Implementasi Kurikulum Merdeka di Lembaga Pendidikan Islam

Authors

  • Robi’Atul Adawiyah STAI Nurul Falah Air Molek, Riau
  • Mariatul Hikmah STAI Nurul Falah Air Molek, Riau
  • Maghfiratu Asyura STAI Nurul Falah Air Molek, Riau
  • Mita Gusriati STAI Nurul Falah Air Molek, Riau

DOI:

https://doi.org/10.61104/qouba.v1i2.173

Abstract

Kurikulum merdeka yang diperkenalkan oleh Mendikbud Nadiem Makarim pada tahun 2022 memberikan keleluasaan bagi sekolah dalam merancang kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan siswa, terutama dalam konteks pendidikan berbasis agama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka di lembaga pendidikan islam. Penelitian ini menggukan metode deskriftif kualitatif dengan jenis fenomenalogi. Adapun subjek penelitian ini adalah pendidik dan objek penelitian adalah peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa penerapan  Kurikulum Merdeka di Madrasah  Aliyah Pondok Pesantren  Al  Munawwarah  memberikan  fleksibilitas  dalam  pengembangan  pembelajaran berbasis kompetensi dan penanaman nilai-nilai keagamaan. Maka dapat disimpulkan bahwa, implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al Munawwarah menunjukkan potensi positif dalam mendukung pengembangan siswa, meskipun memerlukan peningkatan dalam aspek sumber daya manusia dan penyelarasan program.

References

Ardiansyah, Maisah, & Lukman, H. (2023). Analisis SWOT dan Pemetaan Strategi Lembaga Pendidikan Islam (Studi di SMAN 1 Bungo Provinsi Jambi). Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 39–58.

Dian, K., Maisah, & Lukman, H. (2023). Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Standar Operasional Pendidikan (Studi di MTsN 3 Tulungagung, Jambi). Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 83–98.

Getar, R. P., Su’aidi, & Minnah, E. W. (2023). Meramalkan Kebijakan Pendidikan Islam Dalam Menguatkan Penanaman Nilai-Nilai Islam Pada Lembaga Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 59–70.

Hasan, S., Iskandar, & Martinis, Y. (2023). Perspektif Psikologi Pendidikan Dalam Manajemen Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 1–9.

Indra, W. F. F., & Syahrizal, H. (2023). Digitalisasi Lembaga Pendidikan dalam Menghadapi Perkembangan dan Kemajuan Teknologi Informasi Dunia Pendidikan. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 26–38.

Maimunah, P. H. H., Minnah, E. W., & Su’aidi. (2023). Proses Membuat Kebijakan-Kebijakan Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 99–108.

Nidia, S., & Iskandar. (2023). Kontribusi Psikologi Dalam Manajemen Pengelolaan Kelas. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 18–25.

Saidin, Maisah, & Lukman, H. (2023). Urgensi Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(2), 10–17.

Usman, F., Dwi, G. A. P., M.Fadhil, & M.Yudha. (2023). Strategi Guru Al-Qur’an Hadist Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTS Qiro’atul Qur’an Sungai Binjai. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1(1), 9–23.

Downloads

Published

2025-03-01

How to Cite

Robi’Atul Adawiyah, Mariatul Hikmah, Maghfiratu Asyura, & Mita Gusriati. (2025). Implementasi Kurikulum Merdeka di Lembaga Pendidikan Islam. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 1(2), 48–54. https://doi.org/10.61104/qouba.v1i2.173

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)