Kepemimpinan Dalam Organisasi Pendidikan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memahami kepemimpinan dalam organisasi pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan library research, dengan cara pengumpulan bahan pustaka, membaca, mencatat, dan memproses bahan penelitian. Melalui studi kepustakaan, didapatkan hasil bahwa; Pemimpin pendidikan harus mampu melakukan reformasi dalam proses pendidikan, dengan tekanan menciptakan sistem pendidikan yang lebih komprehensif dan fleksibel. Kepemimpinan pendidikan sekolah harus mampu menyesuaikan program pengajaran dengan kebutuhan sekolah, mempromosikan kerja tim di antara guru, terlibat dalam pemantauan, evaluasi, pengembangan profesional guru, melakukan hubungan personal dalam mengarahkan, mengorganisir, mengkoordinir dan mengawasi bawahan untuk mencapai tujuan bersama, mampu memberikan visi ke depan (visionary), memiliki gairah dan semangat yang tinggi (passionate), kreatif, fleksibel, menginspirasi, inovatif, berani, dan mengeksperimen imajinasi untuk memulai perubahan kearah yang lebih baik.
References
Agustinus Hermino, Kepemimpinan Pendidikan di Era Globalisasi, Yogyakarta: Pelajar Pustaka, 2014
Alma Kharissmawati, Sayan Suryana, Ceceng Syarif Husein. Kepemimpinan Dalam Organisasi Pendidikan Abad Ke-21. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran). Volume 6 Nomor 4 Tahun 2023. DOI : 10.31604/ptk.v6i4.715-722
Abdul Wahab Syakhrani. Peran Kritis Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Kualitas Manajemen Pendidikan. Jurnal Ilmiah Edukatif. Volume 10Nomor 02, Desember2024, Halaman 168-177. https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/edukatif/article/view/3254/2401
Binti Nasukah, Sulistyorini, Endah Winarti. Peran Komunikasi Efektif Pemimpin Dalam Meningkatkan Kinerja Institusi. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol. 04 No. 01 (2020): 81-93 DOI: http://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i1.899 https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/al-tanzim/index
Bawani, M. A. F., Ashari, M. Y., & Wardani, I. K. (2024). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Kurikulum Merdeka di SMPN 1 Peterongan Jombang. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 1–11.
Daeng, N. S. (2024). Strategi Santri Pondok Pesantren Bustanul Mansuriyah Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 23–29.
E. Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004
Fatah Syukur NC, Manajemen Pendidikan Berbasis Pada Madrasah, Semarang : Pustaka Rizki Putra, 2011
Fitria, N. A., Julyanur, M. Y., & Widyanti, E. (2024). Analisis Langkah-Langkah Evaluasi Dalam Proses Belajar Mengajar. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 37–46.
Hidayat, R, Ulya, H., Pakuan, D., … S. A. J. K, & 2019, undefined. (n.d). kompetensi kepala sekolah abad 21: sebuah tujuan teoritis. Scholar.Archive.Org. Retrieved May 8, 2022, https://scholar.archive.org/work/v vvsewb6nnbllpdfu2m34m26xq/access/wayback/https://ejurnal.stkip-pessel.ac.id/index.php/kp/article/d ownload/394/252
https://pgsd.binus.ac.id/2018/11/23/kepemimpinan-pendidikan-indonesia-pada-era-milenium/
Ibrahim Bafadal, Peningkatan Profesionalisme Guru, Jakarta : Bumi Aksara, 2003
Iskandar Agung,Yufridawati, Pengembangan Pola Kerja Harmonis dan Sinergis Antara Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas, Jakarta : Bestari Buana Murni, 2013
Jannah, S. N. (2024). Pengelolaan Biaya Pendidikan Dalam Perspektif Pendidikan Islam. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 30–36.
Mai Syaroh, Jamrizal, Lukman Hakim. Kepemimpinan Dan Perilaku Organisasi Pendidikan(Kepemimpinan Dalam Pendidikan). COMSERVA. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Volume 03No. 03 Juli 2023(1189-1200). DOI:10.59141/comserva.v3i03.854. https://comserva.publikasiindonesia.id/index.php/comserva/article/view/835/1138
Margono, Educational Leadership Malang: UIN Malang Press, 2009
M. Ngalim Purwanto, Administrasi dan Supervisi Pendidikan . Bandung: Rosda Karya, 2010
Mahmud. Sosiologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. 2012.
Nanang Fattah, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2011
Oemar Hamalik. Tekhnologi Pendidikan (Bandung: Yayasan Partisipasi Pembangunan Indonesia Biro Penulisan Buku. 2000
Rohmat, Kepemimpinan Pendidikan Strategi Menuju Sekolah Efektif , Yogyakarta: Cahaya Ilmu, 2010
Rais Hidayat, Yuyun Elizabeth Patras. Pemetaan Jenis, Indikator dan Kegunaan Kepemimpinan Pendidikan: Kajian Literatur dari Situs Indonesian Publication Index (IPI). KELOLA: Jurnal Manajemen Pendidikan, Magister Manajemen Pendidikan FKIP Universitas Kristen Satya Wacana. Volume: 5, No. 2, Juli-Desember 2018
Sulistyorini, Manajemen Pendidikan Islam Konsep, Strategi, dan Aplikasi, Yogyakarta : Teras, 2009
Sudirman Danim, Visi Baru Manajemen Sekolah dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik, Jakarta : PT Bumi Aksara, 2012
Sari, Milya. 2020. “NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA , ISSN: 2715-470X ( Online ), 2477 –6181 ( Cetak ) Penelitian Kepustakaan (Library Research ) dalam Penelitian Pendidikan IPA.”
S.Pamudji. Kepemimpinan Pemerintahan Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara, Anggota IKAPI, 1993
Sudarwan Danim, Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok Jakarta: Rineka Cipta, 2004
Syafaruddin dan Nurmawati, Pengelolaan Pendidikan, Medan: Perdana Publishing, 2011
Syafaruddin. llmu Pendidikan: Persfektif Baru Rekonstruksi. Bandung: Cita Pustaka Media. 2005.
Uzma, Z., & Masyithoh, S. (2024). Tantangan Dan Peluang Implementasi Nilai-Nilai Akhlak Dalam Kehidupan Masyarakat. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 12–22.
Umar Tirtarahardja dan S.L. La Sulo. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2005
Wulandari, Rusdinal, Nurhizrah Gistituati. Analisis Teori Kepemimpinan dalam Organisasi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 Nomor 5 Tahun 2021 Halm 2911 – 2918. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
Zulia Putri Perdana, et al. Literature review guide. PT. Nas Media Pustaka. 2021
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Irjus Indrawan, Fiddian Khairudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.