Tantangan dan Peluang Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan di SMAN 3 Siak Hulu
DOI:
https://doi.org/10.61104/qb.v2i1.215Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam pelaksanaan supervisi pendidikan di SMAN 3 Siak Hulu serta merumuskan strategi supervisi yang adaptif dan kontekstual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, dan dokumentasi, lalu dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan supervisi mencakup ketiadaan pelatihan formal bagi supervisor, karakter guru yang sulit berubah dan resistensi terhadap evaluasi. Sementara itu, peluang muncul melalui dukungan kebijakan nasional, pemanfaatan teknologi, dan penguatan supervisi reflektif berbasis data. Penelitian ini berkontribusi dalam memperluas pemahaman mengenai supervisi sebagai proses pembinaan profesional yang partisipatif, bukan sekadar kontrol administratif. Kesimpulan menekankan pentingnya supervisi kolaboratif sebagai katalisator perubahan budaya belajar dan profesionalisme guru. Penelitian lanjutan disarankan untuk memperluas cakupan konteks dan menguji efektivitas model supervisi berbasis refleksi dalam berbagai jenjang pendidikan.
References
Anam, K., Wiradharma, G., Suryani, N., & Sudarwo, R. (2021). Peran Kompetensi Guru terhadap Problem Solving Siswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 4(2), 364–372. https://doi.org/10.31539/joeai.v4i2.2663
Denzin, N. K. (2012). Triangulation 2.0. Journal of Mixed Methods Research, 6(2), 80–88. https://doi.org/10.1177/1558689812437186
Fitriyani, E., & Daryanto, A. (2021). Pendekatan supervisi pendidikan dalam peningkatan mutu pembelajaran. Jurnal Administrasi Pendidikan, 28(1), 65–76. https://doi.org/10.17509/jap.v28i1.33752
Harahap, F., & Marbun, M. (2020). Supervisi pendidikan sebagai strategi peningkatan mutu pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(2), 112–123. https://doi.org/10.24832/jpnk.v10i2.34589
Jacqueline, J., & Mulyanti, D. (2024). Peran Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Era Digital. Journal of Comprehensive Science (JCS), 3(7), 2385–2389. https://doi.org/10.59188/jcs.v3i7.791
Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic inquiry. Newbury Park, CA: Sage Publications.
Marwani, A., & Maya, A. (2025). Analisis Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Berbasis Coaching Di Smk Bina Utama Kendal. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 341–348. https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23493
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2018). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Ningsih, H., & Prasetyo, H. (2021). Implikasi Kurikulum Merdeka terhadap pelaksanaan supervisi akademik. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 54–63. https://doi.org/10.31002/jipp.v2i1.32812
OECD. (2019). PISA 2018 results (Volume I): What students know and can do. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
Patton, M. Q. (2015). Qualitative research & evaluation methods: Integrating theory and practice (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Pratiwi, A. S. (2021). Manajemen pendidikan dan tantangan mutu di era globalisasi. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Supervisi, 5(2), 77–89. https://doi.org/10.29303/jmps.v5i2.36741
Putri, A. D., Hartono, Y., & Kusuma, B. P. (2019). Analisis kendala pelaksanaan supervisi pendidikan di sekolah menengah atas negeri. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 112–121. https://doi.org/10.xxxx/jmp.v10i2.112
Rahmawati, S. (2021). Penggunaan teknologi dalam supervisi pembelajaran pascapandemi: Studi evaluatif di sekolah menengah. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 13(1), 45–56. https://doi.org/10.xxxx/jpt.v13i1.45
Rasyid, M., & Syahrir, S. (2020). Supervisi kolaboratif dan peranannya dalam pengembangan profesional guru. Jurnal Kependidikan, 8(1), 91–100. https://doi.org/10.24036/jk.v8i1.11442
Sagala, S., & Sembiring, M. (2021). Supervisi berbasis data dalam peningkatan mutu sekolah. Jurnal Pendidikan dan Manajemen Sekolah, 3(1), 23–34. https://doi.org/10.23917/jpms.v3i1.39811
Santosa, H., & Lestari, E. (2018). Supervisi berbasis kolaborasi dalam peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Kependidikan, 6(3), 188–197. https://doi.org/10.xxxx/jk.v6i3.188
Sari, M., & Mulyadi, D. (2022). Kebijakan pembinaan guru dalam kerangka Kurikulum Merdeka: Telaah terhadap Permendikbud No. 15 Tahun 2018. Jurnal Pendidikan Nasional, 12(2), 111–121. https://doi.org/10.31004/jpn.v12i2.52394
Syamsiar, S. (2018). Peranan supervisi pendidikan dalam peningkatan mutu proses dan hasil belajar. Jurnal Ilmiah Administrasi Pendidikan, 6(1), 45–53. https://doi.org/10.26858/jiap.v6i1.33102
Warhamni, C., Herawan, E., Kurniatun, T. C., & Sudarsyah, A. (2024). Tantangan dan Strategi dalam Supervisi Akademik pada Sekolah-Sekolah di Indonesia : Tinjauan Lingkup. DIDAKTIKA: Jurnal Kependidikan, 13(001) 689-702. https://doi.org/10.58230/27454312.1315
Widodo, S., & Mustofa, M. (2017). Peran kepala sekolah dalam supervisi klinis untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 24(1), 77–86. https://doi.org/10.xxxx/jap.v24i1.77
Widyanto, N., Suharman, & Sudadi. (2023). Supervisi Pendidikan dalam Peningkatan Profesionalisme Guru SD di Kabupaten Kutai Kartanegara. Jurnal Pendas Mahakam, 8(2), 137–148.
Yin, R. K. (2016). Qualitative research from start to finish (2nd ed.). New York: The Guilford Press.
Yuliana, N., & Hermawan, H. (2020). Supervisi akademik sebagai upaya peningkatan profesionalisme guru SD. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 8(2), 90–98. https://doi.org/10.xxxx/jipd.v8i2.90
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Kharisma, M. Jaya Adi Putra, Fadly Azhar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.