Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyimak Melalui Metode Bercerita Dengan Media Ritatoon Pada Anak di TK Aba Paraman Ampalu

Authors

  • Sar'an STAI YAPTIP Pasaman Barat
  • Soibatul Aslamiah Nasution STAI YAPTIP Pasaman Barat

DOI:

https://doi.org/10.61104/qb.v2i1.388

Keywords:

Kemampuan Menyimak, Metode Bercerita, Media Ritatoon

Abstract

Kemampuan menyimak pada anak usia dini sering terabaikan meskipun memiliki peran mendasar dalam perkembangan bahasa dan keberhasilan akademik selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses, peningkatan, serta faktor yang memengaruhi keterampilan menyimak melalui metode bercerita dengan media ritatoon pada anak di TK ABA Paraman Ampalu. Pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus digunakan, melibatkan seorang kepala sekolah dan tiga guru sebagai subjek penelitian, dengan data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi serta diuji keabsahannya melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita dengan media ritatoon efektif meningkatkan keterampilan menyimak anak melalui integrasi aspek visual dan audio yang menjaga fokus serta keterlibatan. Selain itu, metode ini mendorong interaksi aktif, memperkaya kosakata, serta menanamkan nilai moral melalui cerita, meskipun masih terdapat kendala pada ketersediaan media dan kesiapan guru. Implikasinya, metode bercerita dengan dukungan media ritatoon tidak hanya menjadi strategi pembelajaran yang menarik, tetapi juga instrumen penting bagi perkembangan anak secara holistik, khususnya pada aspek bahasa dan sosial-emosional dalam pendidikan usia dini.

References

Abdul Aziz, & Abdul Majid. (2001). Mendidik dengan cerita. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Agni, A. P. (2018). Meningkatkan kemampuan menyimak melalui metode bercerita pada anak usia dini. Paedagogie, 13(2), 1–10.

Amanda, Y. N. A., Indryani, I., & Utami, W. S. (2024). Penggunaan media ritatoon untuk meningkatkan pengetahuan seksual anak usia dini. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(3), 855–866.

Anggraeni, D. S., Hartati, S., & Nurani, Y. (2019). Implementasi metode bercerita dan harga diri dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 310–318.

Azies, F., & Alwasih, A. (2000). Pengajaran bahasa komunikatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Barnawi, N. A. (2016). Konsep karakteristik dan implementasi pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Bodgan, T. (2008). Pendekatan kualitatif untuk pengendalian kualitas. Jakarta: Universitas Indonesia.

Budiana, N. (2019). Ritatoon untuk meningkatkan kemampuan menyimak pada anak kelompok B TK Khalifa-Ims Tegal. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 1(1), 76–86.

Creswell, J. W. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Heckman, J. J. (2006). Skill formation and the economics of investing in disadvantaged children. Science, 312(5782), 1900–1902. https://doi.org/10.1126/science.1128898

Heryani. (2015). Upaya meningkatkan keterampilan menyimak metode bermain peran pada siswa kelas III MI Muhammadiyah 02 Depok. (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Depok).

Hikmiyyah, A. (2024, July). Keterlibatan guru dalam menumbuhkan keterampilan menyimak anak usia dini. In SINAU Seminar Nasional Anak Usia Dini (Vol. 1, pp. 437–445).

Hoover, W. A., & Gough, P. B. (1990). The simple view of reading. Reading and Writing, 2(2), 127–160.

Isbell, R., Sobol, J., Lindauer, L., & Lowrance, A. (2004). The effects of storytelling and story reading on the oral language complexity and story comprehension of young children. Early Childhood Education Journal, 32(3), 157–163. https://doi.org/10.1023/B:ECEJ.0000048967.94189.a3

Izzati, L., & Yulsyofriend, Y. (2020). Pengaruh metode bercerita dengan boneka tangan terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 477–485.

Janah, O. A., Anggraheni, I., & Sulyandari, A. K. (2023). Kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun dengan media ritatoon di TK Al-Husna Kota Malang. Jurnal Dewantara, 5(2), 40–53.

Khairani, K., Ali, R., & Harahap, J. Y. (2023). Upaya meningkatkan kemampuan berbahasa melalui metode bercerita dengan media ritatoon di PAUD Qaireen TA 2022/2023. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(4), 41–49.

Latifa, N. N. (2024). Penerapan metode bercerita menggunakan media ritatoon untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak kelompok B di KB TK Surya Mentari Gondang Surakarta.

Majid, A. (2001). Mendidik dengan cerita. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mianawati, H., & Kurnia, D. (2019). Keterampilan menyimak pada anak usia dini melalui metode bercerita. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 2(1), 15–24.

Monica, M. A. (2021). Analisis implementasi kurikulum 2013 PAUD di masa pandemi Covid-19 di Indonesia. Jurnal Basicedu, 5(2), 643–653.

Nenohay, M. J., & Anggraini, H. (2019). Efektivitas media ritatoon terhadap kemampuan bercerita pada anak di TK B PKK Bandulan Malang. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Pendidikan (Vol. 3, pp. 699–704).

Paul, R., & Musfiroh, T. (2008). Cerita untuk anak usia dini. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Prasetyo, E. B. (2000). Media sederhana dan grafis. Yogyakarta: FIP UNY.

Priyanto, A. (2016). Pengembangan kreativitas pada anak usia dini melalui aktivitas bermain. Jurnal Ilmiah Guru COPE, 2(1), 42–50.

Purnawati, A., Mariana, S., & Rahayu, F. R. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan menyimak melalui metode bercerita dengan media ritatoon pada anak. Al-Amin Journal: Educational and Social Studies, 6(1), 167–172.

Ridwan, & Bangsawan, I. (2021). Seni bercerita, bermain, dan bernyanyi. Jambi: Anugerah Pratama Press.

Royanih. (2014). Peningkatan kemampuan menyimak melalui penerapan metode permainan bisik berantai pada siswa kelas III MI Atthoyyibiyyah Kalideres Jakarta Barat. (Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Shonkoff, J. P., & Phillips, D. A. (Eds.). (2000). From neurons to neighborhoods: The science of early childhood development. Washington, DC: National Academy Press.

Sit, M. (2017). Psikologi perkembangan anak usia dini. Depok: Kencana.

Suhartono. (2005). Pengembangan keterampilan bicara anak usia dini. Jakarta: Depdiknas.

Susanto, A. (2017). Pendidikan anak usia dini. Jakarta: Bumi Aksara.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Wiyani, N. A. (2016). Konsep dasar PAUD. Yogyakarta: Gava Media.

Yin, R. K. (2018). Case study research and applications: Design and methods (6th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Zulfitria, Z., Rahmatunnisa, S., & Khanza, M. (2021). Penggunaan metode bercerita dalam pengembangan kemampuan kognitif pada anak usia dini. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 53–60.

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Sar’an, & Nasution, S. A. (2025). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyimak Melalui Metode Bercerita Dengan Media Ritatoon Pada Anak di TK Aba Paraman Ampalu. QOUBA : Jurnal Pendidikan, 2(1), 226–237. https://doi.org/10.61104/qb.v2i1.388

Issue

Section

Articles