Analisis Peran Pengawas Sekolah dalam Implementasi Supervisi Manajerial Terhadap Peningkatan Mutu Sekolah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pengawas sekolah dalam implementasi supervisi manajerial terhadap peningkatan mutu sekolah. Supervisi manajerial merupakan proses penting dalam memastikan efektivitas manajemen sekolah yang mencakup pengelolaan sumber daya manusia, keuangan, dan sarana prasarana. Peran pengawas sekolah dalam mengawasi dan memberikan arahan kepada kepala sekolah sangat berpengaruh dalam meningkatkan kinerja sekolah secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam dan observasi di beberapa sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi manajerial yang efektif oleh pengawas sekolah mampu meningkatkan mutu pendidikan melalui pengelolaan yang lebih efisien dan akuntabel yang digambarkan dalam bentuk peningkatan kompetensi kepala sekolah, peningkatan motivasi keja guru, Pengembangan kurikulum pembelajaran, pengembangan program sekolah dan adanya evaluasi dalam peningkatan kinerja sekolah. Selain itu, pengawas yang aktif terlibat dalam proses supervisi mampu membangun komunikasi yang baik antara berbagai pemangku kepentingan di sekolah, sehingga menciptakan lingkungan yang kondusif untuk peningkatan mutu. Oleh karena itu, peran pengawas sekolah sangat penting dalam mencapai standar mutu yang diharapkan dalam manajemen pendidikan.
References
Alvionita, M., Milarahma Putri, D. W., Muhammad Syaifudin, & Muslim Afandi. (2024). Supervisi Manajerial Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan: Prinsip Dan Teknik: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau . Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 127–134. https://doi.org/10.30599/jpia.v11i2.3560
Azis, Rosmiaty. (2016). Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: SIBUKU.
Bawani, M. A. F., Ashari, M. Y., & Wardani, I. K. (2024). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Kurikulum Merdeka di SMPN 1 Peterongan Jombang. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 1–11.
Daeng, N. S. (2024). Strategi Santri Pondok Pesantren Bustanul Mansuriyah Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 23–29.
Efendi, N., & Sholeh, M. I. (2023). Manajemen pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 68-85. http://academicus.pdtii.org/index.php/acad/article/view/25
Fakhriah (2020). Supervisi Manajerial Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 2(2), 280-287.
Fatimah, U., & Soemantri, M. (2021). Implementation of Clinical Supervision to Improve Teacher Professionalism: A Literature Review. Journal of Education and Learning, 15(3), 231-239.
Fauzi, A. (2023). Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Man Kota Palangka Raya. Sekapur sirih kajian mandiri manajemen pendidikan, 114.
Fitria, N. A., Julyanur, M. Y., & Widyanti, E. (2024). Analisis Langkah-Langkah Evaluasi Dalam Proses Belajar Mengajar. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 37–46.
Hartati, S. (2022). Evaluasi kinerja kepemimpinan kepala sekolah dalam nenerapkan konsep manajemen mutu, sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13422-13433.
Hidayat, R., & Astuti, S. (2020). Implementasi Supervisi Manajerial dalam Meningkatkan Mutu Manajemen Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(3), 255-264.
Hilal Mahmud, M. M. (2015). Administrasi Pendidikan (menuju sekolah efektif). Penerbit Aksara TIMUR.
Jannah, S. N. (2024). Pengelolaan Biaya Pendidikan Dalam Perspektif Pendidikan Islam. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 30–36.
Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode penelitian kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP).
Mahmud, M., & Asbari, M. (2021). The Influence of Clinical Supervision on Teacher Performance: A Case Study in Indonesia. International Journal of Educational Management, 35(4), 667-681.
Nasution, Inom. (2021). Supervisi Pendidikan. Medan: CV Pusdikra Mitra Jaya.
Neneng, N., Qomariyah, S., Rizki, N. J., & Erviana, R. (2024). Implementasi Supervisi Manajerial dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Paud Almanshuriyah Kota Sukabumi. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(3), 102-120.
Ngindana, R., Faruki, A. I., Utami, P., Hermayanti, T., Sandria, M. F., Nicolas, H., & Rahmawati, Y. N. (2022). Keterbatasan pengawas sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di masa pandemi. Ma'arif Journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies, 1(1), 23-29.
Nirmayanthi, A., Semi, H., Rahman, D. Supervisi Manajerial dalam Meningkatkan Pengelolaan Sekolah Yang Efektif. Nazzama: Journal Of Management Education, 3(1), 13-24.
Rahayu, S. P., & Supriyadi, A. (2023). The Role of Clinical Supervision in Enhancing Teacher's Pedagogical Competence: Evidence from Elementary Schools. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 145-155. https://doi.org/10.23917/jpd.v11i2.14335.
Rahman, Abd. (2021). Supervisi Pengawasan dalam Pendidikan. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 12(2), 50-65.
Sakroni, S. (2023). Pekerjaan Sosial Pendidikan di Indonesia Sebuah Tantangan dan Peluang. Deepublish.
Suryani, E. & Sugiyono, T. (2022). Efektivitas Pengawas Sekolah dalam Peningkatan Mutu Sekolah melalui Supervisi Manajerial. Jurnal Pendidikan Indonesia, 11(4), 289-298.
Thahir, M. (2023). Manajemen Mutu Sekolah. Indonesia Emas Group.
Uzma, Z., & Masyithoh, S. (2024). Tantangan Dan Peluang Implementasi Nilai-Nilai Akhlak Dalam Kehidupan Masyarakat. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 12–22.
Zulkarnaen, I., & Rohmat, A. (2021). Pengaruh Supervisi Manajerial oleh Pengawas Sekolah terhadap Peningkatan Kinerja Kepala Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 121-132.
Zulkarnain, W. (2012). Supervisi Manajerial Pengawas Sekolah. Prosiding Internasional ICEMAL Ke-4.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Haris Muslihat, Musriadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.