Supervisi Berbasis Data untuk Peningkatan Kinerja Sekolah

Authors

  • Feby Suryaningsih Universitas Riau
  • M. Jaya Adi Putra Universitas Riau
  • Fadly Azhar Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/qb.v2i1.232

Abstract

Supervisi akademik merupakan komponen penting dalam peningkatan mutu pendidikan, namun pendekatan konvensional yang masih dominan kerap menemui hambatan seperti minimnya pelibatan guru dan absennya penggunaan data objektif. Kajian ini bertujuan untuk menganalisis strategi implementasi supervisi berbasis data sebagai pendekatan alternatif yang lebih efektif dan kontekstual. Dengan menggunakan metode literature review, sumber-sumber akademik dikumpulkan dari database seperti Google Scholar, ScienceDirect, SpringerLink, dan DOAJ, dengan rentang tahun 2015–2024. Seleksi dilakukan secara ketat berdasarkan relevansi tema, keterkinian, dan validitas ilmiah. Analisis data dilakukan melalui coding tematik dan sintesis naratif, serta validasi dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil kajian menunjukkan bahwa supervisi berbasis data memiliki karakteristik sistematis, berkelanjutan, dan berbasis teknologi, serta berdampak positif terhadap peningkatan kinerja guru dan capaian belajar siswa. Pendekatan ini memungkinkan kepala sekolah merancang intervensi yang tepat guna dan menyusun program pelatihan berbasis kebutuhan nyata. Namun, implementasinya menghadapi tantangan berupa rendahnya literasi data, keterbatasan infrastruktur digital, serta resistensi guru terhadap supervisi yang bersifat evaluatif. Strategi kolaboratif, forum reflektif, dan penguatan kapasitas supervisor menjadi kunci keberhasilan pelaksanaan supervisi berbasis data. Kajian ini merekomendasikan pengembangan instrumen supervisi berbasis bukti serta riset lanjutan di wilayah 3T untuk memperluas model implementasi yang adaptif dan inklusif

References

Addini, A. F., Husna, A. F., Damayanti, B. A., Fani, B. I., Nihayati, C. W. N. W., Daniswara, D. A., Susanti, D. F., Imron, A., & Rochmawati, R. (2022). Konsep Dasar Supervisi Pendidikan. Jurnal Wahana Pendidikan, 9(2), 179. https://doi.org/10.25157/wa.v9i2.7639

Arham, U. U. (2016). Keefektifan Multimedia Interaktif Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 4(2).

Asmanijar, L., Jaya, A. S. F., Mustofa, A., & Suraiya, N. (2023). Pelaksanaan Supervisi oleh Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Lingkungan Belajar Aman dan Nyaman serta Inklusif di SMP Negeri 2 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, 5(1), 23–32.

Astuti, A. P. (2022). Supervisi Klinis untuk Menguatkan Budaya Literasi melalui Karya Tulis Sederhana Non Ilmiah Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 1(1), 149–160. https://jurnal.widyahumaniora.org/index.php/jptwh/article/view/13

Astuti, S. (2017). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di SD Laboratorium UKSW. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(1), 49–59.

Aziz, S., & Isroani, F. (2022). Supervisi Kepala Sekolah kepada Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Gaya Komunikasi yang Baik di Madrasah. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 2(4), 190–204. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i4.1317

Bakar, A., Marwan, & Bahri, S. (2024). Supervisi Kepala Sekolah Berbasis Kearifan Lokal dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada SD Negeri 7 Simpang Keuramat dan SD Negeri 11 Kutamakmur Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(4), 16509–16513. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp

Bukhari, S. (2016). Penelitian Pengembangan (Research and Development) Model Borg and Gall.

Bukhori, M. (2021). Peningkatan Kompetensi Penyusunan Silabus Berbasis Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa melalui Supervisi Akademik. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter, 6(1), 203–216.

Cahayati, R., & Rizqa, M. (2024). Peran Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Indonesian Journal of Teaching and Learning, 3(3), 128–135. http://journals.eduped.org/index.php/intel

Currin, E., et al. (2019). Tinker, Tailor, Supervisor, Spy: Lessons Learned from Distant Supervision. Journal of Educational Supervision, 2(1), 78–97.

Fadli. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Web untuk Pelajaran Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan, 16(1), April.

Fauzi, A. (2024). Peran Supervisi Kolaboratif dalam Membangun Budaya Pembelajaran Profesional di Madrasah. Jurnal Manajemen dan Pendidikan, 3(4), 839–849. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal

Fauziah, R. S. P., Maryani, N., & Wulandari, R. W. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Budaya Sekolah. Tadbir Muwahhid, 5(1), 91. https://doi.org/10.30997/jtm.v5i1.3512

Ferina, R., Fitriyani, N., Yusuf, N. K., & Subandi. (2024). Urgensi Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(3), 49816–49823.

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D dalam Bidang Pendidikan. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 4(2).

Harminingtyas, R. (2014). Analisis Layanan Website sebagai Media Promosi, Media Transaksi dan Media Informasi dan Pengaruhnya terhadap Brand Image Perusahaan pada Hotel Ciputra di Kota Semarang. Jurnal STIE Semarang, 6(3), Oktober.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Modul Pengelolaan Supervisi Manajerial Pendidikan dan Pelatihan Fungsional Calon Pengawas Sekolah dan Penguatan Kompetensi Pengawas Sekolah. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Lianisari, D., Syahza, A., & Sumardi. (2022). Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Upaya Menanamkan Nilai Sikap Nasionalisme melalui Pembelajaran PPKN di SMA Darma Yudha. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 52–58.

Manullang, J. (2017). Efektivitas Model Supervisi Manajerial bagi Kepala Sekolah. Jurnal Generasi Kampus, 10(2), September.

Margaritha. (2015). Pemodelan Sistem Informasi Penilaian Kinerja Kepala Sekolah Berbasis Web.

Misrianto, B., Iqbal, M., & Muharramsyah, R. (2024). Implementasi Model Supervisi Kepala Sekolah Berbasis Kearifan Lokal dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah SMA Negeri 1 COT Girek Kabupaten Aceh Utara. Dharmas Education Journal, 5(2), 987–997. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal

Miyono, N., & Widiastuti, E. (2021). Pengaruh Supervisi Akademik dan Budaya Sekolah terhadap Profesionalisme Guru SMP Negeri di Kabupaten Semarang. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 10(1), 63–80. https://doi.org/10.26877/jmp.v10i1.9430

Munira, S. L., Rahma, N. S., Sabri, A., & Lubis, Y. (2024). Supervisi Pendidikan dalam Pendidikan Multikultural. JIPI: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 22(4), 1–9. https://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/jipi

Nurbaiti, N., & Yusrianti, S. (2024). Supervisi Gerakan Literasi Madrasah Berbasis Wall Magazine di MAN Insan Cendekia Aceh Timur. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 127–133. https://doi.org/10.19109/elidare.v10i1.18372

Palupi, E. D., Sudharto, S., & Yuliejantiningsih, Y. (2023). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap Mutu Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama Negeri. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 11(3), 244–262. https://doi.org/10.26877/jmp.v11i3.14927

Prasojo, L. D. (2005). Sistem Informasi Manajemen dalam Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 1(2), Oktober.

Qorimah, E. N., & Laksono, W. C. (2023). Strategi Kepala Sekolah dalam Memaksimalkan Supervisi melalui Pendidikan Berbasis Budaya. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(2).

Rizqa, M., An-Nisa, T. A., Rahayuningsih, V. P., & Masriko. (2024). Supervisi Pendidikan dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 4(4), 2475–2487. https://j-innovative.org/index.php/Innovative

Rokhmah, U. N., & Munir, M. (2021). Implementasi Budaya Sekolah Berwawasan Lingkungan dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 63. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v7i1.5314

Sari, D. R., & Asmendri. (2022). Peran Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal on Education, 5(1), 842–850. http://jonedu.org/index.php/joe

Yussanti, D. W., & Dwikurnaningsih, Y. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Supervisi Manajerial Kepala Sekolah PAUD Berbasis Website. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 217–230.

Downloads

Published

2025-06-14

How to Cite

Feby Suryaningsih, Adi Putra, M. J., & Fadly Azhar. (2025). Supervisi Berbasis Data untuk Peningkatan Kinerja Sekolah . QOUBA : Jurnal Pendidikan, 2(1), 33–42. https://doi.org/10.61104/qb.v2i1.232

Issue

Section

Articles