Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Pemahaman IPA Materi Cahaya Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Ilmu Pengetahuan Alam salah satu mata pelajaran yang memberikan siswa pemahaman komprehensif berkaitan dengan lingkungan serta hubungan antara manusia dan alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas V Sekolah Dasar untuk materi cahaya di mata pelajaran IPA. Melalui pendekatan ini, guru dapat menyesuaikan konten, proses, dan produk pembelajaran dengan kemampuan serta gaya belajar siswa yang beragam. Penelitian menggunakan pendekatan studi kepustakaan, dimana seluruh data diambil melalui buku, jurnal dan dokumen yang berkaitan dengan tema penelitian, teknik analisis data dalam penelitian ini dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi terbukti efektif dalam meningkatkan terhadap pemahaman siswa pada materi cahaya. Melalui strategi pembelajaran berdiferensiasi yang mencakup konten, proses, dan produk pembelajaran yang menyesuaikan kebutuhan dan karakteristik siswa, pendekatan ini berhasil meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan hasil belajar secara signifikan dan juga mendukung terciptanya lingkungan belajar yang inklusif, dimana siswa dapat memberikan kebebasan dan mengeksplorasi pengetahuan yang sesuai dengan gaya belajar mereka, seperti membuat diagram, melakukan simulasi, atau menyampaikan informasi secara lisan. Dengan demikian, penerapan pembelajaran berdiferensiasi memberikan hasil positif terhadap proses pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.
References
Afilin, K. M. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Menggunakan Model Pjbl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar Negeri Jetis 3 Sukoharjo. Jurnal Dikdas Bantara, 6(1), 36–46. https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v6i1.2998
Amalina Devi, Joko Suliyanto, Partiyah, R. (2024). Upaya Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Sd Melalui Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Media Umang. 09(September).
Apriliya Findy Yonanta, Henry Aditia Rigianti, H. P. (2024). Jurnal DIKDAS BANTARA. 7(1), 11–24.
Ariani, F., Wahyuni, D. E. M. S., & Susanti, B. I. (2024). Meningkatkan Rendahnya Minat Belajar Siswa pada Muatan IPA melalui Model Belajar Berdiferensiasi di Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 181–185. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6894
Bawani, M. A. F., Ashari, M. Y., & Wardani, I. K. (2024). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Kurikulum Merdeka di SMPN 1 Peterongan Jombang. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 1–11.
Daeng, N. S. (2024). Strategi Santri Pondok Pesantren Bustanul Mansuriyah Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 23–29.
Fitria, N. A., Julyanur, M. Y., & Widyanti, E. (2024). Analisis Langkah-Langkah Evaluasi Dalam Proses Belajar Mengajar. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 37–46.
Jannah, S. N. (2024). Pengelolaan Biaya Pendidikan Dalam Perspektif Pendidikan Islam. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 30–36.
Uzma, Z., & Masyithoh, S. (2024). Tantangan Dan Peluang Implementasi Nilai-Nilai Akhlak Dalam Kehidupan Masyarakat. QAZI : Journal Of Islamic Studies, 1(1), 12–22.
Candra, N. W., & Dewi, B. S. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. National Conference for Ummah (Ncu), 02(November), 86–90.
Dian Aprelia Rukmi, & Khosiyono, B. H. C. (2023). Peningkatan Kreativitas Dan Percaya Diri Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pelajaran Ips Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(3), 624–635. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i3.1756
Dian Fitriani, Fatihatunnisa Ridha Rahman, Anti Dhamayanti Fauzi, Anisa Umu Salamah, & Asep Saefullah. (2023). Implementasi Pembelajaran Diferensiasi Berdasarkan Aspek Kesiapan Belajar Murid Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Genta Mulia, 14(2), 1–12. https://doi.org/10.61290/gm.v14i2.358
Dwi Suratimah, & Ngatmini Ngatmini. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Pemahaman Siswa. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 138–154. https://doi.org/10.47861/khirani.v1i2.286
Ernawati, E., Raharjo, M., & Rudiansyah, R. (2024). Upaya Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik dengan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Paper Mode Quiziz IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 864–872. https://doi.org/10.31004/irje.v4i3.908
Fitriani, S., Mudzanatun, M., & Kusuma, R. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas 2 SDN Panggung Lor. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(2), 1396–1407. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i2.910
Hasanah, L. W., Silalahi, H., & Utama, N. B. P. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran Matematika Materi Keliling Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(1), 237–258. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i1.1064
Hilman, I., Akmal, R., & Nugraha, F. (2023). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Melalui Assessment Diagnostik Non Kognitif Pada Pembelajaran Diferensiasi di Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 161–167. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i1.3911
Isro’ini, A. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca dengan Media Kartu Kata dan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Siswa Kelas I SDN Jajartunggal III/452 Surabaya. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 417–426. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.274
John W. Creswell, J. D. C. (2018). A Mixed-Method Approach. In Writing Center Talk over Time. https://doi.org/10.4324/9780429469237-3
Kristiani, H., Susanti, E. I., Purnamasari, N., Purba, M., Saad, M. Y., & Anggaeni. (2021). Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction) pada Kurikulum Fleksibel sebagai Wujud Merdeka Belajar di SMPN 20 Tanggerang Selatan. In … dan Pembelajaran, Badan ….
Latifah, D. N. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 68–75. https://doi.org/10.51878/learning.v3i1.2067
Marlina, R., Erita, Y., Gusti Alfiyanti, D., & Fitri, Y. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Dan Minat Siswa Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model Berbasis Masalah Pada Pembelajaran Ips Kelas Iv Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4611–4620. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7978
Mayasari, H., Taufik, A., & Sahunah, U. (2024). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas 3 Sd Negeri Pengebatan 06 Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Menggunakan Media Power Point Dan Video. JGURUKU : Jurnal Penelitian Guru, 1(1), 301–307.
Meirisa, S. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdeferensiasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 3348–3356. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2449%0Ahttp://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/2449/1768
Meliana Dwi Ardana, Sudarmiani, N. A. W. (2024). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Melalui Pembelajaran Diferensiasi Berbantuan Media Canva Di Sd N Oro Oro Ombo Madiun Tahun 2023/2024. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, ISSN Cetak: 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950 Volume 09, 15(1), 37–48.
Miqwati, M., Susilowati, E., & Moonik, J. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 30–38. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i1.4997
Munisa Nur Amira, & Agustn, I. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Ii Sdn 1 Brengkok. Cendekia Pendidikan, 4(4), 50–54.
Nadia Imti Khaningrum, Sunarti, Daimul Hasanah, M. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Tumbuhan Dengan Media Lingkungan. Teknik Pengumpulan Data Kuantitatif Dan Kualitatif Pada Metode Penelitian, 2(6), 784–808.
Rofiki, I., Malang, U. N., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Agama, F., Universitas, I., & Malang, I. (2024). Berbantuan Media Teknologi Pada Materi Teks Nonfiksi Pendahuluan Dalam dunia pendidikan , guru diharapkan mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan di dalam kelas ( Ningrum ., 2024 ). Penggunaan media yang tepat juga merupakan fakto. 6, 10–23.
Rosyidatul Kholidah, D., & Anwar Badruttamam, C. (2023). Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipas Siswa Kelas Iii Sd/Mi. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 15(2), 225–238. https://doi.org/10.32678/primary.v15i2.9561
Rovita, R. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Melalui Cooperative Learning Teknik Demonstrasi untuk Peningkatan Keaktifan Siswa Kelas 1 SDN Songgokerto 02 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 2(2), 854–876. https://jurnal.widyahumaniora.org/index.php/jptwh/article/view/147/150
Rusmianto, O. A., Triwahyuningtyas, D., Sunarti, A. S., Studi, P., Prajabatan, P. P. G., Ilmu, F., Universitas, P., & Kanjuran, P. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Melalui Pendekatan Berdiferensiasi Berbantuan Media Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3 No 1(1), 63–77.
Safitri, D. A., Listiani, I., & Nurmaningsih, E. R. (2024). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pelajaran IPAS untuk Meningkatkan Pemahaman Kognitif Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. 1646–1656.
Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Sutisnawati, A., Rakhman, G. G. F., & Sumantri, M. S. (2022). Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(23), 301–316.
Theresia Startyaningsih. (2024). Meningkatkan Literasi Baca Siswa Kelas 1 Melalui Pendekatan Pembelajaran Diferensiasi Berbasis Aktivitas Yang Beragam. Ejurnal.Kampusakademik.Co.Id, 1(4), 226–238. https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jmia/article/view/2034
Trihastuti, N., Hadi, P. K., & Soleh, D. R. (2024). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Narasi Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Menggunakan Model Project Based Learning pada Sekolah Dasar. Wewarah: Jurnal …, 3(2), 271–284. https://doi.org/10.25273/The
Wahyuni, W. R., Chasanatun, F., & Sumeni, M. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Sains Siswa Kelas 5 SD pada Materi Organ Pernapasan Manusia dengan Media Paru-paru Balon Melalui Siklus TaRL dan Pendekatan Diferensiasi. 1453–1458.
Yogi Fernando, Popi Andriani, & Hidayani Syam. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843
Zuhaida, K., Purnamasari, V., Saputro, S. A., Ayu, N., & Muniarti, N. (2024). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Produk Berbasis Problem Based Learning Kelas 1 Sdn Pandean Lamper 03 Semarang. Journal.Ikipsiliwangi.Ac.Id, 7(5), 451–463. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/24740
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yuliana Putri -, Yosi Gumala
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.