Malaikat Sebagai Representasi Dalam Mengemban Tugas Dan Tanggung Jawab Guru PAI di Era Modern
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam bagaimana konsep malaikat dapat dijadikan representasi dalam mengemban tugas dan tanggung jawab guru PAI di era modern. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kepustakaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahapan, tahap kondensasi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber. Penanaman nilai-nilai malaikat dalam karakter guru PAI dapat menjadi panduan yang kuat bagi mereka dalam menjalankan tugas secara profesional, berintegritas, dan penuh tanggung jawab. Dengan meneladani sifat-sifat malaikat, guru PAI tidak hanya mendidik dengan ilmu, tetapi juga dengan keteladanan, menciptakan lingkungan pendidikan yang penuh kasih sayang, serta membentuk generasi yang memiliki akhlak mulia dan keteguhan iman. Melalui pendekatan ini, guru PAI dapat memberikan kontribusi besar dalam menjaga dan mengembangkan moralitas masyarakat yang berlandaskan nilai-nilai Islam, sekaligus mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman tanpa kehilangan jati diri sebagai pendidik berintegritas.
References
Abbas, N., & Khoir, M. A. (2023). Implementasi Metode Keteladanan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Gemolong. At-Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 476–487. https://doi.org/10.51468/jpi.v5i1.187
Abdullah, M. (2018). Meneladani Sifat-Sifat Malaikat Allah Sebagai Bentuk Mengimani Adanya Malaikat. Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(2), 147–156. https://doi.org/10.17509/tk.v16i2.44250
Akmansyah, M. (2016). Membangun Toleransi Dalam Perspektif Pendidikan Spiritual Sufistik. Kalam, 10(2), 517–536. https://doi.org/10.24042/klm.v10i2.12
Alam, S., & Andika, D. (2020). Tugas Malaikat Jibril dalam Al-Qur’an (Kajian Tafsir). Al-Wajid: Jurnal Ilmu Al-Qura’an Dan Tafsir, 1(2), 195–210. https://doi.org/10.30863/alwajid.v1i2.1261
Amelia, J. (2021). Peran Keteladanan Guru PAI dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa SMP Negeri 07 Lubuk Linggau [UIN Fatmawati Sukarno]. http://repository.iainbengkulu.ac.id/7053/
Anwar, M. S. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Upaya Pembentukan Karakter Dispilin dan Tanggung Jawab Anak SMP. JIECO: Journal of Islamic Education Counseling, 1(1), 32–51. https://doi.org/10.54213/jieco.v1i01%20Juni.26
Arifin, N. F., & Fuad, A. J. (2020). Dampak Post-Truth di Media Sosial. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 10(3), 376–388. https://doi.org/10.33367/ji.v10i3.1430
Arsyad, M., Marwazi, & Musli. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menyempurnakan Akhlakul Karimah Siswa. Journal of Educational Research, 2(1), 45–62. https://doi.org/10.56436/jer.v2i1.193
Asyari, F. (2019). Tantangan Guru PAI Memasuki Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Meningkatkan Akhlaq Siswa di SMK Pancasila Kubu Raya Kalimantan Barat. Muslim Heritage, 4(2), 213–237. https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v4i2.1779
Badhrulhisham, A., & Khambali, K. M. (2020). Malaikat dan Angels: Analisis Perbandingan Ciri-Ciri dari Perspektif Al-Qur’an dan Bible. Jurnal Maw"izah, 3(1), 1–16. https://unimel.edu.my/journal/index.php/JMAW/article/view/720
Butar, F. S. B., Pani, & Sari, D. (2024). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam yang Relevan dengan Tantangan Kontemporer. Kitabah: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(2), 78–94. https://www.ejurnalilmiah.com/index.php/kitabah/article/view/11488
Bawani, M. A. F., Ashari, M. Y., & Wardani, I. K. (2024). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Kurikulum Merdeka di SMPN 1 Peterongan Jombang. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 1–11.
Daeng, N. S. (2024). Strategi Santri Pondok Pesantren Bustanul Mansuriyah Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 23–29.
Dewi, A. A. (2017). Guru Mata Tombak Pendidikan (2nd ed.). CV. Jejak Publisher.
Djollong, A. F. (2017). Kedudukan Guru Sebagai Pendidik. Istiqra’: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 4(2), 122–137. http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/274
Ekawati, D. (2024). Pemanfaatan Media Sosial untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Guau: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 1(1), 234–245. https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau/article/view/1309
Erlande, R., Komalasari, K., Tufika, R., Hardiana, M., Fauzan, A., Maharani, A., & Permatasari, M. (2024). Membekali Warga Negara di Era Post-Truth : Peran Krusial Pendidikan Kewarganegaraan di Australia. Asanka: Journal of Social Science and Education, 5(1), 61–78. https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/asanka
Erwinsyah, A. (2017). Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 87–105. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/392
Fajriana, A. W., & Aliyah, M. A. (2019). Tantangan Guru dalam Meningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam di Era Melenial. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 246–265. https://doi.org/10.31538/nzh.v2i2.324
Fatimah, S., & Putri, O. M. P. (2023). Flexing: Fenomena Perilaku Konsumen dalam Perspektif Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(1), 1204–1212. https://doi.org/10.29040/jiei.v9i1.6824
Fitri, A. (2023). Penanaman Nilai Iman Kepada Malaikat Raqib dan Atid di Era Digital Melalui Aplikasi Tiktok [IAIN Pontianak]. https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/2016
Fitriana. (2018). Peran Guru BK dalam Membangun Kepercayaan Diri Siswa Melalui Bimbingan Kelompok di MAN Lubuk Pakam [UIN Sumatera Utara Medan]. http://repository.uinsu.ac.id/4286/
Fitria, N. A., Julyanur, M. Y., & Widyanti, E. (2024). Analisis Langkah-Langkah Evaluasi Dalam Proses Belajar Mengajar. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 37–46.
Hartono, P., Khojir, & Setiawan, A. (2024). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru PAI Terhadap Kecerdasan Sosial dan Emosional Siswa di SMP Muhammadiyah 1 Samarinda. Jurnal Cahaya Mandalika, 5(2), 682–687. https://doi.org/10.36312/jcm.v3i1.3536
Hasan, W. A. (2018). Berkenalan dengan Malaikat. Kreasi Edukasi.
Hsb., A. R. G., & Ramadhani, M. S. A. (2024). Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru PAI dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan di Era Globalisasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung, 111–120. http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/prosem/article/view/452
Judrah, M., Arjum, A., Haerudin, & Mustabsyirah. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral. Jider: Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25–37. https://doi.org/10.53621/jider.v4i1.282
Jannah, S. N. (2024). Pengelolaan Biaya Pendidikan Dalam Perspektif Pendidikan Islam. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 30–36.
Kahar, A. (2018). Eksistensi dan Keistimewaan Malaikat Jibril AS dalam Al-Qur’an. Jurnal Pemikiran Dan Ilmu Keislaman, 1(2), 283–325. https://jurnal.ua.ac.id/index.php/jpik/article/view/85
Kalsum, U., & Muhid, A. (2022). Pendidikan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Digital. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 12(2), 157–170. https://doi.org/10.33367/ji.v12i2.2287
Khamid. (2024). Makhluk Gaib dalam Perspektif Teks Suci dan Kristen: Studi Perbandingan [UIN Prof. K. H. Saifudin Zuhri]. https://repository.uinsaizu.ac.id/24856/
Lickona, T. (2018). Pendidikan Karakter. Nusa Media.
Mailani, I. (2019). Implementasi Pendekatan Kontekstual Teaching and Learning dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam, 1(1), 16–25. https://doi.org/10.36378/al-hikmah.v1i1.59
Marlina, L. (2017). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 19–37. https://doi.org/10.19109/ra.v1i2.2679
Muhammad, F., & Muhid, A. (2022). Altruisme Guru dalam Perspektif Islam. Muslim Heritage, 7(2), 323–346. https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v7i2.4798
Nurfajriani, W. V., Ilham, M. W., Mahendra, A., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Triangulasi Data dalam Analisis Data Kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(17), 826–833. https://doi.org/10.5281/zenodo.13929272
Nurjamil, E., & Supriyoso, P. (2024). Meneladani Kepemimpinan Rasulullah Saw dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MIS Abdurrahman Kota Bandung. Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 12(2), 493–511. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol12issue2page493-511
Purwanto, J. (2017). Upaya Meningkatkan Disiplin Guru dalam Kehadiran Mengajar di Kelas Melalui Reward and Punishment di SDN Bandulan 1 Kecamatan Sukun Malang. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 1(2), 58–69. https://doi.org/10.21067/jbpd.v1i2.1903
Rahman, M. S. A., Dewi, S. P., Ningtyas, L. S., Samosir, F. L., Herviani, A. E., & Achmad, Z. A. (2022). Kredibilitas Informasi di Era Post-Truth Dikalahkan Kecepatan Informasi: Pengabaian Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik. Jejaring Administrasi Publik, 14(2), 151–173. https://doi.org/10.20473/jap.v14i2.46677
Restu, N. R. (2023). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Melalui Pembiasaan Shalat Berjamaah Pada Siswa di SMA N 14 Bandar Lampung [UIN Raden Intan Lampung]. https://repository.radenintan.ac.id/31189/
Rhamdani, P. A., Fatunnisa, R., Fathurrahman, R., & Wardati, S. W. (2023). Penerapan Iman Kepada Malaikat pada Kehidupan. Conference Series Learning Class Tauhid and Akhlak, 22, 314–322. https://conferences.uinsgd.ac.id/index.php/gdcs/article/view/1512
Ridho, D. A. A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Perbaikan Moral dan Etika Siswa. Journal on Education, 5(3), 9574–9585. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1768
Rohman, F. (2018). Peran Pendidik dalam Pembinaan Disiplin Siswa di Sekolah / Madrasah. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 4(1), 72–94. https://doi.org/10.30821/ihya.v4i1.1467
Romlah, S., & Rusdi. (2023). Pendidikan Agama Islam Sebagai Pilar Pembentukan Moral dan Etika. Al-Ibrah : Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam, 8(1), 67–85. https://doi.org/10.61815/alibrah.v8i1.249
Rozak, A. (2023). Analisis Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas VII di Sekolah MTs Negeri 01 Pamulang Tangerang Selatan: Pendekatan Metode Literature Study and Review (LSR). El Banar: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.54125/elbanar.v6i1.149
Rusli, M., Hermawan, D., & Supuwiningsih, N. N. (2020). Memahami E-Lerning: Konsep, Teknologi, dan Arah Perkembangan. Penerbit Andi.
Saefullah, A. S. (2024). Ragam Penelitian Kualitatif Berbasis Kepustakaan Pada Studi Agama dan Keberagamaan dalam Islam. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(4), 195–211. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i4.1428
Sani, R. A., & Kadri, M. (2016). Pendidikan Karakter: Mengembangkan Karakter Anak yang Islami. Bumi Aksara.
Saputri, R. E., Istiqomah, & Yunita, R. (2024). Strategi Guru dalam Mengelola Kelas yang Efektif dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. Sindoro: Cendekia Pendidikan, 3(7), 36–44. https://doi.org/10.9644/sindoro.v3i7.2430
Setiawan, D. (2023). Gaya Hidup Minimalis Perspektif Dr Fahruddin Faizdan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam [UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto]. https://eprints.uinsaizu.ac.id/19983/
Setiawan, R., Kartono, D. T., & Sakuntalawati, L. R. D. (2024). Perilaku Phubbing Siswa dalam Kehidupan Sosial di Lingkungan Sekolahan. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 7(1), 530–541. https://doi.org/10.31539/kaganga.v7i1.9572
Shihab, M. Q. (2020). Makhluk Ghaib: Malaikat dalam Al-Qur’an. PT. Lentera Hati.
Syukur, A. (2024). Transformasi Pendidikan dengan Guru yang Memiliki Kompetensi dan Ketaatan yang Teruji. CV. Adanu Abimata.
Thahir, M., Malik, M. T., & Wahab, R. (2024). Optimalisasi Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMP Negeri 1 Bajeng Kec. Bajeng, Kab. Gowa. Referensi: Kajian Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 1–11. https://journal.pascasarjana-uim.ac.id/index.php/referensi/article/view/178
Thalib, M. A. (2022). Pelatihan Analisis Data Model Miles Dan Huberman Untuk Riset Akuntansi Budaya. Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah, 5(1), 23–33. https://doi.org/10.30603/md.v5i1.2581
Uzma, Z., & Masyithoh, S. (2024). Tantangan Dan Peluang Implementasi Nilai-Nilai Akhlak Dalam Kehidupan Masyarakat. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 12–22.
Wahab, J. (2022). Guru Sebagai Pilar Utama Pembentukan Karakter. Inspiratif Pendidikan, 11(2), 351–362. https://doi.org/10.24252/ip.v11i2.34745
Wibisono, H. A., Putra, B. N., Prihatin, E., Simarmata, M. A., Perang, B., Simanungkalit, R. M., Sitohang, K., Ulfa, M., Setiawati, E., Widana, I. N. S., Dewa, E., & Wajdi, F. (2024). Pengelolaan Kelas dan Kedisiplinan. Widina Media Utama.
Yusni, R. (2024). Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Khidmat: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 290–295. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/khidmat/article/view/922
Zaky, R., & Setiawan, H. R. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Karakter Kepemimpinan. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(2), 232–244. https://doi.org/10.53802/fitrah.v4i2.408
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alza Nabiel Zamzami, Elly Zakiyatin Nafisa, Masrur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.