Refleksi Dan Evaluasi Dalam Penelitian Tindakan Kelas
Abstract
Penelitian tindakan kelas memberikan kesempatan kepada guru untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan refleksi dan evaluasi dalam penelitian tindakan kelas. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan, dimana seluruh data diambil melalui buku, jurnal dan dokumen yang berkaitan dengan tema penelitian, teknik analisis data dalam penelitian ini dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah metode yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas melalui siklus refleksi dan aksi. Jurnal ini menjelaskan langkah-langkah penting dalam pelaksanaan PTK, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Langkah-langkah tersebut harus diulang dalam beberapa siklus hingga tujuan pembelajaran tercapai. Perencanaan yang matang, pelaksanaan yang sistematis, observasi yang mendalam, serta refleksi yang kritis sangat diperlukan agar hasil PTK dapat memperbaiki proses pembelajaran secara efektif. Dengan mengikuti prosedur PTK, guru dapat mengidentifikasi permasalahan di kelas, merancang tindakan solutif, serta melakukan evaluasi untuk peningkatan pembelajaran berkelanjutan. PTK merupakan metode yang fleksibel dan dinamis bagi guru untuk menghadapi tantangan kelas
References
Hasmawaty, H., Saman, A., Syamsuardi, S., Rusmayadi, R., Ruswiyani, E., & Sadaruddin, S. (2024). Refleksi Pembelajaran dan Penelitian Tindakan Kelas. Madaniya, 5(2), 305–311. https://doi.org/10.53696/27214834.745
Salo, E. S. (2023). Analisis Faktor Penyebab Siswa Kurang Aktif Dalam Pembelajaran Kelas IV SD Negeri 06 Sesean. Prosiding Seminar Nasional PGSD UKI Toraja 2023, 2022, 13–18. https://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/PROSDING/article/view/2260
Setyosari, P. (2014). MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DAN BERKUALITAS Punaji Setyosari Jurusan Teknologi Pendidikan , Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Malang Jl . Semarang No . 5 Malang Jawa Timur 65145 CREATING THE EFFECTIVE AND THE QUALITY OF THE LEARNING. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), 20–30. http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/2103
Siregar, I., Satria, M. A., & Dianur, S. T. (2024). Strategi Penyelesaian Masalah Dalam Penelitian Tindakan Kelas. 1, 14–29.
Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821
Yusri, A. Z. dan D. (2020). Penelitian Tindakan Kelas. In Jurnal Ilmu Pendidikan (Vol. 7, Issue 2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Isropil Siregar, T.Salmah, Tika Hartati, Ilmi Satari Nola
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.