Strategi Penyelesaian Masalah Dalam Penelitian Tindakan Kelas
Abstract
Kualitas proses pembelajaran di kelas merupakan faktor penting yang mempunyai dampak signifikan terhadap keberhasilan keseluruhan sistem pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan strategi penyelesaian masalah dalam penelitian tindakan kelas. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan, dimana seluruh data diambil melalui buku, jurnal dan dokumen yang berkaitan dengan tema penelitian, teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat diutarakan bahwa penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan metodologi yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Dengan pendekatan siklus tindakan yang terstruktur, PTK memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi masalah pembelajaran secara sistematis, mengembangkan dan mengimplementasikan strategi intervensi yang tepat, serta melakukan evaluasi terhadap efektivitas tindakan yang telah diambil. PTK tidak hanya berdampak pada perbaikan pembelajaran siswa, tetapi juga pada pengembangan profesionalisme guru. Melalui refleksi dan analisis yang dilakukan selama siklus, guru dapat memperbaiki strategi pengajaran mereka, mengatasi hambatan yang muncul, serta meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa.
References
Bawani, M. A. F., Ashari, M. Y., & Wardani, I. K. (2024). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Kurikulum Merdeka di SMPN 1 Peterongan Jombang. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 1–11.
Daeng, N. S. (2024). Strategi Santri Pondok Pesantren Bustanul Mansuriyah Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 23–29.
Fitria, N. A., Julyanur, M. Y., & Widyanti, E. (2024). Analisis Langkah-Langkah Evaluasi Dalam Proses Belajar Mengajar. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 37–46.
Jannah, S. N. (2024). Pengelolaan Biaya Pendidikan Dalam Perspektif Pendidikan Islam. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 30–36.
Kemmis, S. Dan Mc. Taggart, R. The Action Research Planner. Victori: Deakin University Press.
Kunandar. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2008
Madya, S.. Teori dan Praktik Penelitian Tindakan. Bandung: Alfabeta, 2006.
Muhson (2006). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
McNiff, J.Action Research, Principles And Practice. New York: Routtledge, 1992.
Prawiradilaga, D.S. Prinsip Disain Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007.
Richey, R.C., Klein, J.D., dan Tracey, M.W. The Instructional Design Knowledge Base, Theory, Research And Practice. New York: Routledge, 2011.
Ridwan, S. Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jakarta: Ditjen Dikdasmen, 2005.
Sagala, S. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2012.
Salakim, M.S. xx, http://www.msainfunsalakim. Blogspot.com. 2007.
Sani, R.A dan Sudiran. Meningkatkan Profesionalisme Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2012.
Sanjaya, W.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2012.
Semiawan, C. R. Catatan Kecil Tentang Penelitian Dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2007.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung; Alfabeta, 2010
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.
Sukmadinata, N.S. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006
Suparno, P.Action Research. Riset Tindakan Untuk Pendidikan. Jakarta: Grasindo, 2008.
Uzma, Z., & Masyithoh, S. (2024). Tantangan Dan Peluang Implementasi Nilai-Nilai Akhlak Dalam Kehidupan Masyarakat. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 12–22.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Isropil Siregar, Sultan Trimurti, Ade Satria, Sanjur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.