah multikultural seperti Kabupaten Rokan Hulu. Guru sebagai teladan memiliki peran strategis dalam membentuk sikap nasionalisme siswa melalui perilaku, ucapan, dan pendekatan pembelajaran yang mencerminkan semangat kebangsaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keteladanan guru terhadap sikap nasionalisme siswa di Rokan Hulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik analisis isi terhadap berbagai sumber literatur dan data kontekstual lokal. Hasil kajian menunjukkan bahwa guru yang menunjukkan kedisiplinan, inklusivitas, dan keterlibatan aktif dalam kegiatan sekolah berkontribusi signifikan dalam menanamkan rasa cinta tanah air dan penghargaan terhadap keberagaman budaya. Temuan ini diperkuat oleh teori pembelajaran sosial Bandura dan pendidikan karakter menurut Lickona. Simpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa penguatan keteladanan guru merupakan strategi efektif dan kontekstual dalam membangun identitas kebangsaan siswa, terutama di tengah tantangan globalisasi dan pluralisme sosial

References

Balangi, S. S., Mas, S. R., & Masaong, A. K. (2023). Program habituasi dalam penguatan karakter siswa di SMA Negeri 4 Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(1), 243–252. https://doi.org/10.37905/aksara.9.1.243-252.2023

Nur, M., Arsyad, A., & Alang, S. (2024). Implementasi nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik di SMA Negeri 3 Takalar. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 76–93. https://doi.org/10.24252/idaarah.v8i1.2024

Rahman, A., & Maulida, I. (2022). Keteladanan guru dalam membentuk karakter nasionalisme siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(3), 215–228. https://doi.org/10.21831/jpk.v12i3.2022

Risa, R. (2023). Penerapan sistem full day school dalam pengembangan pendidikan karakter religius peserta didik di SD Plus Ar Rahman Kediri [Tesis, IAIN Kediri]. Repositori IAIN Kediri. http://repository.iainkediri.ac.id/xxx

Sari, N. (2023). Pengaruh keteladanan guru terhadap sikap nasionalisme siswa di sekolah multikultural. Cakrawala Pendidikan, 42(2), 198–210. https://doi.org/10.21831/cp.v42i2.2023

Widodo, W. (2020). Model penilaian hasil belajar pendidikan agama Islam di MTs swasta Kabupaten Rokan Hulu. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 3(1), 46–58. https://doi.org/10.37676/tunjukajar.v3i1.2020

Downloads

Published

2025-06-27

How to Cite

Gita Aulia, & Syamzaimar. (2025). Analisis Keteladanan Guru Terhadap Sikap Nasionalisme Siswa. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 2(1), 112–118. https://doi.org/10.61104/qb.v2i1.295

Issue

Section

Articles