Implementasi Reward dan Punishment Untuk meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di TPQ Masjid Al-Furqon
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Reward (Hadiah) dan punishment (hukuman) untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik di TPQ Masjid Al-Furqon Air Pacah, Kota Padang. Teknik reward dan punishment diterapkan untuk membentuk karakter disiplin pada peserta didik, yang meliputi kedisiplinan waktu, ketertiban selama pembelajaran, dan kepatuhan terhadap aturan yang berlaku. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan reward yang berupa hadiah dalam bentuk pujian, apresiasi, hadiah dan lainnya terhadap pembentukan perilaku baik kepada peserta didik memberikan dampak positif dalam meningkatkan motivasi dalam pembelajaran dan kesadaran diri peserta didik. Sementara itu, penerapan punishment yang diterapkan secara proporsional dan tidak bersifat merendahkan, turut berkontribusi dalam menegakkan kedisiplinan dengan memberi efek jera terhadap perilaku yang tidak sesuai aturan. Secara keseluruhan, kombinasi reward dan punishment terbukti efektif dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di TPQ Masjid Al-Furqon. Penelitian ini menyarankan pentingnya pendekatan yang tegas, bijaksana serta adil dalam menerapkan kedua teknik ini untuk mencapai tujuan pembelajaran yang kondusif.
References
Chintia, N. (2017). Penerapan Reward Dan Punishment Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 1(2), 112–120.
Fadilah, M. P., Alim, W. S., Zumrudiana, A., Lestari, I. W., Baidawi, A., Elisanti, A. D., & KM, S. (2021). Pendidikan karakter. Agrapana Media. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=fcAZEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA93&dq=pendidikan+karakter&ots=4Nta6tA56Q&sig=zt_UTGHr3PLfmYpbZbMc7NhVass
Fadilah, S. N., & Nasirudin, F. (2021). Implementasi reward dan punishment dalam membentuk karakter disiplin peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Jember. EDUCARE: Journal of Primary Education, 2(1), 87–100.
Fikri, A. (2021). REWARD DAN PUNISHMENT DALAM PERSFEKTIF PENDIDIKAN ISLAM:(IMPLEMENTASI REWARD DAN PUNISHMENT DALAM PROSES KEGIATAN PEMBELAJARAN). Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Islam, 1(1). http://jurnal.stairahmaniyah.ac.id/index.php/alulum/article/view/5
Fu’ad, S. N., Khoir, N., Setiawan, S., & Rohmawati, A. (2019). Upaya meningkatkan minat belajar siswa melalui metode reward and punishment di MTs. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(2), 160–178.
Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode penelitian kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP). https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=637LEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=buku+metode+penelitian+kualitatif&ots=x40hu2k7qx&sig=DTDI0I9WRHFIRohLNtTcGGDnlqQ
Mamonto, S., Darto, W., Itsna Noor, L., I Putu Dicky, M. P., Achmad Tavip, J., M Sahrawi, S., Nur Syafi’ah, K., Jihad Achmad, G., Sudarno, S., & Nicholas, R. (2023). Disiplin dalam Pendidikan. https://repository-penerbitlitnus.co.id/id/eprint/93/
Manshur, A. (2019). Strategi Pengembangan Kedisiplinan Siswa. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 16–28.
Nata, D. H. A. (2016). Ilmu pendidikan islam. Prenada Media. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=orJADwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA77&dq=buku+ilmu+pendidikan&ots=VGIjIimPPI&sig=wJdB-zUuqvliHeEVXW-vpUvElWQ
Reski, N., Taufik, T., & Ifdil, I. (2017). Konsep diri dan kedisiplinan belajar siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 85–91.
Ummya, F. (2023). Penerapan Reward dan Punishment dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal As-Said, 3(1), 62–70.
Wani, K. E. (2022). Analisis Dampak Pemberian Reward and Punishment Pada Proses Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SDN 064955 Medan. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(3), 233–247.
Zamzami, M. R. (2015). Penerapan reward and punishment dalam teori belajar behaviorisme. TA’LIMUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 1–20.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nailus Sa'adah, Nurfarida Deliani, Juliana Batubara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.