Analisis Perkembangan Moral Pada Anak Usia Dini di TK IT Qur’an Darul Izzah Solok Selatan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan moral pada anak usia dini di TK IT Qur’an Darul Izzah Solok Selatan. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Melalui cara observasi dan wawancara dengan anak usia 5 tahun di TK IT Qur’an Darul Izzah. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa perkembangan moral pada anak usia dini di TK IT Qur’an Darul Izzah belum berkembang secara optimal, yang nampak dilapangan dari perilaku anak yaitu kurang sopan, tidak menghargai, tidak mau saling tolong menolong, berkata kasar. Pentingnya adanya sebuah rangsangan dalam perkembangan moral pada anak usia dini, bukan hanya melalui pengajaran tentang nilai-nilai moral saja, akan tetapi harus ada dorongan dalam proses pendidikan dan pembelajaran moral dapat berkoordinasi melalui pemberian contoh yang baik oleh orangtua dan guru melalui kehidupan sehari-hari, serta membangun disiplin melalui pembiasaan dan aktifitas lainnya.
References
Ali, M. (2020). Menimbang Teori Perkembangan Moral Untuk Membangun Pendidikan Agama Yang Humanis-Realistis. Suhuf, 32(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.23917/Suhuf.V32i1.11033
Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Moral Dan Agama Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), Article 1.
Arifudin, O., Hasbi, I., Setiawati, E., Ma’sumah, M., Supeningsih, S., Lestariningrum, A., Suyatno, A., Umiyati, U., Fitriana, F., Puspita, Y., Saputro, A. N. C., Ma’arif, M., Harianti, R., & Sidik, N. A. H. (2021). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Cv Widina Media Utama. Https://Repository.Penerbitwidina.Com/Uk/Publications/340630/
Bawani, M. A. F., Ashari, M. Y., & Wardani, I. K. (2024). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Kurikulum Merdeka di SMPN 1 Peterongan Jombang. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 1–11.
Daeng, N. S. (2024). Strategi Santri Pondok Pesantren Bustanul Mansuriyah Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 23–29.
Dewi, M. S. (2019). Proses Pembiasaan Dan Peran Orang Terdekat Anak Sebagai Upaya Penanaman Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 3(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.29062/Seling.V3i1.201
Febriana, E. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Sentra Bermain Peran Untuk Menanamkan Nilai Moral Anak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(2), 115–130.
Fitri, M., & Na’imah, N. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Moral Pada Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–15.
Fitria, N. A., Julyanur, M. Y., & Widyanti, E. (2024). Analisis Langkah-Langkah Evaluasi Dalam Proses Belajar Mengajar. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 37–46.
Gusmayanti, E., & Dimyati, D. (2021). Analisis Kegiatan Mendongeng Dalam Meningkatkan Perkembangan Nilai Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 903–917. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i2.1062
Hasanah, U., & Fajri, N. (2022). KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 116–126. Https://Doi.Org/10.51878/Edukids.V2i2.1775
Helmawati. (2016). Pendidikan Keluarga. Remaja Rosda Karya.
Hidayah, N. (2024). Peran Guru Dalam Meningkatkan Moral Anak Usia Dini Tkit Yaa Bunayya 1 Hidayatullah Karimun Tahun 2023/2024. Unisan Jurnal, 3(1), Article 1.
Indrawati, I. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini Pada Masa Golden Age. Al-Ashlah: Journal Of Islamic Studies, 1(1), Article 1.
Jannah, S. N. (2024). Pengelolaan Biaya Pendidikan Dalam Perspektif Pendidikan Islam. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 30–36.
Mukarromah, T. T., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2020). Kultur Pengasuhan Keluarga Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), Article 1.
Purwanti, Y., & Wathon, A. (2021). Implementasi Metode Bercerita Dengan Media Boneka Jari Dalam Meningkatkan Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Sistim Informasi Manajemen, 4(1), 57–74.
Safitri, E., & Fahmy, U. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Dekadensi Moral Siswa Di SMAN 9 Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 2(1), 24–32. Https://Doi.Org/10.61104/Jq.V2i1.151
Safitri, N., Kuswanto, C. W., & Alamsyah, Y. A. (2019). Metode Penanaman Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini. Journal Of Early Childhood Education (JECE), 1(2), 29–44. Https://Doi.Org/10.15408/Jece.V1i2.13312
Supriani, Y., & Arifudin, O. (2023). Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Plamboyan Edu, 1(1), Article 1.
Uzma, Z., & Masyithoh, S. (2024). Tantangan Dan Peluang Implementasi Nilai-Nilai Akhlak Dalam Kehidupan Masyarakat. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 12–22.
Universitas Khairun, Bun, Y., Taib, B., & Mufidatul Ummah, D. (2020). Analisis Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(1), 128–137. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.2090
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nabilah Jihana, Nurfarida Deliani, Juliana Batubara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.