Menakar Kelemahan Kepemimpinan Islam: Refleksi atas Praktik Hierarkis, Etika, dan Adaptasi Zaman dalam Dunia Pendidikan

Authors

  • Dian Nur Hikmah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangkaraya
  • Devi Haryani Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangkaraya
  • Ahmadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.61104/qb.v2i1.208

Abstract

Kepemimpinan Islam dalam konteks pendidikan memiliki peran strategis yang sarat dengan nilai-nilai moral dan etika, namun penerapannya masih menghadapi berbagai kelemahan mendasar yang menghambat efektivitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan kelemahan-kelemahan tersebut dan menawarkan solusi yang dapat diimplementasikan dalam praktik kepemimpinan Islam di era modern. Metode yang digunakan adalah library research, dengan telaah teoritis dan konseptual dari berbagai sumber pustaka yang relevan, seperti jurnal ilmiah, buku, dan penelitian terdahulu, yang dipilih secara purposive untuk memastikan kredibilitas dan relevansinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dominasi gaya kepemimpinan hierarkis, minimnya partisipasi anggota, kurangnya inovasi, serta lemahnya adaptasi terhadap era digital merupakan tantangan utama, di samping lemahnya integrasi nilai etika dalam praktik kepemimpinan. Implikasi dari temuan ini menekankan perlunya refleksi kritis dan penguatan prinsip-prinsip kepemimpinan yang demokratis, inklusif, dan adaptif, dengan pelatihan kepemimpinan yang integratif dan pengembangan karakter etika yang berkelanjutan, agar kepemimpinan Islam dapat lebih relevan dan efektif dalam menghadapi tantangan zaman.

References

Lailiyah et al. "Konsep Kepemimpinan dalam Menciptakan Manajemen Pendidikan Islam yang Baik" Jurnal pendidikan indonesia (2021) doi:10.36418/japendi.v2i7.227

Alfulana et al. "Kepemimpinan Membentuk Karakter dalam Pendidikan" Jurnal pendidikan indonesia (2021) doi:10.36418/japendi.v2i8.253

Ayyubi et al. "Kepemimpinan Khulafaur Rasyidin Dalam Peradaban Islam" Jazirah jurnal peradaban dan kebudayaan (2024) doi:10.51190/jazirah.v5i01.141

Hermawansyah "Manajemen Madrasah: (Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam)" Fitrah jurnal studi pendidikan (2020) doi:10.47625/fitrah.v11i1.264

Kurniawan et al. "Konsep Kepemimpinan Dalam Islam" Produ prokurasi edukasi jurnal manajemen pendidikan islam (2020) doi:10.15548/p-prokurasi.v2i1.2244

Mergaliyev et al. (2019) Mergaliyev et al. "Higher Ethical Objective (Maqasid al-Shari’ah) Augmented Framework for Islamic Banks: Assessing Ethical Performance and Exploring Its Determinants" Journal of Business Ethics (2019)

(Pratomo, 2022). Pratomo "Educational Leadership: Islamic Religious, Philosophy, Psychology, and Sociology Perspectives" International Journal of Social Science and Human Research (2022)

(Astra et al., 2024). Astra et al. "Leadership in Islamic Education: Integrating Ethical Values in the Digital Age" (2024) (Asdlori & Purnama, 2023).

Asdlori and Purnama "Educational Leadership in Islam Referring to an Interdisciplinary Perspective" Sibatik Journal (2023) (Siddqiue et al., 2023).

Siddqiue et al. "Comparative Analysis of Islamic and Modern Leadership: Challenges and Similarities" Al-Qamar (2023)

Zaki & Samy, 2022). Zaki and Samy "Foundations of Academic Deeds: Islamic Leadership, Citizenship and Ethical Conducts" Asian Journal of Research in Business and Management (2022)

(Galanou & Farrag, 2015). Galanou and Farrag "Towards the Distinctive Islamic Mode of Leadership in Business" The Journal

Halimatusha'Diah and Rajabi "Implementasi Kepemimpinan Partisipatif Pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran Geografi Sma Kabupaten Karawang" (2023) doi:10.59966/pandu.v1i3.416

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Dian Nur Hikmah, Devi Haryani, & Ahmadi. (2025). Menakar Kelemahan Kepemimpinan Islam: Refleksi atas Praktik Hierarkis, Etika, dan Adaptasi Zaman dalam Dunia Pendidikan . QOUBA : Jurnal Pendidikan, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.61104/qb.v2i1.208

Issue

Section

Articles