Pengaruh Strategi Student Facilitator And Explaining Terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Islam di Kelas X OTKP SMKS Sinar Husni 1 BM Labuhan Deli

Authors

  • Anisa Hayati Rahman Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mardianto Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Juli Julaiha Pulungan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pengaruh strategi student facilitator and explaining terhadap minat belajar pendidikan agama Islam di Madinah kelas X OTKP SMKS Sinar Husni 1 BM Labuhan Deli. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yaitu quasi eksperimental design dengan pendekatan nonequivalent control group design. Adapun yang menjadi populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik yang beragama Islam di kelas X, sedangkan sampel penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling, yaitu kelas kontrol (X OTKP 1) dan kelas eksperimen (X OTKP 2). Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunnakan tes dan angket minat belajar. Kemudian dianalisis menggunakan uji t dengan jenis independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari strategi student facilitator and explaining terhadap minat belajar pendidikan agama Islam materi meneladani perjuangan dakwah Rasulullah saw. di Madinah kelas X OTKP SMKS Sinar Husni 1 BM Labuhan Deli. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang menunjukkan nilai signifikansi pada hasil instrumen tes dan angket yang lebih kecil dari 0.05. Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa, khususnya pada materi meneladani perjuangan dakwah Rasulullah SAW. di Madinah

References

Al-Bukhari. (2002). Shahih Bukhari. Daar Ibnu Katsir.

Amma, T., Setiyanto, A., & Fauzi, M. (2021). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.37092/ej.v3i2.261

Girang, P. G., & Hilda. (2023). Metode Penelitian Eksperimen Untuk Pemula: Edisi Pertama. Wawasan Ilmu.

Imam, S., & Harries, M. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Indigo Media.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, (2005).

Kemenag. (2019). Terjemahan Kemenag. Kementrian Agama.

Mardianto. (2010). Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. akultas tarbiyah IAIN Sumatera Utara.

Muhammad, B. S. A.-U. (2010). Syarah Shahih Al-Bukhari (Jilid 8). Darus Sunnah Press.

Muhammad, N. M. (2023). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Penerbit Adab.

Muhammad Quraish Sihab. (2004). Tafsir Al-Misbah: pesan, kesan, dan keserasian Al-Qur’an Jilid I. Lentera Hati.

Nurhuda. (2022). Landasan Pendidikan. Ahlimedia Press.

Rahmadi. (2011). Pengantar Metodelogi Penelitian. Antasari Press.

Ridwan, R., & Afrinaldi. (2022). Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 02 Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.209

Sugiyono. (2013). Metode Peneliitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta CV.

Downloads

Published

2024-12-23

How to Cite

Anisa Hayati Rahman, Mardianto, & Juli Julaiha Pulungan. (2024). Pengaruh Strategi Student Facilitator And Explaining Terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Islam di Kelas X OTKP SMKS Sinar Husni 1 BM Labuhan Deli. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 1(2), 209–224. Retrieved from https://ejournal.hsnpublisher.id/index.php/quoba/article/view/157

Issue

Section

Articles