Refleksi Dan Evaluasi Dalam Penelitian Tindakan Kelas

Authors

  • Isropil Siregar Institut Agama Islam Hidayatullah Batam
  • T.Salmah Institut Agama Islam Hidayatullah Batam
  • Tika Hartati Institut Agama Islam Hidayatullah Batam
  • Ilmi Satari Nola Institut Agama Islam Hidayatullah Batam

Abstract

Penelitian tindakan kelas memberikan kesempatan kepada guru untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan refleksi dan evaluasi dalam penelitian tindakan kelas. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan, dimana seluruh data diambil melalui buku, jurnal dan dokumen yang berkaitan dengan tema penelitian, teknik analisis data dalam penelitian ini dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah metode yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas melalui siklus refleksi dan aksi. Jurnal ini menjelaskan langkah-langkah penting dalam pelaksanaan PTK, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Langkah-langkah tersebut harus diulang dalam beberapa siklus hingga tujuan pembelajaran tercapai. Perencanaan yang matang, pelaksanaan yang sistematis, observasi yang mendalam, serta refleksi yang kritis sangat diperlukan agar hasil PTK dapat memperbaiki proses pembelajaran secara efektif. Dengan mengikuti prosedur PTK, guru dapat mengidentifikasi permasalahan di kelas, merancang tindakan solutif, serta melakukan evaluasi untuk peningkatan pembelajaran berkelanjutan. PTK merupakan metode yang fleksibel dan dinamis bagi guru untuk menghadapi tantangan kelas

References

Hasmawaty, H., Saman, A., Syamsuardi, S., Rusmayadi, R., Ruswiyani, E., & Sadaruddin, S. (2024). Refleksi Pembelajaran dan Penelitian Tindakan Kelas. Madaniya, 5(2), 305–311. https://doi.org/10.53696/27214834.745

Salo, E. S. (2023). Analisis Faktor Penyebab Siswa Kurang Aktif Dalam Pembelajaran Kelas IV SD Negeri 06 Sesean. Prosiding Seminar Nasional PGSD UKI Toraja 2023, 2022, 13–18. https://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/PROSDING/article/view/2260

Setyosari, P. (2014). MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DAN BERKUALITAS Punaji Setyosari Jurusan Teknologi Pendidikan , Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Malang Jl . Semarang No . 5 Malang Jawa Timur 65145 CREATING THE EFFECTIVE AND THE QUALITY OF THE LEARNING. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), 20–30. http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/2103

Siregar, I., Satria, M. A., & Dianur, S. T. (2024). Strategi Penyelesaian Masalah Dalam Penelitian Tindakan Kelas. 1, 14–29.

Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821

Yusri, A. Z. dan D. (2020). Penelitian Tindakan Kelas. In Jurnal Ilmu Pendidikan (Vol. 7, Issue 2).

Downloads

Published

2024-12-26

How to Cite

Isropil Siregar, T.Salmah, Tika Hartati, & Ilmi Satari Nola. (2024). Refleksi Dan Evaluasi Dalam Penelitian Tindakan Kelas. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 1(1), 40–46. Retrieved from https://ejournal.hsnpublisher.id/index.php/quoba/article/view/159

Issue

Section

Articles