Strategi dan Tantangan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar: Tinjauan Literatur terhadap Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat
DOI:
https://doi.org/10.61104/qb.v2i1.308Keywords:
Pendidikan Karakter, Sekolah Dasar, Peran KeluargaAbstract
Pendidikan karakter menjadi aspek fundamental dalam membentuk kepribadian anak sejak usia dini, khususnya pada jenjang sekolah dasar. Peran keluarga, sekolah, dan masyarakat sangat menentukan dalam menginternalisasi nilai-nilai moral, etika, dan integritas melalui pengalaman hidup, pembelajaran aktif, serta budaya sosial yang positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi dan tantangan implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar melalui pendekatan studi pustaka. Data dikumpulkan dari sepuluh literatur akademik yang relevan dan dianalisis menggunakan metode analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter dapat dilakukan melalui pengalaman hidup, lingkungan keluarga, sistem pendidikan sekolah, dan budaya masyarakat. Strategi yang efektif melibatkan metode pembelajaran bermakna, lingkungan belajar yang kondusif, keteladanan guru, serta kolaborasi antara orang tua dan komunitas. Pendidikan karakter terbukti meningkatkan empati, tanggung jawab, kemandirian, dan integritas siswa. Implikasi dari temuan ini menegaskan pentingnya perumusan model pendidikan karakter yang sistematis, kontekstual, dan berkelanjutan dalam kerangka kebijakan nasional pendidikan di Indonesia.
References
CHARACTER BUILDING (Membangun Character Siswa Menjadi Pribadi Unggul). (n.d.).
Hazizah Isnaini, & Robie Fanreza. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter di Sekolah. Semantik : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(4), 279–297. https://doi.org/10.61132/semantik.v2i4.1130
Insani Setyowati, R., Hayeemaming, M., & Muzayin Shofwan, A. (2023). Character Building Strategy In Early Children. 1(3), 129.
Khansa, A. M., Utami, I., & Devianti, E. (2020). Analisis Pembentukan Karakter Siswa Di Sdn Tangerang 15. In Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 4, Issue 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia
Lestari, K. A., Julia, A., Putri, N. A., Darusalam, M. R., Caturiasari, J., & Wahyudin, D. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Moral Anak Sekolah Dasar. Jurnal Sinektik, 6(2), 97–105. https://doi.org/10.33061/js.v6i2.9085
Ngamanken, S. (2014). Pentingnya Pendidikan Karakter (Vol. 5, Issue 1).
Ningsih, W., & Al-Kifayah Riau, S. (n.d.). Pendidikan Karakter. https://www.researchgate.net/publication/375029286
Nofika, Y. (2025). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Edusiana: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 119–128. https://doi.org/10.70437/edusiana.v2i2.942
Pia Amelia, Desty Endrawati Subroto, & Dwi Lestio Wulandari. (2025). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Ilmu, 2(2), 26–30. https://doi.org/10.69714/tgk98v43
Rahmania, Parhiyangan, A. P., Izzatunnajiah, Suptiani, Y., & Azmi, N. (2025). Pentingnya Pendidikan Karakter di Sekolah: Membangun Generasi Yang Beretika dan Bertanggung Jawab. SEMESTA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 3(1), 28–33. https://doi.org/10.70115/semesta.v3i1.235
Utami, I., Khansa, A. M., & Devianti, E. (2020). Analisis Pembentukan Karakter Siswa di SDN Tangerang 15. FONDATIA, 4(1), 158–179. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.466
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adella Zahwa Alva Nida

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.