Pengaruh Permainan Bulu Tangkis Terhadap Fokus Dan Prestasi Akademik Siswa Kelas X SMA Pangudi Luhur Bandar Lampung

Authors

  • Joko Sutianto Universitas Teknokrat Indonesia
  • Arifai Universitas Teknokrat Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61104/qouba.v1i2.11

Abstract

Fokus dan pencapaian akademik siswa dapat dipengaruhi oleh berbagai aspek, salah satunya adalah partisipasi dalam aktivitas fisik seperti bulu tangkis. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak permainan bulu tangkis terhadap tingkat fokus dan prestasi akademik siswa kelas 10 SMA Pangudi Luhur Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu, yang melibatkan kelompok eksperimen yang rutin bermain bulu tangkis serta kelompok kontrol yang tidak terlibat dalam aktivitas tersebut. Data dikumpulkan melalui tes fokus, analisis nilai akademik, dan angket mengenai kebiasaan olahraga siswa. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa siswa yang aktif bermain bulu tangkis mengalami peningkatan fokus yang lebih signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol, sebagaimana terlihat dari hasil tes konsentrasi yang lebih baik. Selain itu, rata-rata nilai akademik siswa yang berpartisipasi dalam bulu tangkis cenderung lebih tinggi daripada siswa yang tidak terlibat dalam olahraga tersebut, terutama dalam mata pelajaran yang membutuhkan konsentrasi tinggi seperti Matematika dan Fisika. Temuan ini menunjukkan bahwa keterlibatan dalam aktivitas fisik seperti bulu tangkis dapat menjadi pendekatan yang efektif untuk meningkatkan fokus serta prestasi akademik siswa.

References

Ardiansyah, Maisah, & Lukman, H. (2023). Analisis SWOT dan Pemetaan Strategi Lembaga Pendidikan Islam (Studi di SMAN 1 Bungo Provinsi Jambi). Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 39–58.

Dian, K., Maisah, & Lukman, H. (2023). Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Standar Operasional Pendidikan (Studi di MTsN 3 Tulungagung, Jambi). Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 83–98.

Getar, R. P., Su’aidi, & Minnah, E. W. (2023). Meramalkan Kebijakan Pendidikan Islam Dalam Menguatkan Penanaman Nilai-Nilai Islam Pada Lembaga Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 59–70.

Hasan, S., Iskandar, & Martinis, Y. (2023). Perspektif Psikologi Pendidikan Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 1–9.

Indra, W. F. F., & Syahrizal, H. (2023). Digitalisasi Lembaga Pendidikan dalam Menghadapi Perkembangan dan Kemajuan Teknologi Informasi Dunia Pendidikan. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 26–38.

Maimunah, P. H. H., Minnah, E. W., & Su’aidi. (2023). Proses Membuat Kebijakan-Kebijakan Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 99–108.

Nidia, S., & Iskandar. (2023). Kontribusi Psikologi Dalam Manajemen Pengelolaan Kelas. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 18–25.

Saidin, Maisah, & Lukman, H. (2023). Urgensi Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 10–17.

Setiawan, H. Syafei, M. M, Suherman, A. “Pengaruh Model Teaching Games for Understanding Terhadap Peningkatan Kemampuan Pukulan Servis Pendek dalam Pembelajaran Bulutangkis.” Jurnal Porkes, 2024.

Taufan, A. Darmawan, G. “Pengaruh Media Shuttlecock Gantung Terhadap Hasil Belajar Lob Bulutangkis (Studi Pada Kelas X SMA Negeri 14 Surabaya).” Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 2014: 772-777.

Usman, F., Dwi, G. A. P., M.Fadhil, & M.Yudha. (2023). Strategi Guru Al-Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTS Qiro’atul Qur’an Sungai Binjai. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 9–23.

Zultaniah, A. “Pengaruh Model Pembelajaran (TGFU) Terhadap Hasil Belajar Servis Bulutangkis Siswa SMA Negeri 3 Takalar.” 2019

Downloads

Published

2025-03-01

How to Cite

Joko Sutianto, & Arifai. (2025). Pengaruh Permainan Bulu Tangkis Terhadap Fokus Dan Prestasi Akademik Siswa Kelas X SMA Pangudi Luhur Bandar Lampung. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 1(2), 55–60. https://doi.org/10.61104/qouba.v1i2.11

Issue

Section

Articles