Peningkatan Kedisiplinan Siswa Kelas IV Melalui Pendekatan Pendidikan Karakter di SDN Gedangsewu 2
DOI:
https://doi.org/10.61104/qb.v2i1.263Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat kedisiplinan siswa kelas IV di SDN Gedangsewu 2 serta mengeksplorasi strategi peningkatan melalui pendekatan pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus fenomenologis, yang mencakup observasi, wawancara, dan analisis dokumen terhadap 25 siswa. Data dievaluasi menggunakan kerangka Miles dan Huberman, yang mencakup proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan menunjukkan bahwa pada minggu pertama, siswa menunjukkan kedisiplinan yang kurang, terutama dalam menjaga ketertiban kelas, ketepatan waktu, dan kebersihan lingkungan. Namun, setelah penerapan strategi perbaikan seperti peningkatan pengawasan, pemberian contoh perilaku, motivasi, dan dukungan, terjadi perubahan positif yang signifikan pada minggu kedua. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan kedisiplinan berbasis karakter secara berkelanjutan dan kolaboratif antara pendidik dan siswa dapat secara signifikan meningkatkan kepatuhan terhadap peraturan sekolah. Penelitian ini menyoroti peran penting lingkungan sekolah dalam membentuk kedisiplinan siswa sejak usia dini
References
Ali Imron. (2011). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara. Jurnal kreatif universitas pakuan.
Amelia, N., Dafit, F. (2023). Strategi Guru dalam Menanamkan Karakter Disiplin Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 142-149. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.59956
Baqi, S. Al, A, A. L., & Dwiyoga, T. S. (2017). Faktor Pendukung Motivasi Berperilaku Disiplin Pada Santri Pondok Pesantren. Educan : Jurnal https://doi.org/10.21111/educan.v1i1.1300.
Febriyanto, B., Patimah, D. S., Rahayu, A. P., & Masitoh, E. I. (2020). Pendidikan karakter dan nilai kedisiplinan peserta didik di sekolah. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 85-91.
Harapan, E., Ahmad, S., & MM, D. (2022). Komunikasi antarpribadi: Perilaku insani dalam organisasi pendidikan.
Karlos, Y., Akip, M., Permatasari, R. (2024). Analisis Kedisiplinan Belajar pada Siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 06 Emang Bemban. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah dasar, 2(2), 22-26.
Salsabila, T., Ansya, Y. A., Siregar, Y. D., Agustina, S., Munthe, A. C., Ronauli, A., Ginting, A. P. (2024). Analisis Nilai Kedisiplinan Siswa di UPT SD Negeri 060796 Medan. Guru Kita, 9(1), 12-21. https://doi.org/10.24114/jgk.v9i1.64239
Suryanto, S. (2018). Kedisiplinan dalam Pendidikan Sekolah Dasar. Yogyakarta: Andi Publisher.
Syamsuddin, S. (2021). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar: Teori dan Praktik Pembentukan Karakter Siswa. Jakarta: Bumi Aksara.
Taufiq, A. (2023). Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Pencapaian Prestasi Akademik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 17(2), 215-223.
Utomo, W. A., Refiane, F., Nugroho, A. A., Maryati. (2023). Pemahaman Hak dan Kewajiban Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 9(2), 826-830. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio
Yuningsih, I., & Masyithoh, S. (2023). Semangat Belajar Siswa MI/SD dan Pengaruh Penggunaan Gadget. Pendidikan Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 11–20.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Luk Luatul Ilmiyyah, Ayusi Rahma Murohamma, Rana Wahyu Fathimah, Muchdor Bafaqih, Ar Ridho Ady Prasetyo, Ahmad Faizi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.