Menemukan Kesenjangan Keberhasilan: Perspektif Baru dalam Perumusan Masalah Penelitian

Authors

  • Hasan Syahrizal Institut Agama Islam Ar-Risalah INHIL, Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/qd.v1i1.376

Keywords:

Kesenjangan Keberhasilan, Perumusan Masalah Penelitian, MPI

Abstract

Perumusan masalah penelitian selama ini umumnya berfokus pada dua pendekatan utama, yaitu kesenjangan antara teori dan praktik serta kesenjangan antara harapan dan kenyataan. Pendekatan ini cenderung menyoroti permasalahan dan kegagalan, sementara fenomena keberhasilan sering kali terabaikan. Penelitian ini bertujuan untuk menawarkan paradigma baru melalui konsep kesenjangan keberhasilan (success gap) sebagai alternatif dalam perumusan masalah penelitian, khususnya dalam konteks manajemen pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui studi pustaka dengan menelaah berbagai literatur internasional bereputasi, termasuk publikasi UNESCO, OECD, Springer, dan Taylor & Francis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan dapat menjadi objek kajian ilmiah yang penting karena mampu mengungkap faktor, strategi, dan praktik terbaik yang mendorong tercapainya capaian di atas ekspektasi. Temuan ini memberikan implikasi signifikan terhadap pengembangan teori, perumusan kebijakan berbasis bukti, dan inovasi manajemen pendidikan Islam berbasis nilai-nilai spiritual dan teknologi. Oleh karena itu, paradigma kesenjangan keberhasilan dapat dijadikan kerangka konseptual baru untuk memperluas wawasan penelitian dan meningkatkan kualitas praktik pendidikan di era transformasi digital.

References

Al-Kandari, A., & Al-Qattan, A. (2022). Best practices in educational management: Lessons from success stories. Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-030-98712-1

Cooperrider, D. L., Whitney, D., & Stavros, J. M. (2020). Appreciative inquiry: A positive revolution in change (2nd ed.). Berrett-Koehler Publishers.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). SAGE Publications.

Elsevier. (2022). Positive-oriented research in education and innovation. Elsevier Publishing. https://doi.org/10.1016/j.educres.2022.04.003

OECD. (2022). Innovative approaches in education policy: Best practices and evidence-based solutions. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/edu-innov-2022-en

Springer. (2023). Success-oriented research: Bridging gaps and discovering potentials. Springer Nature. https://doi.org/10.1007/978-3-031-08923-8

Taylor & Francis. (2023). Exploring positive gaps in research: A new paradigm for educational success. Taylor & Francis Group. https://doi.org/10.4324/9781003287632

UNESCO. (2023). AI and the future of education: Towards sustainable innovation. UNESCO Publishing. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000385500

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Hasan Syahrizal. (2025). Menemukan Kesenjangan Keberhasilan: Perspektif Baru dalam Perumusan Masalah Penelitian. QAYID : Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 34–42. https://doi.org/10.61104/qd.v1i1.376

Issue

Section

Articles