Pendidikan Seumur Hidup Dan Implikasinya Dalam Peningkatan Kesejahteraan Sosial Masyarakat
Abstract
Pendidikan seumur Hidup merupakan suatu proses pendidikan yang berkesinambungan, berlangsung tanpa batas waktu dan tempat, dimulai sejak lahir hingga akhir hayat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pendidikan seumur hidup dan implikasinya dalam peningkatan kesejahteraan sosial masyarakat. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan studi kepustakaan, dimana seluruh data diambil melalui buku, jurnal dan dokumen yang berkaitan dengan tema penelitian. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pendidikan seumur hidup adalah sebuah konsep-konsep pendidikan yang menerangkan keseluruhan kegiatan belajar mengajar yang berlangsung dalam keseluruhan kehidupan manusia. Pendidikan seumur hidup merupakan suatu gagasan atau konsep, bahkan direkomendasikan sebagai suatu konsep induk dalam upaya inovasi pendidikan. Tujuan pendidikan manusia seutuhnya dan dilaksanakan seumur hidup adalah untuk mengembangkan potensi kepribadian manusia sesuai dengan kodrat dan hakikatnya, dan untuk menumbuhkn kesadaran bahwa proses pertumbuhan dan perkembangan kepribadian manusia bersifat hidup dan dinamis serta untuk mempertahankan dan meningkatkan mutu kehidupan. Pendidikan vokasional adalah sebagai program pendidikan di luar sekolah bagi anak diluar batas usia sekolah, ataupun sebagai program pendidikan formal dan non formal, sebab itu program pendidikan yang bersifat remedial agar para lulusan sekolah tersebut menjadi tenaga yang produktif menjadi sangat penting.
References
Arifin, M, (2017), Pendidikan Seumur Hidup, PT. Global Eksekutif Teknologi, hal. 5-7
Jannah, F, (2013), Pendidikan seumur hidup dan implikasinya, “Dinamika ilmu”, vol.13 No.1, hal.1
Nurisma, Y, (2021), Pendidikan Seumur Hidup, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulunggagung, Indonesia, Cendekia, Vol. 15 No. 2, hal. 269-270
Azizy, Qodry, Pendidikan Agama untuk Membangun Etika Sosial, Mendidik Anak Sukses Masa Depan Pandai dan Bermanfaat, Semarang, Aneka Ilmu, 2002
Yaqin, M. Ainul, Pendidikan Multikultural Cross Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan, Yogyakarta, Pilar Media, 2005
Sudjana, D, (2001), Pendidikan Non Formal, Wawasan Sejarah Perkembangan, Filosofi, Teori Pendukung, Asas: Falah Production
Hasbullah, (2005), Dasar-dasar Ilmu Pendidikan , Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Elen, Claudia, (2023), Pendidikan Seumur Hidup: Belajar Tanpa Batas Usia
Nurhayati, Sri, (2024), Pendidikan Sepanjang Hayat, PT. Sonpedia Publishing, Indonesia
Ahmadi, Abu, (2003), Ilmu Pendidikan, Reneka Cipta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Syifa Ramadhani, Nurrizka Suryani, Gusmaneli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.