Analisis Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar, Upaya Pemerintah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Indonesia

Authors

  • Ahmad Sulaeman Nagib Ridlwan Universitas PTIQ Jakarta
  • Suparto Universitas PTIQ Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.61104/qb.v2i1.300

Keywords:

Kebijakan, Kurikulum Merdeka, Tantangan dan Strategi

Abstract

Perubahan kurikulum di Indonesia merupakan respons terhadap dinamika sosial dan tantangan global yang memengaruhi mutu pendidikan nasional. Salah satu reformasi terkini adalah penerapan Kurikulum Merdeka yang dirancang untuk memberikan keleluasaan pembelajaran sesuai konteks lokal dan kebutuhan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis arah kebijakan Kurikulum Merdeka dan strategi implementasinya sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi literatur terhadap sumber-sumber ilmiah, dokumen kebijakan, serta artikel akademik yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka menekankan pembelajaran berbasis proyek, penguatan karakter melalui Profil Pelajar Pancasila, fleksibilitas bagi sekolah, serta pemanfaatan teknologi digital. Kendala utama dalam penerapan kurikulum ini meliputi kesiapan guru, keterbatasan infrastruktur, dan ketimpangan mutu pendidikan antarwilayah. Implikasi dari temuan ini menunjukkan perlunya kebijakan yang konsisten, dukungan pelatihan, serta kolaborasi lintas sektor guna memastikan keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka secara merata dan berkelanjutan

References

Awalludin, et.al. (2024). Prinsip dan Faktor Yang Mempengaruhi Kurikulum Merdeka. jurnal Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa, 121.

Dini, F, et.al. (2023). Perkembangan Kurikulum Di Indonesia Dalam Perspektif Sejarah. Al-Idaroh Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 198.

Febriana, N. (2024). Tantangan dan Peluang Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Akuntansi di SMK Markus 1 Medan. jurnal Yayasan Literasi Emas Nusantara, 23.

https://mtsn8sleman.sch.id/blog/implementasi-kurikulum-merdeka-peluang-dan-tantangan/

https://s3mp.fip.unesa.ac.id/post/tantangan-dan-strategi-implementasi-kurikulum merdeka

Iwan, H. (2019) Metodologi Penelitian Pendidikan dan Mixed methode. Kuningan: Hidayatul Qur’an, 18.

Kemdikbud RI. Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka (16 Februari 2022), 9.

Kemdikbud. Merdeka Belajar. Paparan Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran (27 Maret 2024), 4. Lihat juga Syafi’i, Fahrian Firdaus. "Merdeka belajar: sekolah penggerak." In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. 2022.

Musyarrafah S, K. (2024). Memahami Prinsip-Prinsip Kurikulum Merdeka: Teori Dan Aplikasi Dalam Pembelajaran. Hulu Sungai Utara: PT. Literatus Digitus Indonesia, 11-22.

Nadziroh, F et.al. (2023). Pengembangan Sistem Pembelajaran Nasional, Batam: Yayasan Cendikia Mulia Mandiri, 16.

S Aslam., Zahra, S. (2020). The Impact of the Independent Curriculum on Students Creativity, Journal of Education and Practice, 56-63.

Sunarni. Hari, K. (2023) Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Journal on Education, 1614.

Tim Penyusun. Kajian Akademik Kurikulum Merdeka Maret 2024. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2024), 20.

Downloads

Published

2025-07-11

How to Cite

Ahmad Sulaeman Nagib Ridlwan, & Suparto. (2025). Analisis Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar, Upaya Pemerintah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Indonesia. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 2(1), 119–126. https://doi.org/10.61104/qb.v2i1.300

Issue

Section

Articles