Strategi dan Tantangan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar: Tinjauan Literatur terhadap Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat

Authors

  • Adella Zahwa Alva Nida Universitas Islam Negeri Syari Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.61104/qb.v2i1.308

Keywords:

Pendidikan Karakter, Sekolah Dasar, Peran Keluarga

Abstract

Pendidikan karakter menjadi aspek fundamental dalam membentuk kepribadian anak sejak usia dini, khususnya pada jenjang sekolah dasar. Peran keluarga, sekolah, dan masyarakat sangat menentukan dalam menginternalisasi nilai-nilai moral, etika, dan integritas melalui pengalaman hidup, pembelajaran aktif, serta budaya sosial yang positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi dan tantangan implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar melalui pendekatan studi pustaka. Data dikumpulkan dari sepuluh literatur akademik yang relevan dan dianalisis menggunakan metode analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter dapat dilakukan melalui pengalaman hidup, lingkungan keluarga, sistem pendidikan sekolah, dan budaya masyarakat. Strategi yang efektif melibatkan metode pembelajaran bermakna, lingkungan belajar yang kondusif, keteladanan guru, serta kolaborasi antara orang tua dan komunitas. Pendidikan karakter terbukti meningkatkan empati, tanggung jawab, kemandirian, dan integritas siswa. Implikasi dari temuan ini menegaskan pentingnya perumusan model pendidikan karakter yang sistematis, kontekstual, dan berkelanjutan dalam kerangka kebijakan nasional pendidikan di Indonesia.

References

CHARACTER BUILDING (Membangun Character Siswa Menjadi Pribadi Unggul). (n.d.).

Hazizah Isnaini, & Robie Fanreza. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter di Sekolah. Semantik : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(4), 279–297. https://doi.org/10.61132/semantik.v2i4.1130

Insani Setyowati, R., Hayeemaming, M., & Muzayin Shofwan, A. (2023). Character Building Strategy In Early Children. 1(3), 129.

Khansa, A. M., Utami, I., & Devianti, E. (2020). Analisis Pembentukan Karakter Siswa Di Sdn Tangerang 15. In Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 4, Issue 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia

Lestari, K. A., Julia, A., Putri, N. A., Darusalam, M. R., Caturiasari, J., & Wahyudin, D. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Moral Anak Sekolah Dasar. Jurnal Sinektik, 6(2), 97–105. https://doi.org/10.33061/js.v6i2.9085

Ngamanken, S. (2014). Pentingnya Pendidikan Karakter (Vol. 5, Issue 1).

Ningsih, W., & Al-Kifayah Riau, S. (n.d.). Pendidikan Karakter. https://www.researchgate.net/publication/375029286

Nofika, Y. (2025). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Edusiana: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 119–128. https://doi.org/10.70437/edusiana.v2i2.942

Pia Amelia, Desty Endrawati Subroto, & Dwi Lestio Wulandari. (2025). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Ilmu, 2(2), 26–30. https://doi.org/10.69714/tgk98v43

Rahmania, Parhiyangan, A. P., Izzatunnajiah, Suptiani, Y., & Azmi, N. (2025). Pentingnya Pendidikan Karakter di Sekolah: Membangun Generasi Yang Beretika dan Bertanggung Jawab. SEMESTA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 3(1), 28–33. https://doi.org/10.70115/semesta.v3i1.235

Utami, I., Khansa, A. M., & Devianti, E. (2020). Analisis Pembentukan Karakter Siswa di SDN Tangerang 15. FONDATIA, 4(1), 158–179. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.466

Downloads

Published

2025-07-22

How to Cite

Adella Zahwa Alva Nida. (2025). Strategi dan Tantangan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar: Tinjauan Literatur terhadap Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat . QOUBA : Jurnal Pendidikan, 2(1), 127–135. https://doi.org/10.61104/qb.v2i1.308

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.