Urgensi dan Strategi Implementasi Pendidikan Karakter Islami Sejak Dini di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Kartini Institut Sanis Al-Qur’an Syeikh Ibrahim Pasir Pangaraian
  • Syamzaimar Institut Sanis Al-Qur’an Syeikh Ibrahim Pasir Pangaraian

DOI:

https://doi.org/10.61104/qb.v1i2.346

Abstract

Pendidikan karakter Islami memiliki peran penting dalam membentuk generasi yang berakhlak mulia, berpengetahuan luas, dan beriman kuat di tengah arus globalisasi dan kemajuan teknologi. Madrasah Ibtidaiyah sebagai lembaga pendidikan dasar menjadi wadah strategis untuk menanamkan nilai-nilai Islam sejak dini melalui pembelajaran terstruktur dan lingkungan yang kondusif. Penelitian ini bertujuan mengkaji urgensi pendidikan karakter Islami, peran guru, dan strategi implementasinya sejak dini di Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi kepustakaan, dengan analisis data yang difokuskan pada konsep, peran, dan strategi implementasi pendidikan karakter Islami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran sentral sebagai teladan, pembimbing moral, dan fasilitator pembelajaran. Strategi yang efektif meliputi integrasi nilai Islami dalam kurikulum, pembiasaan ibadah, pembentukan lingkungan sekolah yang Islami, kolaborasi dengan orang tua, serta evaluasi karakter secara berkelanjutan. Implikasi penelitian ini menegaskan bahwa pendidikan karakter Islami yang konsisten dan melibatkan seluruh pemangku kepentingan dapat menghasilkan lulusan yang unggul secara akademik sekaligus memiliki integritas moral tinggi.

References

Al-Falah. (2023). Program "Satu Hari Satu Kebaikan" di Madrasah Ibtidaiyah Al-Falah. Al-Falah Journal. https://doi.org/10.1234/al-falah.2023.01

Althof, W., & Berkowitz, M. W. (2006). Moral education and character education: Their relationship and roles in citizenship education. Journal of Moral Education, 35(4), 495–518. https://doi.org/10.1080/03057240601012204

Anton. (2024). Upaya untuk menjadi generasi pecinta Al-Qur'an. Jurnal Intelek dan Cendikiawan Nusantara, 1(2).

Apriyani, N., dkk. (2025). Peran madrasah sebagai institusi pendidikan Islam. Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(4).

Arthur, J., Kristjánsson, K., Harrison, T., Sanderse, W., & Wright, D. (2017). Teaching character and virtue in schools. London: Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315657504

Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2005). What works in character education: A research-driven guide for educators. Character Education Partnership.

Dra. Hj. Aisyah, M. A., & M. Ali, M. P. (2018). Pendidikan karakter: Konsep dan implementasinya. Jakarta: Kencana.

Dr. Kaharuddin. (2018). Mencetak generasi anak shaleh dalam hadits.

Dr. Murdianto. (2024). Pendidikan karakter Islami membangun generasi berakhlak mulia di era digital.

Eliza, N. S. (2021). Konsep pembentukan akhlak anak usia dini menurut Ibnu Miskawaih.

Fitriani, N. F. (n.d.). Konsep pendidikan karakter Islami. Universitas Islam Al-Ihya Kuningan.

Halstead, J. M. (2007). Islamic values: A distinctive framework for moral education? Journal of Moral Education, 36(3), 283–296. https://doi.org/10.1080/03057240701643056

Khosiah, N., dkk. (2021). Kerja sama orang tua dan guru dalam membangun kreativitas siswa madrasah ibtidaiyah melalui pembelajaran online. Jurnal Penelitian Ipteks, 6(1).

Lapsley, D. K., & Narvaez, D. (2006). Character education. In W. Damon & R. Lerner (Eds.), Handbook of child psychology (6th ed., Vol. 4, pp. 248–296). John Wiley & Sons.

Lickona, T. (2012). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books.

Muawwanah, S., & Darmiyanti, A. (2022). Internalisasi pendidikan karakter Islam di madrasah ibtidaiyah. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1).

Muhaimin. (2009). Pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di sekolah, madrasah, dan perguruan tinggi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Mulyasa, E. (2014). Manajemen pendidikan karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Munawwir. (2024). Menjaga warisan keislaman: Peran madrasah ibtidaiyah dalam menyebarkan nilai-nilai agama Islam di kalangan pendidikan jenjang dasar. Journal of Islamic Studies, 9(2).

Mustofa, A., & Muadzin, A. (2021). Konsepsi peran guru sebagai fasilitator dan motivator dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2).

Ningsih, S. R., & Lisnawati, S. (2022). Menanamkan nilai tauhid melalui kalimat toyyibah pada anak tingkat SD di Kampung Gunung Koneng. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1).

Nucci, L., & Narvaez, D. (2014). Handbook of moral and character education (2nd ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203114896

Pentingnya pendidikan agama bagi anak. (n.d.). Tabung Amal. https://tabungamal.id/berita/pentingnya-pendidikan-agama-bagi-anak

Pradana, A., & Sutarto. (2025). Peran guru sebagai pembimbing akhlak dan ilmu dalam Islam (membangun generasi berkarakter). Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah, 3(1).

Tinambunan, D. R., dkk. (2024). Keteladanan guru dalam membentuk karakter siswa (Studi kasus di SMP Negeri 35 Medan). Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa, 2(3).

UNESCO. (2021). Reimagining our futures together: A new social contract for education. Paris: UNESCO.

Yunita, Y., & Mujib, A. (2021). Pendidikan karakter dalam perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 14(1).

Downloads

Published

2025-03-01

How to Cite

Kartini, & Syamzaimar. (2025). Urgensi dan Strategi Implementasi Pendidikan Karakter Islami Sejak Dini di Madrasah Ibtidaiyah. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 1(2), 100–108. https://doi.org/10.61104/qb.v1i2.346

Issue

Section

Articles