Peran Orang Tua terhadap Proses Belajar di SDN Gedangsewu 2

Authors

  • Karisa Eka Saputri Universitas Hasyim Asy'ari
  • Ahmad Faizi Universitas Hasyim Asy’ari
  • Istifia Nur Wijaya Universitas Hasyim Asy’ari
  • Rohmatus Sakdiyah Universitas Hasyim Asy’ari
  • Aris Riduwan Pratama Universitas Hasyim Asy’ari
  • M. Fahmi Jazuli Universitas Hasyim Asy’ari

DOI:

https://doi.org/10.61104/qb.v2i1.233

Abstract

Keluarga merupakan unit sosial dasar dalam masyarakat yang berperan penting dalam membentuk karakter dan kepribadian anak. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi bentuk keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak di SDN Gedangsewu 2, Kediri, serta mengidentifikasi hambatan dan strategi peningkatan partisipasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi literatur terhadap tiga orang tua dan tiga guru. Hasil penelitian ini  menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua di rumah mencakup pembentukan karakter, kedisiplinan, dan dukungan emosional, sementara di sekolah meliputi komunikasi dengan guru dan partisipasi kegiatan. Kendala utama yang dihadapi adalah tekanan ekonomi, keterbatasan waktu, dan rendahnya literasi digital. Studi ini merekomendasikan strategi kolaboratif antara sekolah dan keluarga, seperti pelatihan parenting, kunjungan rumah, serta pemanfaatan media digital untuk memperkuat peran orang tua dalam pendidikan anak

 

References

Ahmadi. (2008). 13138-ID-hak-dan-kewajiban-keluarga-menurut-undang-undang-nomor-1-tahun-1974-tentang-perk.pdf.

Framanta, G. (2020). Pengaruh lingkungan keluarga terhadap kepribadian anak. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2, 126–129. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.654

Geniora. (2020). Peranan penting orang tua dalam proses belajar anak. https://geniora.com

Jeynes. (2011). Parental involvement and academic success.

Khairuddin. (2008). Sosiologi keluarga. Yogyakarta: Liberty.

M.F. Drummond, Sculpher, M. J., Claxton, K., Stoddart, G. L., & Torrance, G. W. (2015). Methods for the economic evaluation of health care programmes (4th ed.). Oxford University Press.

Muthmainah. (2019). Pengaruh kompetensi sosial guru dan asuh orang tua terhadap iklim belajar di kelas IX SMP Muhammadiyah Serpong, Tangerang Selatan, Banten. Proceedings.

Mukhlis. (2023). Pengaruh lingkungan keluarga terhadap perkembangan anak usia dini di bidang literasi. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 405–415.

Onatsu-Arvilommi, T., & Nurmi, J. (1997). Family background and problems at school and in society: The role of family composition, emotional atmosphere, and parental education. European Journal of Psychology of Education. https://doi.org/10.1007/BF03172879

Salfadilah, F., Wibowo, Y. R., Supriadi, M., Amanabella, M., Hasanah, U., & Malahati, F. (2023). Peran orang tua dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada jenjang sekolah dasar: Systematic literature review. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1739. https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2714

Sari, L. I. (2021). Pengaruh lingkungan keluarga terhadap pendidikan anak. Jurnal Mahasiswa STKIP AL Maksum Langkat, 2(1), 29–34

Downloads

Published

2025-06-14

How to Cite

Karisa Eka Saputri, Ahmad Faizi, Istifia Nur Wijaya, Rohmatus Sakdiyah, Aris Riduwan Pratama, & M. Fahmi Jazuli. (2025). Peran Orang Tua terhadap Proses Belajar di SDN Gedangsewu 2. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 2(1), 43–48. https://doi.org/10.61104/qb.v2i1.233

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)