Metode Alhaqiem; Inovasi Baru Dalam Membantu Proses Hafalan Al-Qur'an Yang Lebih Mudah Dan Menyenangkan

Authors

  • Lu’lu’ Syuroiyah Nadliroh Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang
  • Miftakhul Ilmi Suwignya Putra Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang
  • Nur Ulwiyah Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang

Abstract

Al-Qur'an adalah petunjuk hidup bagi umat Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan metode alhaqiem; inovasi baru dalam membantu proses hafalan al-quran yang lebih mudah dan menyenangkan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, yang menjadi informan kunci dalam penelitian ini adalah peserta didik sebanyak 15 orang. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Metode Alhaqiem adalah sebuah inovasi yang efektif dan menyenangkan dalam membantu proses hafalan Al-Qur'an.baik pada usia dini maupun senja, Metode ini memberikan kemudahan dalam menghafal dengan mengintegrasikan teknik pengulangan, pemahaman makna, dan gerakan fisik serta selipan kisah-kisah yang berhubungan dengan makna dari ayat tersebut. Peserta yang menggunakan Metode Alhaqiem mengalami peningkatan signifikan dalam kemampuan hafalan, motivasi, konsentrasi, dan pemahaman makna ayat-ayat Al-Qur'an. Selain itu, meskipun ada tantangan awal dalam penerapan metode ini, terutama dalam menggabungkan gerakan fisik dengan penghafalan, penelitian ini menunjukkan bahwa Metode Alhaqiem memiliki potensi besar untuk digunakan dalam lembaga pendidikan Islam sebagai alternatif dalam pengajaran hafalan Al-Qur'an, khususnya untuk anak-anak dan peserta yang kesulitan dalam metode hafalan konvensional.

References

Abrar, K. (2024). E-ISSN : 2792-0876 Pembelajaran Al-Qur ’ An Dan Hadis Di Era Disrupsi : Rekonstruksi. 5(2), 367–379. Https://Doi.Org/10.37274/Mauriduna.V5i2.1200

Ghazali, D. S., & Puspita, S. D. (2024). Tantangan Dan Peluang Dalam Penyebaran Islam Pada Kemajuan Teknologi Challenges And Opportunities In The Spread Of Islam In Technological Advances. 1(2), 161–171.

Kamila, N., Banis, S., Hakki, N., & Amalia, A. (1983). Teori Belajar Multiple Intelegensi. 1686, 1–14.

Liang, P. P., Zadeh, A., & Morency, L. P. (2024). Foundations & Trends In Multimodal Machine Learning: Principles, Challenges, And Open Questions. ACM Computing Surveys, 56(10). Https://Doi.Org/10.1145/3656580

Muarifah, M. S. A. (2024). Tinjauan Literatur Tentang Kesejahteraan Psikologis Pada. Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 2(1), 42–60.

Nuraisyah, R., Islam, U., Kiai, N., Achmad, H., Jember, S., & Timur, J. (2024). Tinjauan Literatur : Integrasi Nilai Lokal Dan Peran Pranata Sosial Dalam Pendidikan Di Madrasah. 6.

Ramadhan, A. B., Hidayat, H., Syarifah, M., & Arifah, N. N. (2024). Mu’jizat Dan I’jāz Al-Qur’ān: Kajian Aspek Keistimewaan Al-Qur’an. Jurnal Kajian Islam Dan Sosial Keagamaan, 1(4), 261–267.

Rasdiany, A. N., Akmal, F., Pasaleron, R., Dafrizal, D., Ningsih, R., & Rahman, I. (2024). Systematic Literature Review: The Impact Of Social Competence On Teacher Communication Intelligence. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 9(2), 239–251.

Sari Ihsanniati, N., Gema Ramadhan, M. N., Yusam Thobroni, A., Ainul Yaqin, A., & Qisom, S. (2024). Keadilan Sosial: Konsep Keadilan Dan Peran Manusia Dalam Mewujudkan Keadilan Perspektif Al-Quran. Jurnal Ilmu Al-Qurann, 9(June), 181–192. Https://Doi.Org/10.30868/At.V9i01.6661

Sri Maryati Bahtiar. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Al-Qur’an Dan Relevansinya Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Fondatia ; Jurnal Pendidikan Dasar, 6(3), 541.

Susanto, P. C., Yuntina, L., Saribanon, E., & Soehaditama, J. P. (2024). Qualitative Method Concepts : Literature Review , Focus Group Discussion , Ethnography And Grounded Theory. Siber Journal Of Advanced Multidisciplinary, 2(2), 262–275.

Ulum, F. B., Susanti, L., Nurhuda, A., Lathif, N. M., Buyuk, U., & Istanbul, K. (2024). Efektivitas Manajemen Dalam Revitalisasi Kuttab Di Indonesia Pada Era Modern : Tinjauan Literatur. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam Vol, 14(01).

Wahab, A. D. A. (2024). Systematic Literature Review: Urgensi Metode Pengenalan Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Di Lembaga Paud. Jurnal Mutiara Pendidikan, 4(2), 114–120. Https://Doi.Org/10.29303/Jmp.V4i2.7188

Downloads

Published

2024-12-23

How to Cite

Lu’lu’ Syuroiyah Nadliroh, Miftakhul Ilmi Suwignya Putra, & Nur Ulwiyah. (2024). Metode Alhaqiem; Inovasi Baru Dalam Membantu Proses Hafalan Al-Qur’an Yang Lebih Mudah Dan Menyenangkan. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 1(2), 195–201. Retrieved from https://ejournal.hsnpublisher.id/index.php/quoba/article/view/152

Issue

Section

Articles