Implementasi Bimbingan Literasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa SD di Desa Gedangsewu

Authors

  • Wulan Maulidatun Nisa Universitas Hasyim Asy’ari
  • Ahmad Faizi Universitas Hasyim Asy’ari
  • Nurul Izzah Universitas Hasyim Asy’ari
  • Anis Ainuril Magfiroh Universitas Hasyim Asy’ari
  • Sandi Tri Nugroho Universitas Hasyim Asy’ari
  • Mohamad Fa’is Dwi Prasetyo Universitas Hasyim Asy’ari
  • Mohammad Gayuh Pratama Universitas Hasyim Asy’ari

DOI:

https://doi.org/10.61104/qb.v2i1.270

Abstract

Rendahnya literasi membaca siswa sekolah dasar, khususnya di wilayah pedesaan seperti Desa Gedangsewu, menunjukkan perlunya intervensi yang kontekstual dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pelaksanaan dan dampak bimbingan literasi oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) di SD Desa Gedangsewu. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan desain studi kasus, data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan kuesioner yang melibatkan 20 siswa dan orang tua mereka. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kelancaran membaca, pemahaman isi, dan kepercayaan diri siswa setelah mengikuti program literasi interaktif dan ramah anak selama empat minggu. Penelitian ini menyimpulkan bahwa bimbingan literasi yang melibatkan kolaborasi antara mahasiswa, guru, dan orang tua dapat secara efektif meningkatkan keterampilan membaca siswa di daerah yang kurang terlayani. Model ini dapat dijadikan rujukan praktis dalam inisiatif literasi pendidikan dasar di masa mendatang.

References

Agustinus, H. (2019). Strategi meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui bimbingan literasi. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 55–65.

Agustinus, R. (2019). Strategi pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ahmadi, A., & Ibda, H. (2018). Pendidikan literasi: Teori dan praktik. Yogyakarta: Deepublish.

Ahmadi, F., & Ibda, H. (2018). Media literasi sekolah: Teori dan praktik. CV Pilar Nusantara.

Chumaidah, S., Nurhidayati, & Marwanti, E. (2020). Peningkatan literasi siswa melalui pendekatan interaktif. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(2), 101–110.

Kemendikbud. (2021). Buku saku gerakan literasi nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kemendikbud. (2021). Panduan implementasi gerakan literasi sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Mulyasa, E. (2015). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, E. (2015). Menjadi guru profesional: Strategi meningkatkan kualitas guru di era global. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nudiati, D., & Sudiapermana, E. (2020). Literasi sebagai kecakapan hidup abad 21 pada mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 34–40.

Sulistyo, G. H. (2012). Reading for meaning: Teori dan aplikasi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2), 100–109.

Sulistyo, G. H. (2012). Reading for meaning. Malang: UM Press.

Tarigan, H. G. (2008). Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Zuhairi, A. (2020). Analisis rendahnya kemampuan membaca siswa di daerah pedesaan. Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah, 9(1), 45–53.

Zuhairi, A. (2020). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui bimbingan literasi. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 45–52.

Downloads

Published

2025-06-19

How to Cite

Wulan Maulidatun Nisa, Ahmad Faizi, Nurul Izzah, Anis Ainuril Magfiroh, Sandi Tri Nugroho, Mohamad Fa’is Dwi Prasetyo, & Mohammad Gayuh Pratama. (2025). Implementasi Bimbingan Literasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa SD di Desa Gedangsewu. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 2(1), 96–103. https://doi.org/10.61104/qb.v2i1.270

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)