Membangun Pendidikan Karakter Melalui Filosofi Muhammad Iqbal Tentang Insan Kamil

Authors

  • Irma Nur Rahmawati Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Nur Rahmadani Fitri Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Herlini Puspika Sari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Abstract

Dalam kehidupan bermasyarakat, individu harus mengembangkan diri untuk meningkatkan kualitas hidup, di mana pendidikan berperan penting dalam pembentukan karakter sesuai dengan norma agama dan masyarakat. Penelitian ini mengkaji konsep insan kamil yang dikemukakan oleh Muhammad Iqbal, dengan menekankan pentingnya pendidikan karakter dalam membentuk individu yang bermoral dan beretika. Penelitian ini berargumen bahwa pendidikan tidak hanya bertujuan mentransmisikan pengetahuan, tetapi juga membangun karakter yang selaras dengan nilai-nilai Islam. Dengan menggunakan metode studi pustaka, penelitian ini menganalisis gagasan Iqbal tentang pengembangan manusia ideal dan relevansinya dengan pendidikan karakter modern. Sumber data meliputi buku, artikel ilmiah, dan sumber daring yang kredibel. Temuan menunjukkan bahwa konsep Insan Kamil dari Iqbal mencakup keseimbangan dimensi spiritual, intelektual, dan sosial, yang mendorong kebebasan bertanggung jawab dan kreativitas. Pendidikan karakter berbasis Insan Kamil bertujuan untuk menghasilkan individu yang kompeten secara intelektual, bermoral, dan bertanggung jawab secara sosial. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan nilai-nilai Insan Kamil dalam pendidikan karakter akan membentuk individu yang mampu menjalankan peran sosial mereka dengan integritas etika.

References

Ahmad Syafi Maarif. 2018. Muhammad Iqbal dan Suara Kemanusiaan dari Timur, Sebuah Pengantar dalam Muhammad Iqbal: Rekonstruksi Pemikiran Agama dalam Islam, terj. Ali Audah dkk. Yogyakarta: Jalasutra.

Atika, Fitri Budi, and Rizal Al Hamid. "Kebebasan Anak Perspektif Filsafat Khudi Muhammad Iqbal Pada TKIT Salsabila Al-Muthi’in Bantul." Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum Vol. 23 No. 1 (2023)

Djohan Effendi. Adam, Khudi, dan insan kamil; Pandangan Iqbal mengenai manusia.

Handika, Dhemas Fajar, and Astuti Darmiyati. "Refleksi Pendidikan Karakter Islam dalam Membentuk Insan Kamil Di Mtsn 4 Karawang." Jurnal Education And Development Vol. 10 No.1 (2022)

Hasbi Siddik, “Konsep Dasar Pendidikan Islam: Perspektif Al-Quran, Al-Hadis, Filosofis, Yuridis Formal, Psikologis, Dan Sosiologis, "Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan Vol. 14, No. 1 (2022)

Herwati, Herwati. "Pendidikan dalam perspektif islam dan peranannya dalam membina kepribadian islami." Bahtsuna: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam Vol. 6 No. 1 (2024)

Iqbal, Muhammad. 2013. Asrar-i Khudi (Rahasia-rahasia Pribadi), terj. Bahrum Rangkuti. Jakarta: Bulan Bintang.

Masluhah, M., K. R. Afifah, and M. Salik. "Pemikiran Muhammad Iqbal Tentang Pendidikan Karakter Dan Relevansinya Dengan Era Disrupsi. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 9 No. 2 (2021)

Masruri, Muhammad. "Konsep Khudi Iqbal Dalam Pengembangan Kreatifitas Pembelajaran Di Madrasah." Jurnal Penelitian Keislaman Vol.16 No.1 (2020)

Nasution, Hasyimsyah. 2005. Filsafat Islam. Gaya Media Pratama.

Rukhayati, Siti. 2020. Strategi Guru Pai Dalam Mebina Karakter Peserta Didik Smk Al Falah Salatiga. Salatiga: LP2M Press IAIN Salatiga.

Saefuddin, Didin. 2003. Pemikiran modern dan postmodern Islam: biografi intelektual 17 tokoh. Grasindo.

Siregar, Fithri Choirunnisa. "Pengelolaan Marah Ditinjau dari Pendidikan Akhlak dan Character Building." Jurnal Hikmah Vol. 11 No. 1 (2017)

UIN Syarif Hidayatullah, Ensiklopedia Islam (Jakarta: PT Ichtiar Baru Van Hoeve, t.th.)

Downloads

Published

2024-12-17

How to Cite

Irma Nur Rahmawati, Nur Rahmadani Fitri, & Herlini Puspika Sari. (2024). Membangun Pendidikan Karakter Melalui Filosofi Muhammad Iqbal Tentang Insan Kamil. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 1(2), 169–176. Retrieved from https://ejournal.hsnpublisher.id/index.php/quoba/article/view/138

Issue

Section

Articles