Spiritualitas dan Media Sosial: Eksplorasi Peran Konten Agama di Instagram dalam Meningkatkan Ketenangan Batin Remaja

Authors

  • Dian Nur Hikmah UIN Palangka Raya
  • Surawan Surawan UIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.61104/qb.v2i1.249

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran konten agama di Instagram dalam meningkatkan ketenangan batin remaja, dengan fokus pada bagaimana platform media sosial dapat menjadi sarana spiritualitas di era digital. Berdasarkan survei yang dilakukan terhadap 28 remaja berusia 18–22 tahun, mayoritas responden menyatakan bahwa konten agama di Instagram, seperti kutipan ayat suci, ceramah singkat, dan video motivasi Islami, memberikan dampak positif terhadap ketenangan batin mereka. Sebanyak 82% responden merasa lebih tenang setelah mengonsumsi konten tersebut, sementara 71% mengaku lebih sering membaca konten agama di Instagram dibandingkan sumber lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi pustaka untuk menganalisis bagaimana konten agama memengaruhi psikologi remaja, dengan teori spiritualitas dan media sosial sebagai landasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Instagram tidak hanya berfungsi sebagai platform hiburan, tetapi juga sebagai ruang spiritual yang mendukung remaja dalam menghadapi tekanan hidup. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman tentang bagaimana media sosial dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan mental melalui pendekatan spiritual

References

Amani, N., Prasetya, R. Y., Rahman, A. H., & Elmira, A. (2024). Dinamika Pluralisme Agama dalam Masyarakat Kontemporer. RELIGI: Jurnal Studi Agama-Agama, 20(01).

Anjani, M. A., & Rahman, E. T. (2025). Personal Branding Mubalig Di Media Sosial. Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 10(1), 79-102.

Ayu, N. L. (2021). Pengaruh media sosial terhadap perilaku keagamaan mahasiswa. Sosio Religia: Jurnal Sosiologi Agama, 2(2), 1–15

Bramantio, R. (2023). Strategi Pembinaan Akhlak pada Remaja dalam membentuk Karakter Religius (Studi Kasus di Masjid Al-Muharram, Juwangen, Purwomartani, Kalasan, Sleman, DIY) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).

Dewinda, H. R., Fitria, L., & Wijaya, I. (2024). Resiliensi remaja. Scopindo Media Pustaka.

Hamdanah, H., & Surawan, S. (2022). Remaja dan dinamika: Tinjauan psikologi dan pendidikan. K-Media.

Hasan, M. S., & Hamidah, F. (2024). Budaya Tabligh Di Media Sosial: Nilai Spiritual Terhadap Tabligh Ustadz Hanan Attaki Di Media Instagram Pada Generasi Z Di Indonesia. Batuthah: Jurnal Sejarah Padaban Islam, 3(2), 95-114.

Hawes, T., Zimmer-Gembeck, M. J., & Campbell, S. M. (2020). Unique associations of social media use and online appearance preoccupation with depression, anxiety, and appearance rejection sensitivity. Body Image, 33, 66–76. https://doi.org/10.1016/j.bodyim.2020.02.010

Jennah, R., Surawan, S., & Athaillah, M. (2021). Isu-isu dunia Islam kontemporer: Sebuah pendekatan multi perspektif. K-Media.

Made G Juniartha, “Praktik Spiritual Sebagai Komoditi Sosial Dalam Era Globalisasi,” Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu 11, no. 1 (2020): 29–43

Nainupu, A. M. Y., & Darmawan, I. P. A. (2021). Upaya guru pendidikan agama Kristen dalam pembentukan karakter remaja di masa pandemi covid-19. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 2(2), 172-193.

Nuraeni, H. A., & Kurniasih, N. (2021). Peran dakwah media sosial dalam meningkatkan kesalehan individual di masa pandemi COVID-19. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 15(2), 1-22.

Oktaviani, N. M. A. D. (2025). Revitalisasi Nilai Tattwa Dan Etika Hindu Dalam Pendidikan Karakter Siswa Di Era Digital. Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(02), 149-159.

Renita Aristanti and Rohmatun, “Hubungan Antara Kontrol Diri (Self Control) Dengan Kecanduan Internet (Internet Addiction) Pada Remaja Penggemar Korean Pop (K-Pop) Di Semarang,” Prosiding Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (Kimu) 2 (2019): 725.

Saputra, Y. C. K. (2025). Strategi Pendidikan Agama Katolik untuk Generasi Z dalam Menciptakan Kebermaknaan Spiritual di Era Digital. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik, 5(1), 21-43.

Silvana, H. (2024). Pendidikan Literasi Digital Remaja Dalam Penerimaan Pesan Pada Media Sosial-Damera Press. Damera Press.

Suliyana, N., Purwanti, S., & Rifayanti, R. (2024). Analisis Penggunaan Aplikasi Tiktok Sebagai Eksistensi Diri Pada Siswa Sma Negeri 1 Siluq Ngurai.

Surawan, S., & Norvia, L. (2022). Kontribusi pembinaan akhlak dalam menanamkan self-control siswa sekolah dasar negeri. SITTAH: Journal of Primary Education,3(2),102–116. https://jurnalfaktarbiyah.iainkediri.ac.id/index.php/sittah

Surawan, S., & Pertiwi, E. M. (2023). Hijab sebagai Self Control terhadap Penetrasi Korean Wave. Jurnal Kajian Islam Interdisipliner, 8(1), 1-16.

Zainuddin, Z. (2025). Motivasi Generasi Z dalam berwisata religi pada Masjid Agung Al–Abror Padangsidimpuan (Doctoral dissertation, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan).

Downloads

Published

2025-06-17

How to Cite

Dian Nur Hikmah, & Surawan, S. (2025). Spiritualitas dan Media Sosial: Eksplorasi Peran Konten Agama di Instagram dalam Meningkatkan Ketenangan Batin Remaja. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 2(1), 77–88. https://doi.org/10.61104/qb.v2i1.249

Issue

Section

Articles