Menakar Kelemahan Kepemimpinan Islam: Refleksi atas Praktik Hierarkis, Etika, dan Adaptasi Zaman dalam Dunia Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.61104/qb.v2i1.208Abstract
Kepemimpinan Islam dalam konteks pendidikan memiliki peran strategis yang sarat dengan nilai-nilai moral dan etika, namun penerapannya masih menghadapi berbagai kelemahan mendasar yang menghambat efektivitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan kelemahan-kelemahan tersebut dan menawarkan solusi yang dapat diimplementasikan dalam praktik kepemimpinan Islam di era modern. Metode yang digunakan adalah library research, dengan telaah teoritis dan konseptual dari berbagai sumber pustaka yang relevan, seperti jurnal ilmiah, buku, dan penelitian terdahulu, yang dipilih secara purposive untuk memastikan kredibilitas dan relevansinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dominasi gaya kepemimpinan hierarkis, minimnya partisipasi anggota, kurangnya inovasi, serta lemahnya adaptasi terhadap era digital merupakan tantangan utama, di samping lemahnya integrasi nilai etika dalam praktik kepemimpinan. Implikasi dari temuan ini menekankan perlunya refleksi kritis dan penguatan prinsip-prinsip kepemimpinan yang demokratis, inklusif, dan adaptif, dengan pelatihan kepemimpinan yang integratif dan pengembangan karakter etika yang berkelanjutan, agar kepemimpinan Islam dapat lebih relevan dan efektif dalam menghadapi tantangan zaman.
References
Lailiyah et al. "Konsep Kepemimpinan dalam Menciptakan Manajemen Pendidikan Islam yang Baik" Jurnal pendidikan indonesia (2021) doi:10.36418/japendi.v2i7.227
Alfulana et al. "Kepemimpinan Membentuk Karakter dalam Pendidikan" Jurnal pendidikan indonesia (2021) doi:10.36418/japendi.v2i8.253
Ayyubi et al. "Kepemimpinan Khulafaur Rasyidin Dalam Peradaban Islam" Jazirah jurnal peradaban dan kebudayaan (2024) doi:10.51190/jazirah.v5i01.141
Hermawansyah "Manajemen Madrasah: (Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam)" Fitrah jurnal studi pendidikan (2020) doi:10.47625/fitrah.v11i1.264
Kurniawan et al. "Konsep Kepemimpinan Dalam Islam" Produ prokurasi edukasi jurnal manajemen pendidikan islam (2020) doi:10.15548/p-prokurasi.v2i1.2244
Mergaliyev et al. (2019) Mergaliyev et al. "Higher Ethical Objective (Maqasid al-Shari’ah) Augmented Framework for Islamic Banks: Assessing Ethical Performance and Exploring Its Determinants" Journal of Business Ethics (2019)
(Pratomo, 2022). Pratomo "Educational Leadership: Islamic Religious, Philosophy, Psychology, and Sociology Perspectives" International Journal of Social Science and Human Research (2022)
(Astra et al., 2024). Astra et al. "Leadership in Islamic Education: Integrating Ethical Values in the Digital Age" (2024) (Asdlori & Purnama, 2023).
Asdlori and Purnama "Educational Leadership in Islam Referring to an Interdisciplinary Perspective" Sibatik Journal (2023) (Siddqiue et al., 2023).
Siddqiue et al. "Comparative Analysis of Islamic and Modern Leadership: Challenges and Similarities" Al-Qamar (2023)
Zaki & Samy, 2022). Zaki and Samy "Foundations of Academic Deeds: Islamic Leadership, Citizenship and Ethical Conducts" Asian Journal of Research in Business and Management (2022)
(Galanou & Farrag, 2015). Galanou and Farrag "Towards the Distinctive Islamic Mode of Leadership in Business" The Journal
Halimatusha'Diah and Rajabi "Implementasi Kepemimpinan Partisipatif Pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran Geografi Sma Kabupaten Karawang" (2023) doi:10.59966/pandu.v1i3.416
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dian Nur Hikmah, Devi Haryani, Ahmadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.