Pengembangan Kurikulum Pendidikan di Indonesia; Perbandingan KTSP 2006 Dan Kurikulum 2013

Authors

  • Khumaira Zulvi Ramadhani STAI Nurul Falah Air Molek, Riau
  • Mariatul Hikmah STAI Nurul Falah Air Molek, Riau
  • Nadiati STAI Nurul Falah Air Molek, Riau
  • Satu Saputra STAI Nurul Falah Air Molek, Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/qouba.v1i2.185

Abstract

Kurikulum merupakan upaya untuk menjalankan pembelajaran utamanya dalam pendidikan disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengembangan kurikulum pendidikan di indonesia, dengan fokus pada perbandingan KTSP 2006 dan kurikulum 2013. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, infoman dalam penelitian ini adalah peserta didik, wali murid dan masyarakat, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013 (K13) menunjukkan pergeseran dalam pendekatan pendidikan di Indonesia. KTSP lebih fleksibel, memberi otonomi kepada sekolah dalam pengembangan kurikulum, sementara K13 mengedepankan pendekatan berbasis kompetensi dan integrasi pendidikan karakter.Meskipun K13 bertujuan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, tantangan seperti kurangnya pelatihan guru menghambat efektivitasnya.

References

Abdullah, M., & Yana, S. (2024). Peran Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013: Tantangan dan Solusi . Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 45-60.

Abdul Majid. (2013). Kurikulum dan Pengajaran . Bandung: Rosda.

Budi Santoso. (2016). Inovasi dalam Pendidikan . Jakarta: Kencana.

Dwi Lestari. (2020). Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah untuk Siswa Berkebutuhan Khusus . Jakarta: Rajawali Pers.

Eko Supriyanto. (2022). Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum. Surabaya: Unesa University Press.

Farida Haryanti. (2023). Pendidikan Multikultural dalam Kurikulum . Bandung: Alfabeta.

HM Ali. (2018). Pendidikan Berbasis Kompetensi . Jakarta: Grup Prenadamedia.

Iwan Setiawan. (2018). Pengembangan Silabus dan RPP . Jakarta: Bumi Aksara.

Iftirani, A., Rahman, M., & Sari, D. (2022). Perbedaan antara Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013 (K13) dalam konteks pendidikan di Indonesia . Jurnal Pendidikan, 10(2), 123-135.

Ibu Nanik. (2024). Wawancara mengenai perbedaan KTSP dan K13. [Obrolan WhatsApp, 25 Oktober 2024].

Mulyasa, E. (2013). Kurikulum 2013: Konsep dan Implementasi . Bandung: Remaja Rosdakarya.

Miftahul Huda. (2017). Model-Model Pembelajaran . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

M.Nurdin. (2017). Evaluasi Pembelajaran . Jakarta: Bumi Aksara.

Nana Sujana. (2010). Kurikulum Dasar-Dasar . Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Rudi Hartono. (2015). Metode Pembelajaran Aktif . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rina Setiawati. (2020). Perubahan Kurikulum di Indonesia . Malang: UMM Pers.

Rahmat Hidayat. (2021). Kurikulum dan Pembelajaran Berbasis Teknologi . Jakarta: Salemba Humanika.

Suharsimi Arikunto. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran . Jakarta: Rineka Cipta.

Siti Nurjanah. (2021). Kurikulum dan Pendidikan Global . Jakarta: Erlangga.

Taufiqurrahman. (2019). Pendidikan Karakter dalam Kurikulum . Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2025-03-01

How to Cite

Khumaira Zulvi Ramadhani, Mariatul Hikmah, Nadiati, & Satu Saputra. (2025). Pengembangan Kurikulum Pendidikan di Indonesia; Perbandingan KTSP 2006 Dan Kurikulum 2013. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 1(2), 34–40. https://doi.org/10.61104/qouba.v1i2.185

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)