Identifikasi Perkembangan Minat Ekstrakurikuler Futsal Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Cengal

Authors

  • Rio Universitas Teknokrat Indonesia
  • Arifai Universitas Teknokrat Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61104/qouba.v1i2.194

Abstract

Perkembangan minat siswa terhadap ekstrakurikuler futsal di SMA N 1 Cengal bersifat dinamis dan dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik dari dalam maupun luar diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan minat siswa kelas 11 terhadap ekstrakurikuler futsal serta faktor-faktor yang berperan dalam perubahan tersebut. Metode yang digunakan adalah survei deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, di mana data diperoleh melalui kuesioner yang diberikan kepada siswa kelas 11 yang aktif atau berminat dalam kegiatan futsal. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat siswa dibandingkan tahun sebelumnya, dengan faktor utama yang berkontribusi meliputi dukungan teman sebaya, fasilitas sekolah yang memadai, serta pencapaian tim futsal sekolah. Selain itu, motivasi intrinsik, seperti kecintaan terhadap olahraga dan keinginan untuk mengembangkan keterampilan, juga berperan penting dalam meningkatnya minat siswa. Namun, masih terdapat beberapa kendala yang dihadapi, seperti keterbatasan waktu akibat jadwal akademik yang padat serta persaingan dalam seleksi anggota tim utama. Secara keseluruhan, perkembangan minat terhadap ekstrakurikuler futsal di SMA N 1 Cengal menunjukkan tren positif, sehingga diperlukan dukungan lebih lanjut dari sekolah untuk mempertahankan serta meningkatkan antusiasme siswa.

References

Akurat. Y, Maksum. A, “Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Partisipasi Siswa Putri Dalam Ekstrakurikuler Futsal di SMAN 18 Surabaya”. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 2021.

Ardiansyah, Maisah, & Lukman, H. (2023). Analisis SWOT dan Pemetaan Strategi Lembaga Pendidikan Islam (Studi di SMAN 1 Bungo Provinsi Jambi). Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 39–58.

Dian, K., Maisah, & Lukman, H. (2023). Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Standar Operasional Pendidikan (Studi di MTsN 3 Tulungagung, Jambi). Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 83–98.

Getar, R. P., Su’aidi, & Minnah, E. W. (2023). Meramalkan Kebijakan Pendidikan Islam Dalam Menguatkan Penanaman Nilai-Nilai Islam Pada Lembaga Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 59–70.

Hasan, S., Iskandar, & Martinis, Y. (2023). Perspektif Psikologi Pendidikan Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 1–9.

Indra, W. F. F., & Syahrizal, H. (2023). Digitalisasi Lembaga Pendidikan dalam Menghadapi Perkembangan dan Kemajuan Teknologi Informasi Dunia Pendidikan. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 26–38.

Ksanjaya. R, Rahayu. E. T, “Motivasi Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal di SMA Negeri 1 Blanakan”. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2022.

Maimunah, P. H. H., Minnah, E. W., & Su’aidi. (2023). Proses Membuat Kebijakan-Kebijakan Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 99–108.

Nidia, S., & Iskandar. (2023). Kontribusi Psikologi Dalam Manajemen Pengelolaan Kelas. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 18–25.

Saidin, Maisah, & Lukman, H. (2023). Urgensi Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 10–17.

Usman, F., Dwi, G. A. P., M.Fadhil, & M.Yudha. (2023). Strategi Guru Al-Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTS Qiro’atul Qur’an Sungai Binjai. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 9–23.

Valentino. R. F, Iskandar. M, “Identifikasi Minat Siswa Pada Ekstrakurikuler Sepak Bola”. Jurnal Master Penjas & Olahraga, 2020.

Downloads

Published

2025-03-01

How to Cite

Rio, & Arifai. (2025). Identifikasi Perkembangan Minat Ekstrakurikuler Futsal Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Cengal. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 1(2), 27–33. https://doi.org/10.61104/qouba.v1i2.194

Issue

Section

Articles